Salat tahajud adalah salat sunnah yang paling utama. Sebab berbeda dengan salat sunnah lainnya, salat tahajud ini merupakan satu-satunya salat sunnah yang Allah firmankan perintahnya dalam al-Quran. Bahkan, salat ini wajib bagi Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam. Namun bagi umat muslim, salat ini hukumnya sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan.

Salat tahajud adalah salat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Apa kamu juga sering melakukannya, Bela? Tata cara salatnya sama seperti salat sunnah pada umumnya, hanya saja niatnya berbeda. Meski kamu tidak akan mendapat dosa jika meninggalkan salat tahajud, tapi ketika kamu menjalankannya Allah akan mengangkatmu ke tempat yang terpuji. Simak waktu, syarat, bacaan niat dan tata cara salat tahajud yuk!

Waktu Mengerjakan Salat Tahajud

Salat Tahajud: Waktu, Keutamaan, Tata Cara dan Bacaan NiatnyaPexels.com

Salat sunnah tahajud dalam bahasa arab disebut Sholatun Lail yang memiliki arti salat malam. Karena itulah, salat tahajud dilakukan pada waktu malam hari. Kurun waktunya yaitu setelah isya' sampai masuknya waktu subuh. Meski begitu, ada waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakannya, yaitu sepertiga malam terakhir.

Sepertiga malam terakhir artinya lepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh atau sekitar pukul 01.00 sampai 04.00 sebelum subuh. Kalau kamu mengerjakan salat tahajud pada waktu tersebut, insha Allah doamu akan lebih diijabah Allah. Ada yang bilang jika waktu pelaksanaan salat tahajud adalah setelah bangun dari tidur di malam hari, tapi sebagian ulama berpendapat bahwa salat tahajud boleh dilakukan tidak harus tidur dulu.

Keutamaan Salat Tahajud

Salat Tahajud: Waktu, Keutamaan, Tata Cara dan Bacaan NiatnyaPexels.com

Salat sunnah yang satu ini memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Di antaranya yaitu :

  • Siapa yang membiasakan salat tahajud, maka dia akan mendapatkan kedudukan terpuji dari Allah
  • Orang yang membiasakan salat ini akan dimudahkan urusannya dan dibimbing Allah. Mulai dari urusan rumah tangga, pekerjaan, dan urusan lainnya
  • Mereka juga akan diberi solusi dan jalan keluar terbaik ketika mendapatkan masalah
  • Orang yang terbiasa salat tahajud akan ditolong Allah, bahkan tanpa perantara
  • Para ahli tahajud akan diberi Allah kemuliaan dan kewibawaan
  • Kalau setelahnya kamu berdoa, insha Allah doanya dikabulkan oleh Allah
  • Dosa-dosa kecil bisa berguguran dengan menjalankan salat tahajud
  • Orang yang ahli tahajud, insha Allah akan masuk surga. Sebab, salat ini merupakan salah satu kunci masuk surga

Syarat dan Tata Cara Salat Tahajud

Salat Tahajud: Waktu, Keutamaan, Tata Cara dan Bacaan NiatnyaPexels.com

Syarat paling utama dalam melakukan salat tahajud adalah dikerjakan di malam hari setelah salat isya sampai sebelum waktu salat subuh. Untuk tata caranya, diawali dengan niat salat tahajud dan dilanjutkan dengan takbiratul ikhram seperti salat wajib dan sunnah lainnya. Berikut tata cara yang juga harus kamu ikuti ketika mengerjakannya :

  • Salat tahajud dikerjakan dua rakaat dengan jumlah tidak terbatas. Kalau ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW, lakukan salat dua rakaat sebanyak empat kali dan tutup dengan salat witir sebanyak tiga rakaat
  • Setelah membaca niat, lakukan salat dua rakaat dengan dua kali sujud dan satu kali salam
  • Zikir dan berdoa. Tidak ada kewajiban untuk membaca doa tertentu setelah salat. Hanya dianjurkan untuk berdzikir dan berserah diri kepada Allah.

Bacaan Niat Salat Tahajud

Salat Tahajud: Waktu, Keutamaan, Tata Cara dan Bacaan Niatnya

Niat salat tahajud wajib dilakukan untuk membedakan dengan salat sunnah lainnya, karena salat malam yang dilakukan dengan dua rakaat jenisnya sangat banyak. Berikut niat yang diucapkan saat salat tahajud :

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Arti : “Aku niat salat sunat tahajud dua rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah hati. Begitu juga dengan niat salat tahajud, melafadkannya bukanlah suatu syarat.

Itulah waktu, syarat, bacaan niat dan tata cara salat tahajud. Banyak orang mengerjakan salat tahajud untuk berdoa memohon sesuatu kepada Allah. Begitu banyak khasiat yang akan kamu rasakan setelah melakukan salat tahajud ini. Semoga semakin istiqomah ya, Bela!

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Tarawih Sendiri Saat #DiRumahAja

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Witir Tiga Rakaat

Baca Juga: Niat, Doa dan Tata Cara Melaksanakan Salat Istikharah