7 Amalan yang Bisa Dilakukan Menjelang Bulan Ramadan, Berlimpah Pahala

Penuh rahmat dan berkah

7 Amalan yang Bisa Dilakukan Menjelang Bulan Ramadan, Berlimpah Pahala

Bulan Ramadan menjadi bulan penuh suka cita dan yang paling dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Di bulan inilah, malam Lailatul Qadr atau malam penuh kemuliaan berlabuh dengan keistimewaan setara dengan beribadah seribu bulan. Tak hanya itu, pada Bulan Ramadan pula, pahala kita dilipatgandakan ketika menunaikan sunnah, amal ibadah dan kebaikan.

Lantas itu pula, banyak umat Islam berbondong-bondong mempersiapkan diri menyambut Ramadan dengan melaksanakan banyak amalan baik. Kegiatan ini pun semata-mata bertujuan agar puasa yang kita jalani selama satu bulan penuh bisa diterima dan mendapat berkah dari Allah SWT.

Berikut 7 amalan yang bisa dijalankan sebelum puasa Ramadan.

1. Berniat

7 Amalan yang Bisa Dilakukan Menjelang Bulan Ramadan, Berlimpah Pahala

Hal pertama yang kita bisa siapkan sebelum puasa Ramadan adalah memperteguh hati dan rohani. Cara ini dapat dilakukan dengan menata niat dengan bersungguh-sungguh untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

Selain itu, kita juga dapat bermusabah diri, merenungi kesalahan di masa lalu, dengan melakukan salat Taubat untuk mengampuni dosa kita di masa lalu. Dengan demikian, hati kita pun menjadi bersih, tenang dan ikhlas dalam menjalankan ibadah Ramadan dengan khusyuk.

2. Memperbanyak ibadah sunah

Amalan kedua yang bisa kamu lakukan dalam menyambut bulan Ramadan adalah menunaikan ibadah sunah. Diriwayatkan dari Aisyah R.A, Rasullah SAW sering kali menunaikan berbagai amalan ibadah sunah sebelum Ramadan tiba, termasuk menjalankan ibadah puasa di bulan Sya'ban serta menunaikan salat sunah.

Selain berpuasa, ada salat sunah yang sekiranya bisa kamu tunaikan untuk memetik banyak pahala dan keberkahan bagi jasmani maupun rohani. Seperti salat dhuha, salat tahajud, salat witir, dan salat ba'diyah dan qobliyah yang bisa kamu laksanakan sebelum dan sesudah salat fardu.

Dari Aisyah r.a menuturkan:

"Rasulullah SAW biasa mengerjakan puasa sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak berpuasa, dan beliau biasa tidak berpuasa, sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak pernah berpuasa. Akan tetapi aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh, kecuali pada bulan Ramadan, dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa daripada puasa di bulan Sya'ban," (HR. Bukhari, 1833, Muslim 1956).

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here