Salat Tarawih adalah salat sunnah yang dilakukan setelah salat Isya pada bulan Ramadan. Meski bisa melaksanakan salat tarawih sendirian, namun banyak umat muslim yang memilih melaksanakan salat Tarawih berjamaah untuk mendaparkan pahala berlimpah. Tapi apakah kamu tahu bagaimana keutamaan, hukum dan jumlah rakaat salat tarawih Simak penjelasan berikut ya!

Salat tarawih hukumnya sunah yang sangat dianjurkan

Keutamaan, Hukum dan Jumlah Rakaat Salat TarawihPexels.com/David McEachan

Pada zaman Nabi Muhammad SAW dulu, istilah tarawih belum dikenal. Istilah ini baru muncul pada era sahabat, khususnya Khalifah Umar bin Khaththab. Pada tiap malam Ramadan, mereka melakukan shalat qiyam Ramadan yang diselingi istirahat tiap dua rakaat yang ditutup salam. Nah, secara kebahasaan, tarwiih berarti 'istirahat.'

Lalu, kapan waktu pelaksanaan dan berapa jumlah rakaatnya?

Keutamaan, Hukum dan Jumlah Rakaat Salat TarawihPexels.com/rawpixel.com

Waktu pelaksanaannya yaitu sesudah salat Isya pada malam hari hingga terbitnya fajar selama bulan Ramadan. Ada yang menyarankan salat tarawih sebanyak 11 rakaat, termasuk tiga rakaat witir. Caranya, setiap dua rakaat, salam, sehingga diakhiri dengan satu rakaat witir. 

Ada juga yang menyarankan 23 rakaat, termasuk tiga rakaat witir

Keutamaan, Hukum dan Jumlah Rakaat Salat TarawihPexels.com/rawpixel.com

Tentu saja umat muslim bisa melakukannya berdasarkan keyakinan. Sebab, tidak ada keterangan yang pasti tentang jumlah rakaat salat Tarawih yang dikerjakan Nabi Muhammad SAW. Cara shalatnya sama saja, yaitu dua rakaat, salam, sehingga diakhiri dengan satu rakaat witir. Jadi, akan ada lima kali istirahat.

Melaksanakan shalat tarawih, kamu berkesempatan mendapat ampunan dosa yang telah lalu

Keutamaan, Hukum dan Jumlah Rakaat Salat TarawihPexels.com/Ekrem Osmanoglu

"Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosa yang telah lalu akan diampuni" (HR. Bukhari dan Muslim). Selain itu, salat tarawih berjamaah pahalanya akan dihitung seperti shalat semalam penuh. 

Mampu meningkatkan silaturahim dan ukhuwah islamiyah

Keutamaan, Hukum dan Jumlah Rakaat Salat TarawihPexels.com/Oliver Sjöström

Salat tarawih berjamaah lazimnya dilaksanakan di masjid. Karena itulah, manfaatnya yakni bisa menyambung tali silaturahmi dengan tetangga dan saudara sesama muslim yang kamu temui di masjid. Dengan bertegur sapa, maka silaturahmi dan ukhuwah islamiyah akan tetap terjaga. 

Terakhir, salat tarawih juga sebagai sarana menimba ilmu

Keutamaan, Hukum dan Jumlah Rakaat Salat TarawihPexels.com/SHAHBAZ AKRAM

Saat salat tarawih di masjid, kamu akan mendengarkan ceramah yang disampaikan. Ada yang disampaikan di antara salat isya dan tarawih, ada juga yang dilakukan di antara salat tarawih dan witir. Dengan begitu, maka kamu akan menyerap ilmu-ilmu agama dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salat tarawih, baik 11 ataupun 23 rakaat masih lebih baik daripada mereka yang sama sekali tidak shalat tarawih. Ibadah ini juga dianjurkan dilaksanakan secara berjamaah ya, Bela. 

Itulah keutamaan, hukum dan jumlah rakaat shalat tarawih. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Witir Tiga Rakaat