Rasa takut melakukan public speaking atau berbicara di depan umum mungkin wajar dialami oleh banyak orang dengan berbagai alasan. Ada yang merasa takut salah, takut nge-blank, takut malu, takut ditertawakan, dan ketakutan-ketakutan lainnya.

Apa kamu salah satunya, Bela? Kalau iya, kamu perlu menguranginya dengan langkah-langkah di bawah ini!

Lakukan relaksasi tubuh

5 Cara Ampuh Atasi Rasa Takut dan Gugup Saat Lakukan 'Public Speaking'unsplash.com/Arthur Miranda

Relaksasi itu penting untuk membuat tubuhmu rileks, santai, dan tidak tegang. Ambil nafas dalam-dalam, tahan sebentar, lalu keluarkan secara perlahan. Pada saat yang sama, lemaskan lengan, bahu, dan tangan kamu. Biarkan semuanya terkulai dan ulang berkali-kali sebelum tampil.

Berlatihlah lebih dulu di depan cermin

5 Cara Ampuh Atasi Rasa Takut dan Gugup Saat Lakukan 'Public Speaking'unsplash.com/Marcos Luiz Photograph

Sering berlatih merupakan kunci untuk menghilangkan rasa takut dan gugup. Berlatihlah di depan cermin atau di depan sahabat-sahabatmu. Selain itu, sering terlibat dalam diskusi atau acara talkshow melalui telepon di radio juga sangat bagus untuk berlatih public speaking.

Perhatikan calon audiens kamu

5 Cara Ampuh Atasi Rasa Takut dan Gugup Saat Lakukan 'Public Speaking'unsplash.com/Clem Onojeghuo

Kalau kamu diwajibkan berbicara di depan karyawan satu divisi misalnya, harusnya itu menjadi hal mudah karena kamu sudah tahu bagaimana karakter-karakter mereka. Tapi, kalau kamu memang sama sekali tak bisa menduga audience yang akan datang, ada baiknya untuk datang lebih awal demi memperhatikan mereka.

Gunakan alat bantu

5 Cara Ampuh Atasi Rasa Takut dan Gugup Saat Lakukan 'Public Speaking'unsplash.com/Jerry Kiesewetter

Kalau rasa gugup sudah sangat menguasai dirimu, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan media sebagai pengalih. Biasanya, banyak orang menggunakan PPT atau memutarkan sebuah video yang akan menarik audience-nya. Dengan begini, kamu akan merasa jika semua mata ternyata tidak tertuju kepadamu.

Tanamkan selalu positive thinking

5 Cara Ampuh Atasi Rasa Takut dan Gugup Saat Lakukan 'Public Speaking'unsplash.com/Thought Catalog

Rasa takut serta kurang percaya diri seringkali muncul karena perasaan khawatir yang berlebihan. Bisa jadi karena khawatir kalau apa yang akan kita sampaikan akan jelek atau tak bisa memuaskan audience,  dan sebagainya. Hilangkan kekhawatiran tersebut dengan berpikir positif dan beranggapan bahwa yang kamu sampaikan akan mampu memengaruhi audience.

Sudah siap menghadapi rasa takut dan gugup untuk berbicara di depan umum, Bela? Rasa takut itu sejatinya bisa berkurang sendiri dengan jam terbang yang tinggi.

 

BACA JUGA : Ini Dia Tips Supaya Kamu Nggak Ragu untuk Menegosiasikan Gajimu