Kisah Jinjing, Penguin yang Berenang 8000Km Demi Bertemu Penyelamatnya

Cerita persahabatan hewan-manusia yang mengharukan

Kisah Jinjing, Penguin yang Berenang 8000Km Demi Bertemu Penyelamatnya

Ternyata kucing dan anjing bukanlah satu-satunya hewan yang terkenal akan kesetiannya kepada manusia yang disayanginya. Seekor penguin Magellanic bernama Jinjing, rela berenang sejauh 8 ribu kilometer setiap tahunnya, demi menemui nelayan yang pernah menolong nyawanya dari maut.

Bermula pada tahun 2011

Tak terbayangkan oleh Jinjing, jika hidupnya berada di ujung tanduk dengan kondisi bermandikan minyak limbah. Pengalaman traumatisnya itu terjadi pada tahun 2011, di mana ia terdampar di bebatuan di pantai lokal di sebuah desa di Rio de Janeiro, Brasil.

Namun, Dewi Fortuna berpihak dengan Jinjing. Seorang pensiunan tukang batu dan nelayan paruh waktu bernama Joao Pereira de Souza menemukan dirinya dalam kondisi kurus dan terbaring sekarat.

Dari Metro.co.uk, Joao pun segera menyelamatkan penguin tersebut dengan membersihkan minyak dari tubuhnya. Pria berusia 78 tahun ini juga memberinya makan ikan segar supaya ia kembali sehat dan kuat.

Joao pun menamainya Jinjing

Tak tega melihat penguin malang tersebut, Joao pun memutuskan untuk merawat dan menamainya Jinjing. Ia pun diobati, diberi makan ikan segar dengan layak, dan tinggal bersamanya sampai sembuh. Selama Jinjing tinggal bersamanya, ikatan batin antara keduanya terjalin.

Barulah satu minggu kemudian, Jingjing sudah pulih dan cukup sehat untuk pulang ke habitat aslinya. Joao juga ikhlas melepas penguin yang ia sayangi seperti anak sendiri itu pulang ke laut. Tak disangka, Jinjing malah enggan pergi dan malah memilih menetap bersama Joao.

"Dia tinggal bersama saya selama 11 bulan dan setelah mantel bulunya berganti, dia menghilang," kata Joao sambil mengingat kembali.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here