Entah kamu pernah mengalaminya sendiri atau mendengar cerita dari orang lain, pasti ada saja tipe bos yang sangat menyebalkan dan semena-mena di kantor. Karena merasa berkuasa, dia jadi berpikir bahwa dia bebas melakukan apa saja yang dirasanya benar, meskipun itu berarti dia akan mengorbankan atau merugikan orang lain. Siapa sih yang tidak gondok dengan atasan seperti ini? Nah, kalau kamu punya usaha sendiri atau posisimu di perusahaan lumayan tinggi, kamu tentunya akan memimpin banyak orang. Jangan jadi bos yang super menyebalkan dan seenaknya ya, Bela. Jadilah pemimpin yang dihormati dan dicintai rekan-rekanmu. Berikut ini adalah lima cara jitunya. Simak baik-baik, yuk. 

 

1. Menepati janji

Wah, Ini Dia 5 Kualitas Pemimpin yang Dihormati dan Dicintai di Tempat Kerjamoviesinthephilippines.com

Banyak atasan yang sudah menjanjikan sesuatu, seperti akan me-review dokumen yang kamu kirimkan atau memperbarui kontrakmu, tapi ujung-ujungnya tak kejadian juga. Sebenarnya hal ini bukan karena dia sengaja tak melakukan, tapi karena menunda-nunda sampai kelupaan. Bela, kalau kamu melakukan ini, meskipun nanti kamu menyelesaikannya juga, kamu sudah terlanjur kehilangan kepercayaan dari tim atau anak buahmu. 

 

2. Membuat keputusan yang adil

Wah, Ini Dia 5 Kualitas Pemimpin yang Dihormati dan Dicintai di Tempat Kerja

Supaya kamu dihormati, setiap pemecahan masalah yang kamu tawarkan harus menjadi jalan tengah bagi semua orang. Kalau ada beberapa karyawanmu yang menunjukkan kinerja yang berbeda, jangan memberikan terlalu banyak toleransi pada karyawan yang memiliki kinerja buruk karena tentunya tak adil bagi rekannya yang sudah menunjukkan kerja yang sangat baik. 

 

3. Akui pekerjaan timmu

Wah, Ini Dia 5 Kualitas Pemimpin yang Dihormati dan Dicintai di Tempat Kerja

Bela, pernahkah idemu diambil oleh atasan atau supervisor-mu? Rasanya pasti kesal sekali, kan? Nah, jangan pernah 'mencuri' ide dari orang lain untuk kamu akui sebagai milikmu, ya. Kalau memang ada ide bagus dari timmu, akui dan puji mereka di depan orang lain. 

 

4. Berkomunikasi dengan jujur

Wah, Ini Dia 5 Kualitas Pemimpin yang Dihormati dan Dicintai di Tempat Kerja

Berkata jujur itu mudah kalau kamu sedang menyampaikan kabar baik. Tapi kalau kamu ingin menegur atau membawa berita yang kurang baik bagi anggota timmu, kamu cenderung takut menyakiti perasaannya. Masalahnya kalau kamu tak benar-benar jujur pada karyawanmu, mereka akan tahu juga pada akhirnya. Akan lebih baik kalau mereka mendengarnya langsung darimu, kan? 

 

5. Mau memahami situasi orang lain

Wah, Ini Dia 5 Kualitas Pemimpin yang Dihormati dan Dicintai di Tempat Kerjamoviepilot.com

Ini dia kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin berintegritas. Kalau ada karyawanmu yang tiba-tiba performanya menurun, jangan langsung diberikan sanksi atau diminta mengundurkan diri, tapi dekati dan cari tahulah apa penyebabnya. Kadang beberapa orang hanya butuh dorongan dan dukungan dari atasannya untuk memberikan yang terbaik. 

 

Bagaimana, Bela? Kamu sudah mengantongi lima kualitas di atas belum? Kalau belum, yuk melatih diri supaya terbiasa menjadi pemimpin yang dihormati dan dicintai oleh rekan-rekan di kantormu.