Banyak yang bilang bahwa rahasia sukses terletak pada sifat ramah dan koneksi yang kita bangun dengan orang-orang di sekitar kita. Benar juga, Popbela setuju dengan kata-kata ini. Tapi, tunggu dulu. Sukses itu juga bisa diraih dengan menyendiri, Bela. Menarik dirimu dari kehidupan sosialmu di kantor, di rumah, dan di lingkunganmu penting untuk kamu lakukan. Dengan menyendiri, kamu akan menemukan banyak hal yang dibutuhkan kalau kamu ingin mencapai kesuksesan berkarier. Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Membantumu menjernihkan pikiran 

 
Menghabiskan waktu seorang diri akan memberi kesempatan pada otakmu untuk beristirahat sejenak. Saat itulah pikiranmu membersihkan diri dari hal-hal yang tak begitu penting sehingga kamu bisa memulai lagi dirimu dengan pikiran yang cemerlang. 

2. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

 
Saat kamu menyingkirkan segala distraksi dan gangguan, kamu akan lebih mudah untuk fokus. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan banyak hal dengan lebih cepat. 

3. Mengenali dirimu lebih dalam lagi

 
Ketika kamu bersama orang lain, kamu cenderung mengikuti arus dan pikiran orang lain. Saat kamu sendirian, kamu jadi lebih jujur pada dirimu sendiri dan tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kamu jadi lebih mudah mencari ide-ide yang out of the box untuk disampaikan pada tim atau atasanmu. 

4. Membuatmu berpikir jernih

 
Waktu yang kamu habiskan sendiri adalah momen berkualitas di mana kamu bisa mempertimbangkan kembali goal, tanggung jawab, dan kegiatanmu sehari-hari. Apakah kamu sudah melakukan segala hal yang diperlukan untuk mencapai tujuanmu? Ketika bersama orang lain, kamu akan dengan mudah melupakan tujuanmu yang sesungguhnya. 

5. Mengembangkan kreativitas

 
Ide itu tak bisa datang begitu saja. Seharian bersama orang lain membuatmu sibuk menyesuaikan diri dengan lingkunganmu. Tapi saat kamu sendirian, kamu bisa tenang sejenak dan merenungkan hal-hal gila dan kreatif yang tak akan terpikirkan kalau kamu sedang bersama orang lain. 

6. Menyelesaikan masalah dengan lebih efektif

 
Sulit rasanya untuk mencari solusi ketika kamu kewalahan dengan banyaknya informasi yang kamu terima, baik dari orang lain maupun dari internet. Dengan menyendiri, kamu akan lebih jelas melihat akar masalahnya dan lebih mudah untuk memikirkan jalan keluarnya. 

7. Memperbaiki relasimu dengan orang lain

 
Menyendiri akan membuatmu mensyukuri kehadiran orang-orang di sekitarmu selama ini. Kamu juga akan berefleksi lagi tentang perlakuanmu terhadap orang tertentu, apakah sudah pantas atau masih bisa kamu perbaiki lagi. Relasi yang baik dengan orang-orang di sekitarmu bisa menjamin kesuksesan bagimu. 
 
Bela, sekarang sudah tahu kan bahwa kamu juga perlu menghabiskan waktumu sendirian? Entah itu saat jam makan siang kantor, sepulang kerja, atau pagi hari sebelum memulai aktivitasmu. Tenang, kamu tak perlu menghabiskan waktu berhari-hari untuk menyendiri, kok. Kan kamu bukan sedang bertapa. Cukup luangkan setengah jam hingga tiga jam dari waktumu seharian untuk dirimu sendiri. Mudah, bukan? Selamat menyendiri, Bela! 

 

BACA JUGA: 4 Tips untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikirmu