Makin kemari, traveling atau liburan seolah menjelma sebagai kebutuhan primer. Kegiatan yang satu ini boleh dibilang sudah menjadi suatu keharusan, utamanya untuk orang-orang yang memiliki rutinitas yang super sibuk. Apa kamu salah satunya Bela? Negara mana nih yang paling jadi mimpi untuk kamu kunjungi? Agar tak hanya puas bermimpi saja, simak yuk, berapa sih uang yang kamu butuhkan untuk pergi ke sana.

United Kingdom

Ini Biaya yang Perlu Kamu Siapkan Kalau Mau Jalan-Jalan Keliling Duniahandluggageonly.co.uk
Pergilah ke Inggris ketika masuk bulan Oktober-April. Sebab, pada bulan-bulan itu kamu akan mendapati harga yang jauh lebih masuk akal daripada bulan-bulan musim panas. Sebagai contoh, kamar asrama pada bulan Juni di London yang paling murah seharga Rp 227 ribu. Namun, pada bulan Januari hanya sekitar Rp 170 ribu saja. Cukup jauh kan bedanya? Soal makanan, cukup mengkhawatirkan juga. Karena ini Inggris, kebab atau ikan dan kentang goreng bisa dihargai sekitar Rp 100 ribu. Duh!

Perancis

 
Perancis punya aneka wine atau anggur yang tersohor di seantero dunia, pegunungan yang indah, dan pantai menawan yang membuat negara ini sungguh layak menjadi jujugan wisata. Meski dikenal mahal, tapi kalau kamu cukup cerdas, kamu bisa kok menghabiskan biaya sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta per harinya. Hotel-hotel murah di negara yang dikenal romantis ini dibanderol harga sekitar Rp 330 ribu saja. Street food seperti crepes dengan ham dan keju bisa kamu dapatkan dengan uang Rp 60 ribu.

Rusia

 
Untuk sekali makan di negeri beruang merah ini, kamu bisa menghabiskan Rp 50-100 ribu. Urusan makanan halal memang agak sulit, sebab begitu banyak olahan makanan yang memang mengandung babi. Harus pandai memilih ya! Hostel di pusat kota Moscow untuk semalam bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 150 ribu. Ketika kamu mengunjungi kota ini, kamu harus mengunjungi The Red Square yang sering disebut sebagai jantung kota Moscow. Kamu akan menjadi saksi sejarah, percayalah.

Turki

 
Banyak orang ingin datang ke Turki dan menikmati sajian kebudayaan yang unik. Orang-orang menyebut negara ini sebagai titik bertemunya budaya timur dan barat dalam banyak hal. Kalau kamu ingin menghemat  budget, kamu bisa menginap di asrama kota Istanbul dengan biaya mulai Rp 135 ribu. Selagi di Turki, puaskan lidahmu untuk menikmati sajian kuliner khas mereka. Makanan di Turki mirip dengan makanan Mediterania, tapi dengan bumbu dan rempah yang lebih berlimpah. Sejenis pizza turkish yang dijual di pinggir-pinggir jalan harganya cukup murah, yakni sekitar Rp 33 ribu saja.

Korea Selatan

 
Untukmu penggemar K-pop atau drama Korea, pastilah negara ini jadi salah satu mimpimu. Kalau suatu hari benar-benar menginjakkan kaki ke sana, jangan lupa untuk mengunjungi Jjimjilbang ya. Ini adalah tempat sauna khas Korea sekaligus pemandian umum yang dilengkapi kolam air panas. Kamu bisa kok menghabiskan malam di sini, syaratnya carilah Jjimjilbang yang buka 24 jam. Kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 80 - Rp 135 ribu rupiah saja. Tapi kamu harus rela tidur di atas tikar bersama banyak orang lainnya ya.

Jadi, negara mana yang akan kamu kunjungi lebih dulu Bela?


BACA JUGA : Mau Jalan-Jalan Keliling Dunia? Harus Siapkan Uang Segini, Bela!