Semua pengusaha sukses tentu punya satu atau lebih kesamaan yang bisa membuat mereka berdiri di puncak dunia. Tapi kamu harus tahu bahwa ada tiga hal penting yang harus dimiliki para pengusaha wanita yang membuat mereka berbeda dari pengusaha laki-laki lainnya. Tanpa kunci-kunci ini, pengusaha wanita akan kesulitan mendobrak pintu kesuksesan. Nah, penasaran kan apa saja kunci sukses tersebut? Popbela.com sudah siapkan ketiga kunci tersebut khusus untukmu, Bela. Segera catat di benakmu, ya. 

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Contek 3 Kunci Utama Ini

Mungkin kamu berpikir, "Semua orang juga butuh selera humor!". Nanti dulu, Bela. Ketahuilah bahwa setiap pengusaha wanita menerima berbagai tekanan yang berbeda dari pengusaha pria. Pada satu titik tertentu, pasti akan ada yang menanyakanmu tentang siapa yang mengurus anakmu nanti dan apakah calon suamimu akan menerima begitu saja kalau kamu jarang berada di rumah. Laki-laki tentu tak perlu menghadapi pertanyaan-pertanyaan seperti ini. Jadi, kamu harus memiliki selera humor yang tinggi dan hadapi pertanyaan tersebut dengan candaan. Jawablah dengan santai, "Oh anak-anakku lagi bermain di pinggir jalan, tuh. Tapi jangan khawatir, mereka sudah kubekali dengan pisau dan golok, kok. Supaya tak ada yang berani menjahati mereka.". Mereka yang bertanya tentang peranmu di area domestik sebenarnya tak bermaksud untuk menyerangmu dengan kata-kata mereka yang terkesan menghakimi, kok. Mereka hanya basa-basi saja. Kamu harus belajar untuk membiarkan omongan seperti itu masuk di telinga kiri dan keluar di telinga kanan. 

Kamu juga harus bisa menertawakan berbagai situasi hidup. Jadi kamu mengalami kegagalan sekali? Atau dua kali? Tiga kali? Sepuluh kali? Tertawalah pada diri sendiri karena kesalahanmu dan majulah ke depan. Bersifat terlalu serius dan dramatis bisa membuatmu stres, lho. Hanya orang sukses lah yang bisa menertawakan kegagalan mereka sendiri. 

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Contek 3 Kunci Utama Ini

Di dunia bisnis, wanita diharapkan untuk bisa melampaui standar laki-laki kalau mau dianggap sukses. Anggapannya adalah, karena wanita telah melalaikan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga, mereka harus membuktikan bahwa mereka berhasil mencapai sesuatu yang luar biasa dalam karier dan usaha mereka. Wanita yang bekerja sama kerasnya dengan laki-laki pun tetap dibebani dengan tugas-tugas rumah tangga seperti membereskan rumah dan membesarkan anak. Padahal, laki-laki yang bekerja pasti diberi keringanan dan bisa lolos dari banyak pekerjaan rumah tangga. 

Popbela sebenarnya sangat tak setuju dengan anggapan ini. Namun, kita para wanita harus membangun mental baja dan terjun ke medan perang tanpa gentar sedikit pun. Kamu pasti menghadapi tantangan ini kalau kamu memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha. Kuncinya adalah jangan mendengarkan apa kata orang lain tentang kodratmu sebagai wanita atau kemampuanmu bekerja.  

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Contek 3 Kunci Utama Ini

Tak hanya tim sepak bola yang membutuhkan dukungan dari para suporternya yang setia. Kamu si pengusaha wanita pun membutuhkan sosok yang selalu mendukungmu dalam situasi sesulit apa pun. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kamu akan dihadang tekanan sosial dan profesional. Tetapi kamu masih bisa bersandar pada orang-orang yang percaya padamu, Bela. Suporter di sini bisa berarti pasanganmu, keluargamu, investormu, mentor, karyawan, atau pimpinan perusahaan lain yang kamu kenal baik. 

Kamu juga harus mempertimbangkan membangun jaringan yang kuat dengan sesama pengusaha wanita lainnya. Zaman dulu para pengusaha wanita belum membangun persaudaraan yang kuat seperti saat ini. Maka, manfaatkan fakta bahwa banyak wanita di luar sana yang juga berjuang sama kerasnya denganmu untuk menaklukkan dunia bisnis! Jangkau dan rengkuh mereka. Ketika bersama-sama, apa pun akan jadi terasa lebih mudah. 

Bagaimana, Bela? Kamu setuju tidak dengan tiga hal utama tadi? Syarat-syarat menjadi pengusaha wanita sukses memang sebenarnya ada banyak sekali. Tapi paling tidak dengan tiga kunci ini, kamu sudah bisa melangkah lebih jauh lagi. Jangan pernah putus semangat dan teruslah berjuang! Share juga tulisan ini, ya, Bela. 

 

BACA JUGA: Tinggalkan 5 Hal Berikut Ini Untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Bahagia