Apa esensi dari kegiatan liburan atau travelling bagimu Bela? Bukankah hal ini sangat erat kaitannya dengan hiburan dan kesenangan yang berfokus pada dirimu sendiri? Apa kamu selalu liburan dengan smartphone di genggaman yang berujung liburanmu tak lagi meninggalkan kesan mendalam? Teknologi memang mempermudahkan kehidupan, apalagi dengan hadirnya media sosial. Tapi alangkah lebih baiknya kalau liburanmu tidak diganggu hal yang satu ini. Kamu kesulitan untuk melakukannya? Lakukan 5 langkah ini ya!

Lakukan 'nonactive-notification'

 
Kamu yakin sama sekali tak terganggu ketika baru saja menginjak destinasi liburan dan suara notifikasi dari akun media sosialmu sangat berisik? Tanyakan pada hatimu, apa sejatinya tujuanmu melakukan perjalanan ini. Kalau kamu butuh ketenangan, kalau kamu memang benar ingin fokus dengan yang namanya liburan, lupakan media sosialmu barang beberapa hari. Oleh karena itu, silahkan coba untuk menonaktifkan notifikasi di ponsel pintar yang kamu miliki ya.

Agar lebih aman, log out saja dari akun media sosialmu

 
Kalau menonaktifkan dirasa belum cukup, kamu bisa melakukan cara kedua ini. Dengan keluar sejenak dari beragam media sosial itu, kamu dijamin akan merasa bebas dengan usikan notifikasi-notifikasi yang berbunyi seketika. Kamu harus percaya, bahwa liburan ialah waktu yang tepat untuk detoks dari media sosial. Sebab, beberapa penelitian menyebutkan, bahwa penggunaan media sosial secara rutin ternyata memberikan efek negatif terhadap kesejahteraan emosional dan kepuasan hidup seseorang.

Katakan tidak pada ‘wifi’

 
Ini nih penyebab para traveler masih saja tak kuat menahan kecanduan terhadap media sosial. Di hotel disediakan wifi, pun di terminal, stasiun dan bandara. Hal yang perlu kamu lakukan sebelum berangkat travelling adalah, niatkan pada dirimu sendiri untuk mengatakan tidak kepada wifi. Bila perlu, pergilah ke destinasi yang limit koneksi internet. Mungkin cara ini terkesan memaksa, tapi percayalah bahwa cara ini sangat ampuh agar kamu meninggalkan media sosial.

Simpan foto dan lakukan #latepost pasca liburan

 
Kamu sering melihat unggahan foto teman-temanmu yang diberi tagar di atas? Kamu pun disarankan untuk melakukannya jika kamu sedang liburan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah bersabar dan menyimpan dahulu foto-foto dokumentasi liburanmu. Tunggu hingga kamu kembali ke rumah dengan aman dan selamat, barulah mengunggahnya ke media sosial. Tak perlu selalu update kan? Yang penting masih dinikmati pembaca di laman media sosialmu.

Pergilah tanpa smartphone, bawa saja kamera digitalmu

 
Bisa dibilang ini cara yang paling memaksamu untuk benar-benar terhindar dari media sosial. Tinggalkan telepon selularmu di rumah, dan pergilah hanya dengan keperluan pribadi serta kamera digital di kantong. Dijamin kamu akan pulang travelling dengan perasaan yang lebih puas dibanding saat membawa ponsel pintar sebelumnya. Selain itu, kamu juga akan meminimalisir hilangnya smartphone di perjalanan, juga jadi lebih hemat kuota karena tak digunakan untuk bermain sosmed terus-terusan.

Sudah siap mempraktikkan langkah di atas demi liburan yang lebih seru dan berkesan Bela? Percayalah, tanpa media sosial hidupmu tak akan jadi lebih buruk. Akan jauh lebih banyak cerita yang kamu dapat, dan interaksi dengan orang-orang lokal pun akan lebih berkualitas lagi.

BACA JUGA : Sosmed Bukan untuk Posting Galau! Gunakan Sosmed untuk Kembangkan Kariermu