Toy Story merupakan salah satu franchise film animasi paling populer sepanjang masa.

Menjadi salah satu series Pixar tersukses Pertama kali dirilis pada tahun 1995, Toy Story tidak hanya sukses dari segi pendapatan saja, namun juga dari ulasan kritikus maupun penonton.

Kesuksesan series ini membuat Pixar melanjutkannya hingga seri keempatnya dibuat. Dengan kesuksesan empat film sebelumnya, Pixar juga membuat spin-off film series ini yang berjudul Lightyear. Film ini akan dirilis segera oleh Disney pada Juni mendatang.

Seperti judulnya, Lightyear merupakan spin-off Toy Story yang menceritakan asal-usul datangnya seorang Buzz Lightyear yang adalah manusia nyata.

Dalam menyambut film Lightyear, yuk simak 7 fakta unik dan menarik dari Toy Story yang harus kamu tahu!

1. Awal desain Karakter Woody memiliki sifat menyebalkan

Sambut 'Lightyear', Berikut 7 Fakta film Toy Story Disney Pixar


Woody the Cowboy merupakan salah satu karakter utama dalam Toy Story yang memiliki sifat peduli, penyayang, suka menolong dan bijak. Dia juga tetap baik kepada dengan teman mainannya meski menyebalkan.

Tetapi, tahukah kalian pada awal desain karakternya, Woody memiliki sifat yang menyebalkan. Sang kreator, John Lasseter, mengonsep Woody sebagai tokoh menyebalkan dingin dan jahil. Tak hanya itu saja, pada konsep awal Woody suka jahil kepada Slinky Dog dan mendorong Buzz secara sengaja lewat jendela agar disiksa oleh Sid. Lasseter memiliki strategi membuat penonton kesal kepada Woody dan akhirnya pada plot selanjutnya Woody akan sadar.

Tetapi konsep ini tidak disetujui oleh produser dan tim tidak setuju sehingga Lasseter mendesain ulang karakter Woody sebagai mainan yang baik hati dan penolong.

2. Awalnya desain karakter Woody adalah boneka ventroliquist

Sambut 'Lightyear', Berikut 7 Fakta film Toy Story Mirror.uk.tv

Selain menjadi karakter ngeselin dan jahil, pada awal konsep Woody juga bukan merupakan boneka koboi.

Para animator awalnya menggambar Woody sebagai boneka ventriloquist yang menyeramkan. Tetapi setelah menyadari bahwa desain Woody terlalu menyeramkan, Lasseter mengubah Woody dengan desain salah satu favorit masa kecilnya sendiri, mainan tarik tali kecil dengan karakter koboi.

3. Buzz Lightyear pada awalnya berwarna merah

Sambut 'Lightyear', Berikut 7 Fakta film Toy Story PIxabay/armandocalles721

Tak hanya Woody saja yang mendapat perubahan, tetapi Buzz Lightyear juga memiliki konsep awal yang berbeda.

Dikutip dari Digitalspy, Pakaian luar angkasa putih klasik Buzz Lightyear dengan warna ungu dan hijau limau awalnya berwarna merah.

4. Perusahaan Mattel awalnya menolak film ini menggunakan karakter Barbie

Sambut 'Lightyear', Berikut 7 Fakta film Toy Story Disney Pixar

Mattel, perusahaan yang membuat boneka Barbie pada awalnya menolak memasukkan karakter Barbie ke dalam film ini.

Ralph Guggenheim, Produser Pixar mengatakan Mattel khawatir apabila Pixar memberikan persona pada Barbie, film tersebut akan membuat imajinasi para penonton terhadap Barbie akan berubah.

Tetapi setelah melihat kesuksesan film ini, Mattel melihat potensi yang menguntungkan dan media promosi. Alhasil, boneka cantik berambut pirang ini tidak hanya ditampilkan dalam tiga film berikutnya tetapi bahkan diberi liburan pendeknya sendiri, Hawaiian Vacation.

5. Awalnya Toy Story dikonsep menjadi film musikal

https://www.youtube.com/embed/DNZUKm0ApEM

Tak hanya menjadi film animasi yang sukses, Toy Story juga pernah masuk nominasi lagu terbaik dalam ajang penghargaan film Oscar. Lagu You've Got A Friend in Me oleh Randy Newman lah yang membawakan film ini masuk ke nominasi penghargaan film paling beken ini.

Dikutip dari Digitalspy, awalnya Disney berharap akan menambah lagu, musik serta karakter yang bernyanyi pada film pertama Toy Story tahun 1995. Faktanya, Disney mendiskusikan bersama Pixar bahwa film ini memuat 6 lagu dalam satu produksi film. Disney percaya bahwa film animasi ini akan penuh dengan lagu dan musikal.

Namun, baik Disney dan Pixar telah berkompromi bahwa karakter seperti Woody dan Buzz tidak akan bernyanyi seperti yang diharapkan sebelumnya.

6. File produksi Toy Story 2 pernah hampir terhapus

Sambut 'Lightyear', Berikut 7 Fakta film Toy Story Youtube.com/Rewatch

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan di tempat kerja. Salah satunya adalah animator Pixar yang naas yang hampir saja menghapus film animasi box office terlaris ini.
Hal ini dikarenakan ada kesalahan pada bagian produksi yang menghilangkan file-file animasi, sehingga file Toy Story 2 terhapus dari drives Pixar. Keadaan itu diperparah dengan down nya sistem back up studio Pixar.

Untungnya, Galyn Susman, direktur supervisor teknisi Toy Story 2 memiliki kopian film tersebut dan Toy Story 2 ini pun bisa tayang tepat waktu pada 24 November 1999. Terima kasih sudah menyelamatkan Toy Story 2!!

7. Film animasi yang mendapat rekor pertama di dunia

Sambut 'Lightyear', Berikut 7 Fakta film Toy Story Disney

Pixar dan Disney turut berbangga atas series Toy Story ini. Mengapa? Karena Toy Story menjadi film animasi yang mendapat rekor penghargaan dari Guinness World Record sebagai “Film yang Menginspirasi” dan “Film Animasi Pertama dengan Durasi Terpanjang”. Film ini menjadi inspirasi sekaligus loncatan para animator di seluruh dunia untuk berlomba membuat film-film animasi yang bagus dan menginspirasi.

Dirilis pada tahun 22 November 1995, Toy Story menjadi salah satu film animasi dengan penonton terbanyak dan banjir pujian baik dari kritikus film dan masyarakat.

Itulah tadi 7 fakta film Toy Story. Dari konsep awal karakter Woody yang menyebalkan hingga hampir gagal rilis, itu sederetan fakta film Toy Story! Kira-kira mana nih fakta yang membuatmu kaget?

Baca Juga: Review Film Toy Story 4: Penuh Kejutan, Tawa dan After Credit

Baca Juga: 10 Film Kartun Animasi Tak Terlupakan yang Bikin Kamu Nostalgia 

Baca Juga: Kisahnya Lebih Seru, Ini Fakta Serial Disney+ 'Percy Jackson'