Liburan tak selalu identik dengan hotel, cottage ataupun penginapan mahal. Camping atau kemping pun sah-sah saja menjadi alternatif kegiatan liburan yang bisa kamu lakukan saat akhir pekan. Kamu bisa melakukannya bersama keluarga, juga sahabat-sahabat yang sudah lama tidak bersua. Agar tak kebingungan nantinya, sebelum mengemas barang dan pergi berkemah, tujuh peralatan ini wajib kamu siapkan lebih dulu ya.

Tenda

 
Kamu tak mungkin pergi berkemah tanpa benda yang satu ini kan? Tak harus membeli, kamu bisa menyewanya barang semalam atau dua malam saja. Jangan asal memilih, kamu juga harus jeli untuk mengecek segala kelengkapannya sebelum dibawa. Mulai dari jumlah pasak, tiang, dan sebagainya harus kamu pastikan sudah tepat dulu ya. Dan satu lagi, pastikan kalau partner kempingmu mengerti cara memasang dan membongkarnya.

Sleeping bag atau alas tidur

 
Di manapun destinasi kempingmu, kamu akan tetap membutuhkan alas untuk tidur di dalam tenda. Untuk itu, kamu diwajibkan membawa sleeping bag supaya tidurmu tetap nyaman dan nyenyak, meski berada di alam bebas. Ada dua desain sleeping bag yang bisa kamu pilih, yaitu tipe selimut dan tipe mummy. Yang ini juga tak harus beli, di persewaan alat-alat outdoor kamu tinggal memilih dan membayar sewanya dengan harga terjangkau kok.

Matras

 
Demi kenyamanan petualanganmu, matras juga tak boleh dilupakan. Agar lebih hangat, sebelum menggunakan sleeping bag, kamu bisa melapisinya lebih dulu dengan matras. Benda ini juga berguna kalau kamu ingin berkumpul bersama kawan-kawan di luar tenda. Entah itu untuk bernyanyi bersama, makan malam, dan menikmati pemandangan. Matras gulung ialah jenis matras yang paling umum digunakan untuk kemping.

Alat masak dan alat makan

 
Ada dua jenis alat masak portabel yang bisa kamu pilih untuk dibawa kemping, yaitu nesting atau trangia, yang membedakan hanyalah jenis bahan bakarnya saja. Kalau netsing menggunakan kompor dengan gas mini hi-cook, trangia menggunakan spirtus.  Kalau sudah membawa alat masak, otomatis kamu harus membawa alat makannya juga. Mulai dari piring, gelas, sendok, dan pisau kecil jangan sampai terlupa ya.

Jas hujan

 
Jangan pernah beranggapan kalau jas hujan hanya akan berguna ketika kamu naik motor saja. Karena faktanya, jas hujan akan sangat kamu butuhkan ketika berada di alam bebas, termasuk saat berkemah. Kamu tak pernah tahu kapan hujan akan datang, kan? Maka dari itu, bawalah jas hujanmu dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Sehingga kalau hujan tiba, kamu langsung bisa mengenakannya.

Senter/headlamp

7 Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Berkemahpixabay.com

Penerangan jelas pasti sangat amat dibutuhkan. Kalau kamu hanya mengandalkan senter dari handphone saja, tentu tidak cukup kuat untuk membantu menerangi jalan. Karena itulah, sebisa mungkin kamu wajib membawa senter beneran atau setidaknya headlamp untuk membantumu mencari 'toilet' di alam. Jangan lupa, bawa baterai cadangan juga ya secukupnya.

Trash bag atau kantong plastik

 
Satu hal yang harus kamu camkan, jangan pernah membuang sampah sembarangan. Kalau kamu begitu memuja keindahan alam raya, kamu pun juga harus punya komitmen untuk menjaga kebersihannya. Baik di gunung ataupun di pantai, kamu wajib membawa trash bag atau minimal kantong plastik untuk menampung berbagai macam sampah. Tetap jaga pantai dan gunungmu agar selalu bersih ya.
 
Sudah siap pergi kemping bersama orang terdekatmu Bela? Jangan pernah melewatkan tujuh barang di atas ya. Selamat bertualang!

BACA JUGA : 5 Tempat yang Bikin Kamu Ingin Melepas Rutinitas dan Segera Jelajahi Dunia