Cewek mana sih yang tak mau sukses dan dikenal banyak orang karena prestasi dan pengaruhnya dalam masyarakat? Kamu juga ingin kan, Bela? Nah, kali ini Popbela akan memperkenalkanmu dengan 10 cewek super Indonesia yang patut kita jadikan inspirasi. Mereka adalah pribadi yang kuat, percaya diri, tapi tak lupa tetap rendah hati. Yuk, kita berkenalan lebih dekat dengan 10 sosok supergirl versi Popbela berikut ini. 

 

1. Dewi Lestari

Inilah 10 Supergirl yang Powerful dan Paling Berpengaruh di Indonesia!kompas.com

Penulis dan penyanyi yang sering dipanggil Dee ini dikenal karena novel populernya Supernova yang terbit pada 2001. Novel ini berhasil masuk nominasi Khatulistiwa Literary Award pada tahun yang sama dengan peluncurannya. Setelah itu Dee semakin produktif menulis dan melahirkan karya-karyanya yang lain seperti Filosofi Kopi, Rectoverso, dan Perahu Kertas. Empat novel ini semuanya telah diangkat menjadi film layar lebar yang mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia. 

 

2. Nia Dinata

Inilah 10 Supergirl yang Powerful dan Paling Berpengaruh di Indonesia!selebupdate.com

Nia adalah sutradara cantik yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Film-film garapannya berhasil diputar, mendapat nominasi, bahkan memenangkan berbagai penghargaan di berbagai ajang film internasional seperti Festival Film Cannes, San Fransisco Frameline, dan Filmhuis Den Haag. Karya Nia antara lain Arisan!, Janji Joni, Berbagi Suami, Ca Bau Kan, dan Biola Tak Berdawai. Kerennya lagi, kebanyakan tokoh sentral dalam film-film Nia adalah sosok perempuan karena menurutnya perempuan jarang mendapat peran dan sudut pandang utama dalam perfilman Indonesia. 

 

3. Sherina Munaf

Inilah 10 Supergirl yang Powerful dan Paling Berpengaruh di Indonesia!beritagar.id

Kamu yang lahir di tahun 90an pasti kenal dengan sosok ini. Ya, dia adalah penyanyi dan aktris yang kini sudah membesarkan namanya sebagai brand ambassador merek-merek internasional seperti Maybelline, Casio, dan Baby G & Sheen. Selain pencapaiannya dalam dunia hiburan, Popbela juga kagum sekali dengan kegiatannya sebagai aktivis dalam berbagai acara amal seperti Artistes 311 Beyond Borders di Hong Kong. Pada acara ini Sherina diundang langsung oleh Jackie Chan untuk membantu penggalangan dana bagi korban gempa dan tsunami di Jepang tahun 2011. Ia juga ditunjuk sebagai Duta Satu Hati Cerdaskan Bangsa yang digelar oleh Pocari Sweat sebagai bentuk kepedulian pada pendidikan di Indonesia. 

 

4. Anggun C. Sasmi

Inilah 10 Supergirl yang Powerful dan Paling Berpengaruh di Indonesia!traxmagz.com

Ketika mendengar nama penyanyi satu ini, yang terlintas dalam benak Popbela adalah semangat tak gentar serta kepercayaan dirinya yang patut kita contek. Sebelum usianya menginjak 20 tahun, Anggun telah berhasil mengeluarkan lima album, membangun studio rekamannya sendiri, hingga menjadi produser bagi salah satu albumnya. Tapi ia tak cepat puas dan mengejar kesuksesan internasional dengan merilis album berbahasa Perancis berjudul Au nom de la lune yang berhasil menarik perhatian dunia. Meskipun Anggun mendapat banyak kecaman di Indonesia, dia tak menghiraukannya dan terus mengukir prestasi dalam dunia musik. Luar biasa, bukan? 

 

5. Alanda Kariza

Inilah 10 Supergirl yang Powerful dan Paling Berpengaruh di Indonesia!kaskus.co.id

Alanda adalah penulis dan aktivis muda Indonesia yang membuktikkan bahwa prestasi tak harus menunggu sampai tua. Ia adalah pendiri organisasi non-profit The Cure for Tomorrow, sebuah wadah sosial yang menggalang dana untuk bencana, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pemanasan global, dan sebagainya. Cewek kelahiran 23 Februari 1991 ini juga ditunjuk sebagai Duta Indonesia dalam Guildford Forum Global Changemakers​ 2009 dan Global Changemakers at the G-20 London Summit di Inggris. Hebatnya lagi, Alanda menerbitkan novel pertamanya, Mint Chocolate Chips saat usianya baru 14 tahun. 

 

6. Andien Aisyah

Inilah 10 Supergirl yang Powerful dan Paling Berpengaruh di Indonesia!967hitz.fm

Cewek satu ini sudah tertarik dengan musik jazz dan mulai bernyanyi sejak kelas 3 SD. Minat tersebut mengantarkan Andien menjadi penyani jazz Indonesia yang berhasil berkolaborasi dengan berbagai musisi jazz internasional seperti Jeff Lorber, Frank Griffith, dan Bob James. Sebagai seorang survivor kanker, Andien juga sangat peduli dengan gaya hidup sehat. Kamu harus tahu Bela, Andien adalah otak di balik 20Fit, sebuah studio olahraga dengan teknik yang inovatif. Kini 20Fit telah membuka 20 cabang di berbagai kota di Indonesia, dan bahkan sampai di Kamboja. Keren sekali, ya? 

 

7. Wulan Guritno

Inilah 10 Supergirl yang Powerful dan Paling Berpengaruh di Indonesia!rajasiregar.com

Wajah khas Indonya ini mungkin kamu kenali dari film layar lebar Janji Joni dan Gie. Tapi artis kelahiran London, Inggris ini tak hanya dikenal lewat karyanya di layar lebar, lho. Akhir-akhir ini Wulan sibuk dengan kampanye sosialnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta menggalang dana untuk penderita kanker. Gerakan sosial ini bernama I am Hope dan telah berhasil mendapat sorotan yang berarti dari masyarakat Indonesia, terutama karena filmnya yang dirilis tahun 2016 ini.

 

8. Butet Manurung

Inilah 10 Supergirl yang Powerful dan Paling Berpengaruh di Indonesia!hujanselaluturun.com

Sosok wanita rendah hati ini bikin Popbela salut setengah mati padanya. Butet adalah pemrakarsa dan praktisi pendidikan alternatif di Indonesia yang mau masuk ke daerah-daerah pelosok di Indonesia. Dengan Sokola Rimba, sistem pendidikan yang dibangunnya, Butet mengabdikan dirinya untuk mengajar di pedalaman Jambi, Halmahera, dan Flores. Bahkan pemerintah Indonesia berencana untuk mengadopsi sistem ini untuk masyarakat pedalaman Indonesia. 

 

9. Vera Anggraini

Inilah 10 Supergirl yang Powerful dan Paling Berpengaruh di Indonesia!thebridedept.com

Pendiri Vera Kebaya ini sudah akrab dengan dunia menjahit sejak kecil karena ibunya gemar menjahit. Saat ini kebaya jahitannya telah dipercaya oleh para selebriti dan pejabat kelas atas Indonesia, bahkan sampai dipesan oleh orang-orang di berbagai belahan dunia seperti Singapura, Australia, dan Amerika Serikat. Harga kebaya yang ditawarkan Vera sendiri tak main-main lho, Bela. Kalau kamu mau membuat kebaya di Rumah Kebaya Vera, silakan menyiapkan dana sekitar delapan sampai tiga puluh juta rupiah.  

 

10. Nadine Chandrawinata

Inilah 10 Supergirl yang Powerful dan Paling Berpengaruh di Indonesia!clear.co.id

Putri Indonesia 2005 ini sangat menyukai traveling dan diving di alam terbuka yang belum begitu terjamah industri dan peradaban modern. Kecintaannya terhadap alam ini mendorong Nadine untuk menjadi aktivis lingkungan. Nadine semangat banget untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk merawat dan menjaga kekayaan alam Indonesia, misalnya dengan mengampanyekan Save Our Shark (SOS) untuk melindungi spesies hiu yang sudah langka. Setiap bulan Nadine juga menerbitkan majalah diving gratis supaya semakin banyak orang yang memahami pentingnya menjaga keanekaragaman laut. 

 

Nah, itu dia 10 supergirl favorit Popbela yang bisa menjadi panutan bagi kita. Mereka berhasil membuktikkan bahwa sukses dan berprestasi itu bisa diusahakan sejak muda. Pokoknya tak ada kata "Tak bisa", deh! Semoga mereka bisa jadi inspirasi bagimu ya, Bela! Kalau kamu punya idola lain yang kamu kagumi, jangan lupa untuk cerita di bagian komentar.