Kalau ditanya, "Apa pekerjaan Anda?" mungkin Muna AbuSulayman punya segudang jawaban! Muna adalah wanita dari Saudi Arabia yang penuh dengan keberanian dan tekad yang besar. Ibu dua anak ini pernah bekerja di bidang media, fashion, pendidikan, public relations, dan pengembangan masyarakat internasional. Tapi apa sih yang sebenarnya bikin Popbela kagum padanya? Berikut ini akan kita beberkan kehebatan wanita kelahiran 16 Mei 1973 ini. Simak baik-baik, ya!  

 

Dari Jurnalis, Aktivis Internasional, Hingga Desainer: Seluruh Dunia Harus Tahu Hebatnya Muna AbuSulayman!

Berkat acara bincang-bincangnya, Kalam Nawaem, yang berarti "obrolan manis" dalam bahasa Indonesia, Muna adalah wanita Saudi Arabia pertama yang muncul di televisi internasional. Ia mendapat banyak sekali hujatan dan cercaan dari masyarakatnya karena seorang wanita yang aktif dalam ranah publik dianggap menyalahi norma. Tak berhenti sampai situ, Muna juga termasuk orang pertama yang berani membawakan isu-isu sosial yang sensitif seperti perceraian, hak asasi wanita, dan kekerasan. Usaha ini membuahkan hasil yang mencengangkan karena ia pun ditunjuk oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) sebagai duta wanita pertama dari Saudi Arabia. 

 

Dari Jurnalis, Aktivis Internasional, Hingga Desainer: Seluruh Dunia Harus Tahu Hebatnya Muna AbuSulayman!

Ia memulai kariernya dengan menjadi jurnalis dan pembawa acara di stasiun televisi MBC di mana ia dipercaya untuk memegang segmen sosial dan budaya.

Kemudian ia mencoba peruntungannya sebagai manajer personalia, bisnis, dan hubungan masyarakat dengan bergabung dalam perusahaan milik kerajaan Pangeran Alwaleed Bin Talal. Dia tak punya pengalaman yang cukup sehingga harus menerima pelatihan selama enam bulan langsung dari Pangeran Alwaleed. Dari situ jalannya menuju dunia pengembangan masyarakat terbuka karena ia dipercaya untuk menjalankan yayasan milik pangeran tersebut. Berkat sepak terjang dan aksi nyatanya dalam meningkatkan taraf hidup orang banyak, Muna pun ditunjuk PBB sebagai duta untuk Badan Program Pembangunan PBB (UNDP). 

Tak puas di sana, Muna mengembangkan sayapnya di dunia fashion dengan merilis koleksi busana muslimahnya, Muna AbuSulayman Collection. Ia menyasar wanita-wanita percaya diri yang ingin tampil modis dengan busana muslim. 

 

Dari Jurnalis, Aktivis Internasional, Hingga Desainer: Seluruh Dunia Harus Tahu Hebatnya Muna AbuSulayman!

Muna membuktikan bahwa kamu bisa menjadi wanita karier yang sukses sekaligus membangun keluarga yang bahagia. Menurutnya, para ibu memiliki kemampuan manajemen, kesabaran, dan multitasking yang sudah terasah dari membesarkan anak-anak mereka. Jadi ketika bekerja mereka cenderung lebih efisien dan efektif dari karyawan lainnya. 

 

Setelah mengenal sosoknya, rasanya tak mungkin tak membelalakkan mata terhadap sepak terjang Muna AbuSulayman. Ia membuktikan bahwa siapa pun bisa berprestasi dan berkarya, meskipun mendapat banyak tentangan dari masyarakat. Apakah kamu berani menerima tantangan seperti Muna? Popbela tunggu ya, gebrakan-gebrakan darimu!