7 Serangga yang Bermanfaat Bagi Lingkungan, Jangan Diusir!

Kalau ketemu serangga ini, jangan diusir ya

7 Serangga yang Bermanfaat Bagi Lingkungan, Jangan Diusir!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Agaknya kita setuju bahwa sebagian serangga menjadi ancaman bagi tanaman ataupun di kediaman rumah. Baik dianggap hama atau karena bentuknya yang menyeramkan, beberapa serangga seperti lalat, nyamuk, kecoak hingga tawon, perlu dienyahkan. Lantaran, dapat menyebarkan penyakit bagi penghuni rumah serta menghambat pertumbuhan tanaman.

Namun, tak semua serangga bersifat benalu dan destruktif. Sebagian justru membawa manfaat dalam membantu penyerbukan tanamam dan berperan sebagai predator hama yang mengganggu.

Lamtas, apa saja serangga yang sebaiknya jangan diusir dari rumah? 

1. Belalang sembah

Dikenal dengan julukan mantis, belalang sembah dapat dikenali lewat kepalanya yang berbentuk segitiga, dengan mata melotot dan tubuh panjang. Ia adalah predator bagi hama tumbuhan seperti kutu daun, ulat bulu, dan sejumlah hama yang ada di sekitar rumah. Menggunakan sayap dan kaki depan yang besar, ia mampu mencapit mangsa dengan kaki tajamnya dan melahapnya.

2. Kepik

Kepik adalah serangga ladybug dengan karakteristik berupa cangkang merah dengan totol hitam. Mereka punya tampilan cantik yang memikat perhatian.

Makanan pokok kepik adalah serangga hama yang menghambat pertumbuhan tanaman. Misalnya adalah kutu daun, tungau, serangga bertubuh lunak, beserta telur serangga-serangga tersebut.

Munculnya kepik bukan pertanda buruk. Melainkan sebuah manfaat yang membuat halaman rumahmu bebas dari serangga hama. Di balik manfaatnya, Sebagian kepik ada yang bersifat invasif yang dapat menambah kekacauan rumah. Kepik yang aman yakni jenis lady beetle yang berwarna merah dan titik-titik hitam.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here