Kalau kamu suka merekam aktivitas pada smartphone, entah untuk game atau video tutorial lainnya, pastilah membutuhkan aplikasi untuk merekam layar HP. Tenang saja, zaman sekarang smartphone Androidmu bisa digunakan sebagai perekam layar kok, Bela!

Saat ini sudah banyak aplikasi perekam layar (screen recorder) yang tersedia di Play Store, baik secara gratis ataupun berbayar. Untuk versi gratis, biasanya aplikasi tersebut akan memberi watermark pada hasil rekaman kita, meski ada juga yang tidak. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa menggunakannya untuk membuat video tutorial atau bahkan streaming game yang sedang dimainkan. Simak tujuh aplikasi perekam layar terbaik untuk Android ini yuk!

Mobizen Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Handphone Khusus Android

Aplikasi perekam layar yang satu ini pernah mendapatkan penghargaan App Terbaik 2016 dari Google. Beberapa kelebihannya adalah ada penambahan Facecam, opsi perekaman videonya punya kualitas tertinggi dan ada fitur editing hasil rekaman. Resolusi videonya ada di kisaran 240p hingga 1080p.

DU Recorder

Aplikasi Perekam Layar Handphone Khusus Android

Bisa dibilang DU Recorder adalah aplikasi perekam layar HP yang paling populer karena punya banyak fitur yang memudahkan. Kamu bisa merekam layar dalam sekali sentuhan tanpa perlu repot melakukan berbagai pengaturan. Ada juga fitur editing dalam aplikasi dan live streaming lho. Selain itu, aplikasi gratis ini juga tanpa iklan dan tanpa batasan waktu untuk merekam.

Telecine

Aplikasi Perekam Layar Handphone Khusus Android

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu hanya cukup menekan sebuah tombol start untuk memulai dan menekan tombol stop untuk menghentikan proses rekaman. Sangat mudah dan praktis, kan? Telecine memiliki rating tertinggi pada Google Play Store. Notifikasi dari smartphone Android tidak akan muncul dan mengganggu proses perekaman. Dan yang terpenting, tidak ada tambahan watermark.

AZ Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Handphone Khusus Android

AZ Screen Recorder sagat direkomendasikan untuk para pencinta game yang hobi berbagi video walkthrough game. Aplikasi ini punya berbagai kelebihan, dinantaranya tidak ada watermark yang dihasilkan pada setiap rekaman video, ramah pengguna alias mudah digunakan, dan sangat sesuai untuk ponsel yang punya keterbatasan memori karena aplikasi ini tergolong ringan.

Lollipop Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Handphone Khusus Android

Sesuai dengan namanya, Lollipop Screen Recorder ini memang ditujukan untuk jenis ponsel Android Lollipop v5.0 ke atas. Aplikasi ini bisa langsung digunakan untuk merekam layar tanpa perlu melakukan root terlebih dahulu. Karena terdaftar secara resmi di Google Play Store, kamu tak perlu khawatir bila aplikasi ini akan mengandung virus setelah diinstall.

One Shot Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Handphone Khusus Android

Sama dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk merekam layar smartphone yang menggunakan versi Android Lollipop dan di atasnya. Meski penggunaannya tergolong mudah, tapi sayangnya di sini terdapat watermark yang muncul dan untuk menghilangkannya maka kamu perlu membeli versi premium senilai $0,99. 

Super Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Handphone Khusus Android

Aplikasi perekam layar ini punya kemampuan untuk merekam tanpa batas dan sangat memungkinkan untuk membuat animasi GIF. Fitur watermark milikmu juga bisa ditambahkan agar video karyamu tidak dicuri oleh orang lain. Tapi sayangnya, Super Screen Recorder tidak bisa digunakan oleh ponsel Android dengan kapasitas minimal karena butuh RAM yang cukup besar.

Itulah beberapa aplikasi perekam layar untuk android terbaik pilihan Popbela. Jadi, mana yang menjadi pilihanmu Bela? Setidaknya ada satu atau lebih yang pasti cocok untukmu. Selamat berkreasi dan menghasilkan karya dari rekaman videomu ya!

Baca Juga: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Tahun 2019