Seiring berkembangnya teknologi, sosial media pun juga berevolusi. Urusan kerjaan, mencari hiburan, berkomunikasi dengan orang lain, semuanya telah dimudahkan. Banyak juga yang menjadikan social media sebagai  tempat curhat online. Memang tidak ada peraturan yang melarang sih, tapi jika kelewat batas itu akan menjadi boomerang lho untuk kamu. Mencegah hal buruk terjadi, yuk kita cari tahu etika yang tepat jika kamu ingin complain di sosial media, yang dikutip dari Rd.com.

1. Jangan mengeluh tentang keluarga atau kerabat dekat

Ngeluh dan Komplain di Media Sosial? Ini 5 Etika yang Harus Kamu Ikuti
buzzfeed.com

 

Bagaimanapun juga, urusan keluarga atau kerabat dekatmu nggak bisa disangkutpautkan dengan publik, apalagi social media. Tentunya itu adalah tindakan yang sangat tidak sopan. Mungkin mengunggah keluhan dilakukan agar merasa lega, tapi kamu nggak mau kan kalau urusan pribadimu dicampuri orang lain?

2. Hindari meluapkan amarah di social media

Ngeluh dan Komplain di Media Sosial? Ini 5 Etika yang Harus Kamu Ikuti
mirror.com

Perlu bagi kamu untuk berpikir sebelum menuliskan sesuatu di social media. Pada saat kamu marah, tentunya otak kita akan lebih sulit untuk berpikir jernih. Mungkin saja yang kamu tulis sebetulnya nggak 100 persen benar. Lagipula, apa yang menjadi masalah hari ini belum tentu juga akan menjadi masalah di hari esok. Stay positive!

3. Tidak perlu segan untuk unfollow atau unfriend

Ngeluh dan Komplain di Media Sosial? Ini 5 Etika yang Harus Kamu Ikuti
Pinterest.com

Layaknya kehidupan di dunia nyata,memang jika unfollow atau unfriend seseorang di media social terasa seperti kamu memutuskan hubungan dengan orang tersebut. Tapi, kamu harus mengubah mindset kamu Bela. Untuk kebaikan kamu juga, kamu perlu unfollow atau unfriend orang yang toxic dalam media sosialmu. Apalagi kalau yang kerjaannya mengeluh melulu atau memberi komentar buruk. Jangan segan ya Bela!

4. Tahu kapan harus menuliskan bad review

Ngeluh dan Komplain di Media Sosial? Ini 5 Etika yang Harus Kamu Ikuti
kit8.net

 

Menurut Women’s Health, “88 persen konsumen mengandalkan ulasan produk sebelum melakukan pembelian.” Menuliskan ulasan mengenai suatu produk yang kamu beli wajar kok Bela. Asalkan kamu menuliskannya sesuai dengan pengalaman, jelas, dan yang terpenting nggak menggunakan kata yang nggak pantas. Biasanya, kolom menuliskan ulasan sudah ada di tempat berbelanja online, jadi kamu nggak perlu mengumbarnya sampai ke media sosial yang lain.

5. Menghargai komentar orang lain

Ngeluh dan Komplain di Media Sosial? Ini 5 Etika yang Harus Kamu Ikuti

gettyimages.com

 

Walaupun kamu sudah berusaha untuk memberikan komentar yang nggak negatif di akun orang lain, nggak bisa dipungkiri kalau pasti ada saja orang lain yang meninggalkan komentar negatif di akunmu. Kalau terjadi hal seperti itu, kamu harus berpikir positif terlebih dahulu dan membalasnya langsung dengan direct message ke orang itu. Ada kalanya, kamu perlu menghapus komen negatif atau sebaliknya. Be mindful Bela!

Setelah memahami kelima hal diatas, kamu pasti sudah tahu mana yang harus kamu lakukan dan sebaliknya. Komplen atau memberi ulasan boleh kok Bela, asal tau etikanya ya!

 

Penulis: Kerene Jesica

BACA JUGA: Kamu Belum Dewasa Jika Menghadapi 5 Masalah Keuangan Ini