Film perang Korea menjadi sarana bagi para penonton untuk mengenal pilunya sejarah peperangan Korea yang menelan jutaan korban. Inspirasi dari film klasik ini biasanya diangkat dari kisah nyata, menggambarkan perebutan kekuasaan antar satu negara, atau suatu kelompok dengan yang lainnya. 

Peristiwa yang mewarnai sejarah kehidupan dan peradaban manusia ini memiliki daya tariknya sendiri. Tak jarang sederetan film perang ini ikut dibintangi artis Hollywood dan Jepang ternama, untuk menekankan perbedaan antar budaya dan negara. Kepopulerannya pun kerap membawanya tayang dalam berbagai Festival Film Korea dan Dunia.

Berikut adalah 10 rekomendasi film perang Korea terbaik sepanjang masa kurasi Popbela, yang menggambarkan kisah pilu perjuangan memperebutkan kekuasaan yang menegangkan sekaligus mengharukan: 

1. Battle of Jangsari (2019)

https://www.youtube.com/embed/tr6fp9DNYu4

Battle of Jangsari berhasil meraih puncak box office dengan pendapatan sebesar Rp48 milliar hanya dalam minggu pertama penayangan. Film genre war-action ini pasalnya dibintangi aktor senior Kim Myung Min, Min Ho SHINee, dan diikuti bintang Hollywood Megan Fox yang turut menarik perhatian. 

Film ini mengangkat kisah nyata perjuangan sekumpulan 772 tentara pelajar Korea Selatan dalam Perang Incheon. Sekelompok pelajar yang baru berusia sekitar 17 tahun ini berada di bawah pimpinan Kapten Lee Myung Joon (Kim Myung Min), yang mengarahkan mereka untuk menjalankan misi berat mengalihkan invasi pasukan Korea Utara ke Jangsari.

2. The Battle: Roar To Victory (2019)

https://www.youtube.com/embed/E-Nnh_5Yb50

Film yang pernah masuk jajaran lima besar film Korea terlaris 2019 ini dibintangi Ryu Jun Yeol, Yoo Hae Jin, Jo Woo Jin, Kazuki Kitamura, dan Hiroyuki Ikeuchi. Arahan sutradara Won Shin Yeon juga berhasil membawa pulang penghargaan ternama Grand Bell Award untuk Best Cinematography.

The Battle: Roar To Victory diangkat dari kisah nyata perjuangan Korea yang melawan penjajahan Jepang pada tahun 1920. Perjuangan ini dimulai dari kisah Hwang Hae Cheol (Yoon Hae Jin) dan anggotanya yang menyelesaikan sebuah misi di Tiongkok. 

Tidak sengaja bertemu dengan penembak jitu Lee Jang Ha (Ryu Jun Yeol), mereka pun bekerja sama melawan pasukan Jepang demi mengembalikan kemerdekaan negaranya. 

3. The Great Battle (2018)

https://www.youtube.com/embed/8BBhX7nh1tQ

The Great Battle dinobatkan sebagai film Korea ke-2 yang paling banyak ditonton setelah 21 hari penanyangan perdananya. The Great Battle dibintangi Jo In Sung, Nam Joo Hyuk, dan Seolhyun AOA, yang mengangkat kisah perang untuk mempertahankan benteng Ansi dari serangan 500 ribu prajurit Tiongkok yang berlangsung selama 88 hari.

4. The Battleship Island (2017)

https://www.youtube.com/embed/aX6YSMWRDNM

Film ini merupakan salah satu film terlaris yang berhasil menyabet Popularity Award Blue Dragon Film Awards 2017 dan Special Actress the Seoul Awards 2017.

Aksi Hwang Jung Min, So Ji Sub dan Song Joong Ki dalam The Battleship Island pasalnya menyuguhkan kisah sejarah Korea Selatan yang berjuang dalam Perang Dunia II. Saat itu, Korea Selatan masih di bawah kolonial Jepang yang berkuasa.

Kisahnya diawali dengan Song Joong Ki yang berperan sebagai Park Moo Young, salah satu anggota pergerakan kemerdekaan negara Korea yang berada di bawah jajahan Jepang. Diikuti dengan So-Ji Sub, yang melakoni seorang mantan mafia yang berakhir menjadi penambang paksa batu bara. 

5. Operation Chromite (2016)

https://www.youtube.com/embed/uSW8ODoGxEI

Film garapan John H. Lee dan Penulis Lee Man Hee ini wajib masuk list bagi kalian yang suka tema peperangan berbalut drama. Operation Chromite yang mengusung Liam Neeson sebagai bintang utama ini, diangkat dari kisah nyata berdasarkan perang Incheon yang terjadi pada 1950 silam.

Perang Incheon melibatkan pasukan Korea Selatan yang saat itu sedang menyelesaikan misi rahasia dengan angkatan darat Amerika Serikat. Film yang tayang perdana di bioskop pada tanggal Juli 2016 ini dibintangi berbagai aktor ternama yaitu Lee Jung Jae, Lee Beom Soo, dan Jin Se Yeon. 

6. Northern Limit Line (2015)

https://www.youtube.com/embed/6IYnBYSsqy0

Film yang dibintangi Jin Goo dan Lee Hyun Woo ini mengangkat kisah nyata dari insiden pilu yang terjadi di perairan perbatasan NLL pada 2002, ketika kapal Korea Utara kembali menyerang Korea Selatan. 

Beberapa mata-mata Korea Utara yang menyamar menjadi nelayan saat itu, ditangkap oleh Kapal Korea Selatan yang sedang berpatroli. Tepat pada tanggal 29 Juni 2002, bertepatan dengan Korea Selatan yang masuk final dalam Piala Dunia ke-2, kapal Chamsuri 357 mereka tiba-tiba diserang Korea Utara. 

Kapten Yoon Young Ha (Kim Moo Yul) pun bertanggung jawab melindungi anak buahnya dari serangan musuh untuk bertahan hidup.

7. The Admiral: Roaring Currents (2014)

https://www.youtube.com/embed/KoVntru_qUo

Film garapan Kim Han Min ini berhasil mengantongi 7 penghargaan ternama, dan telah ditayangkan di berbagai Festival Film Korea dan Dunia. Film ini mampu mempertahankan posisi puncaknya sebagai film terlaris Korea sejak penayangan perdananya.

Roaring Currents mengangkat kisah seorang laksamana Korea bernama Yi Sun Shin (Choi Min Sik), yang berjuang melawan pasukan Jepang pada masa Dinasti Joseon.

Pasukan di bawah pimpinan Yi Sun Shin memiliki jumlah kapal yang terbatas saat itu (13 kapal). Pertempuan melawan Jepang yang datang melawan dengan ratusan kapal pun dinilai mustahil. Namun, sebagai laksamana yang cerdik, Yi Sun Shin memiliki ide merangkai perangkap kematian bagi 300 kapal Jepang yang datang, hanya dengan 13 kapal tempur yang mereka miliki.

8. The Front Line (2011)

https://www.youtube.com/embed/HzsNMkJmyjQ

Front Line berhasil masuk dalam jajaran film terlaris yang mampu meraih pendapatan sekitar US$18,2 juta. Dibintagi Shin Ha Kyung dan juga Go Soo sebagai pemeran utama, film ini mampu memborong piala dalam ajang Daejong Film Award dan Critics Choice Award 2011.

Film garapan sutradara ternama, Jang Hun ini, mengisahkan perang perebutan wilayah perbatasan antara pasukan Korea Selatan dan Korea Utara di masa akhir Perang Korea. Keduanya memperebutkan wilayah strategis di perbatasan demi menentukan kekuasaan masing-masing negara.

9. 71: Into The Fire (2011)

https://www.youtube.com/embed/fuAfubkv3y0

Film yang pembuatannya dibantu oleh Kementerian Pertahanan Korea Selatan ini juga tak kalah dalam menyabet berbagai penghargaan ternama, seperti Baeksang Arts Awards, Grand Bell dan Blue Dragon

Dibintangi Kim Seung Woo, T.O.P, dan Kwon Sang Woo, 71: Into the Fire berlatar belakang tahun 1950-an ketika peperangan antara Korea Selatan dan Korea Utara terjadi. Film ini mengangkat kisah sekumpulan 71 tentara pelajar yang tidak memiliki pengalaman perang, namun dipaksa berjuang mempertahankan keberlangsungan negaranya.

Mereka harus menjaga sebuah sekolah yang tak terawat, dimana sekolah ini merupakan benteng pertahanan tentara Korea Selatan yang tidak boleh jatuh ke tangan musuh. 

10. Tae Guk Gi (2004)

https://www.youtube.com/embed/nm2aZz45pGE

Tae Guk Gi merupakan film Perang Korea lawas yang tak kalah menyabet berbagai penghargaan ternama, sebut saja Baeksang Art Awards (Best Film) dan Grand Bell Awards (Best Cinematographer).

Diperankan Jang Dong Gun dan Won Bin sebagai Lee Jin Tae dan Lee Jin Seok, sepasang kakak-adik yang dipaksa ikut berperang dalam Perang Korea. Lee Jin Tae, sebagai kakak yang lebih tua memutuskan untuk menjalankan misi yang berisiko, demi melindungi adiknya.

Itulah rekomendasi 10 film perang Korea terbaik sepanjang masa kurasi Popbela, yang mengangkat kisah nyata mengenai perang bersejarah di Korea. Mana yang membuat kamu tertarik nonton duluan, Bela?

Baca Juga: Penuh Pilu, Ini 9 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Baca Juga: 5 Mata-mata Perempuan Paling Berbahaya di Era Perang Dunia II

Baca Juga: Profesional, 10 Aktris Korea Ini Pernah Beradegan Dewasa dalam Film