YouTube termasuk salah satu media sosial. Tapi berbeda dari media sosial lainnya, para pengunjung YouTube tidak perlu membuat akun untuk bisa berselancar di sana. Anak-anak muda zaman sekarang pun sudah banyak yang beralih dari menonton TV ke menonton YouTube dengan durasi yang lebih lama. Apa kamu juga melakukannya, Bela?

Di Indonesia, ada cukup banyak YouTuber yang menjadi panutan, terutama anak muda. Bahkan penggemar mereka tidak kalah lho dengan para artis. YouTuber yang memiliki tingkat popularitas tinggi bisa dilihat dari jumlah subscriber-nya, biasanya hingga mencapai jutaan. Di samping ketenaran mereka, YouTuber ini juga menyimpan fakta unik yang jarang diketahui publik. Berikut di antaranya! 

Mereka sering merasa kesepian

Jarang Disadari, Ini Fakta Suka dan Duka Jadi Seorang YouTuberPexels.com/Pixabay

Meski punya jutaan view dan terkenal di dunia maya, bukan berarti YouTuber memiliki banyak teman. Beberapa YouTuber sempat mengaku kesepian. Seperti salah satu bintang YouTube asal Inggris, Will Lenney dan juga Ria Ricis yang selalu kelihatan ceria juga mengalaminya. Hal ini terjadi karena sehari-hari yang mereka lakukan adalah berinteraksi dengan diri sendiri di layar.

Pemasukan bisa sampai miliaran rupiah per tahun

Jarang Disadari, Ini Fakta Suka dan Duka Jadi Seorang YouTuberPexels.com/Pixabay

Salah satu contoh adalah pemilik akun PewDiePie. Berawal dari komentator game horor, pria bernama asli Felix Kjellberg ini sekarang sudah memiliki lebih dari 90 juta subscriber. Felix berhasil mengumpulkan sebanyak Rp162 miliar atau sama dengan $12 juta per tahun. Di Indonesia sendiri ada Atta Halilintar yang mampu mengantongi Rp256 juta hingga Rp4,1 miliar per bulannya.

Mereka multitalenta

Jarang Disadari, Ini Fakta Suka dan Duka Jadi Seorang YouTuberPexels.com/Jhonis Martins

Tak hanya mahir berbicara di depan kamera, minimal kamu juga harus tahu bagaimana mengedit video supaya kelihatan keren. Bahkan ada juga lho YouTuber yang memang memiliki lebih dari satu skill, salah satunya adalah Reza 'Arap' yang bisa nge-rap dan menari. Semakin multitalenta, semakin banyak industri yang bisa dijangkau.

Harus hati-hati setiap berbicara dan bersikap

Jarang Disadari, Ini Fakta Suka dan Duka Jadi Seorang YouTuberPexels.com/Guilherme Almeida

Setelah melihat konten di YouTube, setiap orang bisa langsung bebas berkomentar di bagian bawahnya. Tidak seperti TV yang hanya bisa ditonton saja. Komen di YouTube bisa jadi penyemangat atau malah sebaliknya. Maka dari itu, menjadi YouTuber sejatinya bukan hal mudah karena harus selalu berhati-hati dalam bersikap. 

Tak selalu menggunakan peralatan mahal

Jarang Disadari, Ini Fakta Suka dan Duka Jadi Seorang YouTuber

Banyak penonton menganggap YouTuber memiliki atau menggunakan perlengkapan ekstra ketika memproduksi konten mereka. Seperti kamera mirrorless hingga alat rekam audio puluhan juta. Padahal banyak juga YouTuber yang menggunalan peralatan sederhana. Selama kontennya kreatif dan disukai, hal itu tidak akan menjadi masalah. 

Jadi, apa kamu semakin tertarik untuk menjadi seorang YouTuber, Bela? Apapun pekerjaannya, termasuk YouTuber pasti ada suka dukanya. Selama kamu senang melakukannya, duka pun tak kan terasa. Tetap berusaha ya!

Baca Juga: #BFA2019: Ingin Jadi Beauty YouTuber? Pelajari 5 Hal Ini