Kadang, gaji tak selalu datang tepat waktu. Apa jadinya kalau gajimu datang terlambat, sementara  uang di dompet semakin menipis? Belum lagi ada tanggungan yang harus kamu bayar, mulai dari cicilan handphone sampai laptop. Gawat kan kalau hutang dibiarkan menumpuk? Selain keuangan jadi kacau, hidup juga nggak tenang.

Mungkin lima perjuangan ini pernah kamu lakukan supaya keuanganmu terselamatkan, Bela?

Mencatat pengeluaran sedetail-detailnya

5 Perjuangan yang Dilakukan Meski Tanggal Gajian Masih Jauhunsplash.com/Marco Xu

Kalau biasanya kamu tak peduli berapa harga makanan dan minuman yang kamu makan asalkan kamu kenyang, kali ini mau tak mau kamu harus melakukannya. Tujuannya satu, agar 'hartamu' yang kian menipis tetap aman terjaga.

Freelance dan kerja sampingan

5 Perjuangan yang Dilakukan Meski Tanggal Gajian Masih Jauhunsplash.com/NeONBRAND

Setelah menemukan pekerjaan fulltime, kamu pun berhenti menjadi freelancer yang sebelumnya kamu lakukan. Tapi kali ini, kamu terpaksa kembali lagi hanya demi uang tambahan dan bertahan hingga akhir bulan.

Memasak makanan di rumah

5 Perjuangan yang Dilakukan Meski Tanggal Gajian Masih Jauh unsplash.com/Artem Bali

Kalau sebelumnya kamu memilih untuk jajan di luar, kali ini kamu rela bangun pagi dan menawar bahan-bahan di pasar. Meski tak jago memasak, kamu rela berlama-lama di dapur demi menghemat pengeluaran.

Mengingat siapa saja yang pernah meminjam uang

5 Perjuangan yang Dilakukan Meski Tanggal Gajian Masih Jauhunsplash.com/Marco Xu

Di saat seperti ini, kamu jadi bersyukur menjadi orang baik yang sigap menolong sesama. Karena sebelumnya kamu loyal meminjamkan uangmu pada mereka, kini pun kamu berharap bisa menagihnya saat benar-benar dibutuhkan.

Memanfaatkan fasilitas kantor super maksimal

5 Perjuangan yang Dilakukan Meski Tanggal Gajian Masih Jauhunsplash.com/ryan born

Kalau sebelumnya kamu selalu pulang kantor tepat waktu, kini kamu akan memilih berada di kantor beberapa saat dulu. Kamu rela pulang lebih malam hanya untuk bisa wifi-an. Mulai dari urusan sosial media hingga download drama kamu lakukan di sana.

Apa kamu siap menunggu gaji turun akhir bulan ini, Bela? Semoga tak sampai kehabisan ketersediaan uang ya.

BACA JUGA : Mark Up Gaji Itu Salah! Ini Cara Benar Jawab Gaji Sebelumnya