Happy birthday, D.O! Do Kyung Soo atau yang lebih dikenal dengan nama panggung D.O, debut sebagai vokalis utama boyband EXO pada tahun 2012. D.O tidak hanya dikenal sebagai vokalis berbakat, namun juga sebagai aktor yang menuai banyak pujian dari sutradara dan kritikus film.

Aktor multitalenta ini memang telah diakui karena berhasil menyabet berbagai penghargaan melalui perannya. D.O telah dipercaya memerankan berbagai karakter dalam sederetan film dan drama Korea, mulai dari seorang pangeran di era Dinasti Joseon, pemain judo yang kehilangan penglihatannya, hingga tentara muda Korea Utara.

Berikut adalah daftar film dan drama yang dilakoni D.O sebagai pemeran utama. Simak, yuk!

1. Unforgettable (2016)

Ulang Tahun, Ini 7 Drama & Film Korea D.O EXO Sebagai Pemeran Utamaannyeongkimchiland.com
https://www.youtube.com/embed/KQsw_ngKFlM

Film Unforgettable yang mendapuk EXO D.O menjadi pemeran utama ini merupakan film romantis yang menguras air mata. Mengangkat genre melodrama dengan suasana retro,  D.O berpasangan dengan Kim So Hyun sebagai pemeran utama. 

Kisahnya berpusat pada seorang penyiar radio yang tiba-tiba menerima surat dari masa lalunya selama siaran radionya. Melalui program siaran radio tersebut, sang penyiar radio mengulas balik kejadian yang terjadi pada 23 tahun silam. Kisahnya melibatkan 5 remaja yang saling bersahabat, termasuk Bum Sil (D.O) yang mencintai sahabatnya bernama Soo Ok (Kim So Hyun). 

Kisah yang berpusat pada persahabatan dan cinta pertama ini juga mengulas perjuangan para remaja di masa muda mereka ketika berposes menjadi dewasa, serta perjalanan  menggapai mimpi mereka masing-masing.

2. 100 Days My Prince (2018)

Ulang Tahun, Ini 7 Drama & Film Korea D.O EXO Sebagai Pemeran Utamapinterest.com
https://www.youtube.com/embed/Z_-GQZGyE4Y

100 Days My Prince menjadi drama debut D.O sebagai pemeran utama. Meskipun merupakan drama debutnya, ia berhasil membuktikan bakatnya sebagai seorang aktor melalui penghargaan yang didapat. Ia mampu menyabet tiga penghargaan sekaligus melalui drama ini, Best V Live Popularity Award di Baeksang Arts Awards ke-55, Best Actor of the Year dan Best Couple in Annual Soompi Awards ke-14.

Kisahnya berpusat pada seorang pangeran dari era Dinasti Joseon yang bernama Lee Yol (D.O), yang mencintai sahabatnya sendiri bernama Yi Seo (Nam Ji Hyun). Namun, keluarga Lee Yol sangat menentang hubungan mereka, hingga sang ayah memerintah untuk menyingkirkan ayah Yi Seo. Sehingga, Yi Seo dan keluarganya terpaksa mengganti identitas mereka dan besembunyi. 

Yi Seo dan Lee Yol tak lama kemudian dipertemukan kembali. Namun, pangeran berhati dingin ini mengalami kecelakaan sehingga menjadi hilang ingatan. Dirinya pun melupakan cinta masa kecilnya, dan hidup sederhana dengan identitas lain. Bagaimana kelanjutan kisah perjalanan mereka, ya?

3. My Annoying Brother (2016)

Ulang Tahun, Ini 7 Drama & Film Korea D.O EXO Sebagai Pemeran Utamagoldposter.com
https://www.youtube.com/embed/iZ7GnROtsYU

Film lain D.O yang menguras air mata adalah My Annoying Brother. Dirinya memang dikenal jago memerankan film yang sedih. My Annoying Brother berkisah mengenai Kyung Soo, seorang pemain judo nasional yang kehilangan penglihatannya akibat kecelakaan turnamen judo yang diikutinya. 

Aktor senior Jo Jung Suk memerankan kakak tirinya bernama Koo Doo Sik, seorang penipu yang memanfaatkan kondisi adiknya sebagai alasan untuk keluar dari penjara. Sejak diberikan pembebasan bersyarat selama satu tahun, ia tinggal bersama adiknya yang telah hidup sebatang kara sejak mengalami kecelakaan. Kakak adik yang awalnya saling bermusuhan ini perlahan-lahan belajar tentang nilai-nilai persaudaraan ketika tinggal bersama.

Pembawaan karakter D.O sebagai seorang pemuda buta yang putus asa memang patut diacungi jempol. Ia sekali lagi mampu menyabet berbagai penghargaan melalui film ini, termasuk Most Popular Actor di Baeksang Arts Awards ke-53, Newcomer Award di Korean Film Shining Star Awards, Star Award di JIMFF Awards ke-13 dan Best New Actor di Blue Dragon Film Awards ke-38.

4. Room No. 7 (2017)

https://www.youtube.com/embed/8nXy_A1h5Rw

Setelah melakoni karakter seorang pemuda buta yang putus asa di My Annoying Brother, Do Kyung Soo memerankan karakter yang bertolak belakang dengan perannya sebelumnya, yaitu sebagai bocah nakal yang bertato bernama Tae Jung dalam film thriller komedi berjudul Room No.7.

Tae Jung merupakan seorang mahasiswa yang bekerja sebagai pegawai paruh waktu di  DVD Bang di Seoul, yang juga disebut sebagai ruang pemutaran DVD (DVD Screening Room). Sebagai seseorang yang mencari nafkah demi bertahan hidup, dirinya juga terjerumus perdagangan narkoba. 

Tidak ada yang menyadari bahwa Tae Jung terlibat dalam narkoba, termasuk bos DVD Bang yang bernama Doo Shik. Bukan hanya Tae Jung yang menyimpan rahasia, namun bosnya ternyata juga menyimpan rahasia  dalam sebuah kamar nomor 7. Apa kira-kira rahasia yang dipendam bos tersebut?

5. Be Positive (2016)

https://www.youtube.com/embed/g-49D0fyXls

Web drama komedi romantis yang terdiri dari enam episode ini mendapuk D.O dan Chae Seo Jin sebagai peran utama. D.O berperan sebagai Kim Hwan Dong, seorang mahasiswa jurusan perfilman yang sedang menyelesaikan sebuah film sebagai proyek kelulusannya. 

Pengerjaan film tersebut memang berjalan dengan lancar pada awalnya, sehingga naskah yang ditulis mampu memenangkan hadiah. Namun, ada kendala yang harus dihadapinya dimana ia terpaksa meminta tolong mantan pacarnya, Hye Jung (Chae Seo Jin), untuk memerankan bintang  utama dalam film yang digarapnya. Apakah Hye Jung akan menyetujui permintaannya? 

6. Swing Kids (2018)

https://www.youtube.com/embed/gEsDQH1SI0I

D.O. kembali membuktikan bakatnya sebagai seorang aktor melalui aksinya di film layar lebar berjudul Swing Kids yang tayang pada tahun 2018. Film yang berlatar belakang perang di Korea ini mengisahkan tokoh Rho Ki Soo (D.O), seorang tentara muda Korea Utara yang telah dibebaskan dari tahanan. 

Sebagai seorang tentara, Rho Ki Soo malah gemar menari tap dance. Tidak hanya berbakat menari tap dance, namun ia juga terlihat mahir berbicara dengan aksen Korea Utara dalam film ini. Dirinya kembali memenangkan Popular Star Award di Buil Film Awards ke-28 melalui film ini.

7. EXO Next Door (2015)

Ulang Tahun, Ini 7 Drama & Film Korea D.O EXO Sebagai Pemeran Utamaimdb.com

Drama yang mengisahkan boyband EXO ini, sudah pasti menampilkan semua anggota EXO. Namun, penggemar D.O turut bangga karena D.O. didapuk sebagai bintang utama dalam drama ini, bersama dengan Moon Ga Young dan Chanyeol!

Kisahnya berpusat pada seorang gadis pemalu yang tak sengaja bertemu dengan boyband populer EXO. Berbagai kejadian menarik antara seorang penggemar yang bertemu dengan idolanya kerap mewarnai drama ini. 

Itulah 7 film dan drama yang mendapuk EXO D.O sebagai pemeran utama, Bela. Berbagai perannya dalam drama dan film benar-benar membuktikan bahwa dirinya merupakan seorang vokalis yang multitalenta, ya!

Baca Juga: 'The Moon', Film Korea Terbaru D.O 'EXO' Setelah Keluar Wamil

Baca Juga: 10 Potret Rapi Rumah Kai EXO, Closet-nya Bikin Iri!

Baca Juga: Fakta Karier Sehun, Debut Hingga Bintangi 'Now, We Are Breaking Up'