Bela, kamu tau dong sequel film ketiga dari Planet of The Apes yang akan tayang di Indonesia mulai bulan Juli tahun ini? Yap! War For The Planet of The Apes sudah bisa kamu saksikan pada tanggal 26 Juli 2017.

Seperti yang telah diketahui, tokoh-tokoh yang berperan sebagai sekumpulan kera dalam film bergenre drama science fiction ini berjuang bersama untuk mempertahankan eksistensinya di planet yang berujung pada pertempuran. Pertempuran inilah yang akan menentukan nasib dari kedua kelompok spesies dan juga masa depan dari planet.

Di Indonesia sendiri, spesies kera sudah terancam punah karena habitat mereka di kawasan hutan hujan tropis dan daerah perburuan telah hilang. Jika kamu tengok lagi cerita dalam film garapan Matt Reeves ini, banyak hal yang bisa dipetik supaya kamu bisa ikut membantu mempertahankan spesies binatang langka dengan benar. Nah, nggak mau kan kalau anak cucu kamu nanti di masa depan sudah nggak bisa lihat hewan-hewan ini? Kira-kira apa saja, ya? Simak, yuk!

1. Lakukan Aksi Hijau Reboisasi

Belajar Sayangi Lingkungan dari Film War For The Planet of The Apes
www.womenwhofarm.com
Selain pemerintah, masyarakat juga harus berperan aktif dalam melakukan pelestarian dan penghijauan hutan kembali karena reboisasi ini sangat berguna bagi perbaikan lingkungan kita, Bela. Ayo mulai sekarang tengok dan peduli pada lingkungan sekitarmu!

2. Berpartisipasi dalam Kampanye Perlindungan Satwa Langka

Belajar Sayangi Lingkungan dari Film War For The Planet of The Apes
calag.ucanr.edu
Kampanye perlindungan satwa sudah sering dilakukan oleh sebagian masyarakat di berbagai tempat dan forum dunia. Buktinya adalah beberapa gambar dan ilustrasi yang menyentuh tentang pelestarian satwa liar. Nah, sudah saatnya kamu mulai sadar akan pentingnya melindungi kehidupan satwa langka agar ekosistem di dunia tetap terjaga dari generasi ke generasi selanjutnya.

3. Tidak Memburu Hewan Secara Liar

Belajar Sayangi Lingkungan dari Film War For The Planet of The Apes
www.imfdb.org
Perburuan liar adalah pengambilan hewan secara ilegal dan bertentangan dengan peraturan konservasi serta manajemen kehidupan liar. Perburuan liar merupakan pelanggaran terhadap peraturan dan hukum perburuan. Jadi, janganlah kamu memburu hewan secara illegal apapun alasannya, ya..

4. Tidak Membakar Hutan

Belajar Sayangi Lingkungan dari Film War For The Planet of The Apes
www.imfdb.org
Berdasarkan data dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), hampir 7,3 juta hektar hutan di seluruh dunia hilang setiap tahunnya. Salah satu penyebabnya adalah kebakaran hutan yang disengaja atau terjadi secara alami.
Nah, itu dia hal-hal yang harus dan nggak seharusnya kamu lakukan pada binatang, termasuk binatang langka. Mulai sekarang, ayo lebih peduli pada lingkungan sekitar kita supaya generasi selanjutnya masih bisa menikmati apa yang kita rasakan di masa ini.

Ditulis oleh: Salsabil Nabila Afhani

 

BACA JUGA : Bela, Yuk Ikut Hentikan Eksperimen Kosmetik Pada Hewan!