Sejak kecil, kita dipersiapkan sebaik mungkin oleh orang tua untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin, mencari pengalaman sebanyak mungkin dan akhirnya mencari pekerjaan impian yang bisa menghidupimu sampai anak cucu. Pada kenyataannya, hidup tak selalu berjalan semulus itu. Kadang ada teman kita yang belum punya banyak pengalaman tapi berhasil bekerja di perusahaan top dengan gaji dua kali lipat dari yang kita dapat. Atau mungkin kita sudah diterima bekerja di tempat yang diimpikan, tapi kita merasa sulit berkembang di sana. Ini karena dunia kerja sudah berkembang pesat dan berubah tak lagi seperti zaman orang tua kita dulu. Jadi kita dituntut mengikuti perkembangan dan perubahan ini. Nah, buku-buku ini bisa membantu kita sebagai generasi milenium untuk meniti karier di zaman modern.

1. Young on Top: 35 Kunci Sukses di Usia Muda oleh Billy Boen IDR 42.075,-

Generasi Milenium Wajib Baca Buku Ini Kalau Mau Suksesgoodreads.com

Buku ini tak sekadar membebeberkan resep meraih kesuksesan di usia muda, tapi juga sangat memperhatikan nilai-nilai yang harus kita kantongi untuk melengkapi resep kesuksesan. Berdasarkan pengalaman penulis yang berhasil menjadi general manager pada usia 26, kamu akan banyak belajar tentang meraih kesuksesan di usia muda.

2. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar oleh Alberthiene Endah IDR 80.750,-

Generasi Milenium Wajib Baca Buku Ini Kalau Mau Suksesgoodreads.com

Hampir mirip dengan penulis Young on Top, Merry Riana sukses meraup pendapatan sejumlah satu juta dolar di usia 26. Dalam buku ini, penulis menceritakan perjuangan, kerja keras, dan kegigihan Merry Riana untuk mewujudkan mimpinya.

3. Lean In: Women, Work, and the Will to Lead oleh Sheryl Sandberg IDR 237.000,-

Generasi Milenium Wajib Baca Buku Ini Kalau Mau Suksesgoodreads.com

COO Facebook dan salah satu dari 500 Wanita Paling Berpengaruh dalam Bisnis ini mengajak wanita untuk tak sekadar memiliki pekerjaan, tapi untuk lebih giat dalam memperjuangkan hak-haknya di dunia kerja seperti kenaikan gaji dan pangkat, kesetaraan honor, dan hak untuk dihormati layaknya laki-laki.

4. Lean In for Graduates oleh Sheryl Sandberg IDR 362.000,-

Generasi Milenium Wajib Baca Buku Ini Kalau Mau Suksesgoodreads.com

Masih oleh penulis yang sama dengan buku sebelumnya, buku yang satu ini ditujukan untuk para lulusan baru yang memasuki dunia kerja. Sheryl Sandberg berbagi tentang cara mencari dan mendapatkan pekerjaan pertamamu, menyusun CV, mempersiapkan diri untuk wawancara kerja, menegosiasikan gaji, dan menemukan suaramu di tengah hiruk-pikuk industri modern.

5. Your Job is not Your Career oleh René Suhardono IDR 82.800,-

Generasi Milenium Wajib Baca Buku Ini Kalau Mau Suksesmuhammadnoer.com

Banyak orang yang terjebak dalam pekerjaan mereka karena apa yang mereka kerjakan bukanlah passion mereka. Buku ini akan membuka mata kita tentang pentingnya menemukan tujuan dan nilai hidup serta motivasi dalam diri kita dan mengikuti hal-hal tersebut daripada sekadar mengikuti tren dan besar gaji yang ditawarkan pekerjaan kita.

6. Millennials Into Leadership oleh Lisa Orrell IDR 410.000,-

Generasi Milenium Wajib Baca Buku Ini Kalau Mau Suksesamazon.com

Memiliki jiwa kepemimpinan adalah komponen penting yang harus dimiliki untuk mencapai kesuksesan hidup. Dengan kepercayaan diri dan tekad yang bulat, nggak ada yang nggak mungkin. Penulis buku ini mengundang generasi milenium untuk mengembangkan kualitas diri tersebut dalam setiap aspek kehidupan. Kita bisa kok jadi pempimpin dari sekarang, bahkan pekerjaan entry level pun menuntut kita untuk berperan sebagai pemimpin bagi diri sendiri.

Selamat membaca ya! Salam sukses.

 

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Sederhana Orang-Orang Bahagia di Dunia