Apa kamu punya resolusi menjadi lebih hemat di tahun 2018 ini, Bela? Jika iya, maka ada baiknya kamu tahan diri untuk tak membelanjakan uangmu untuk tujuh hal yang harganya akan melambung di tahun ini. Kalaupun terpaksa, pikirkan matang-matang dulu ya brand mana yang punya harga lebih terjangkau.

Smartphones

5 Daftar Kebutuhan Ini Harganya Bisa Lebih Mahal di Tahun 2018 Lho!unsplash.com/Lauren Mancke

Apple akan segera meluncurkan setidaknya tiga smartphone model baru di tahun ini. Akan ada iPhone 9, iPhone Xs, dan iPhone Xs Plus. Karena fiturnya lebih canggih, harganya pun akan lebih mahal. Untuk menghindari inflasi teknologi, jaga ponselmu baik-baik ya.

Travel

5 Daftar Kebutuhan Ini Harganya Bisa Lebih Mahal di Tahun 2018 Lho!unsplash.com/Drif Riadh

Menemukan tiket pesawat murah dan hotel berbintang dengan harga terjangkau mungkin akan lebih menantang pada tahun 2018 ini. Karena menurut global travel forecast tiket pesawat akan meningkat 3,5% dan biaya hotel juga meningkat 3,7%.

Perbaikan rumah dan remodeling

5 Daftar Kebutuhan Ini Harganya Bisa Lebih Mahal di Tahun 2018 Lho!unsplash.com/Kyle Head Follow

Banyaknya bencana seperti badai yang menyebabkan kerusakan rumah, justru membuat harga renovasi dan pembangunan rumah makin meroket karena permintaan yang semakin meningkat. Kalau tidak benar-benar diperlukan, kamu tak perlu mengubah tatanan dapur, kamar mandi, dan segala ruang di rumahmu.

Makanan

5 Daftar Kebutuhan Ini Harganya Bisa Lebih Mahal di Tahun 2018 Lho!unsplash.com/Rachel Park

Seperti dikutip dari DealNews, makan di luar akan jauh lebih mahal di tahun ini. Sebab, harga restoran akan naik sekitar 2,4%. Dengan begini, maka makan di rumah bisa jadi sebuah solusi untuk benar-benar menekan pengeluaran.

Perguruan tinggi

5 Daftar Kebutuhan Ini Harganya Bisa Lebih Mahal di Tahun 2018 Lho!unsplash.com/Element5 Digital

Bukan rahasia lagi kalau biaya kuliah setiap tahunnya selalu meningkat. Selama 20 tahun terakhir, biaya kuliah di perguruan tinggi negeri telah meningkat 237%, sementara biaya rata-rata untuk masuk perguruan tinggi swasta naik 157%, menurut U.S. News dan World Report. Sepertinya di Indonesia pun tak jauh berbeda.

Apa kamu siap mengurangi biaya makan, traveling, perbaikan rumah, serta tak membeli smartphone di tahun ini, Bela? Untuk biaya kuliah, ada baiknya kamu mencari beasiswa saja.

 

BACA JUGA : 4 Cara Tetap Sehat Tanpa Menguras Kantong