Apa kamu termasuk salah satu orang yang tak cakap dalam mengelola keuanganmu sendiri, Bela? Tak harus pergi berkonsultasi dan membayar financial planner, kamu cukup belajar sendiri dengan membaca salah satu dari lima buku ini. Sebab, cara terbaik jika kamu ingin mengubah kehidupan finansialmu adalah dengan mengedukasi dirimu sendiri tentang bagaimana mengatur keuangan pribadi. Dan cara-cara itu tertuang dalam lima buku di bawah ini.

Financially Fearless, Alexa Von Tobel

 
Buku ini akan membantumu belajar bagaimana menganggarkan atau membuat anggaran yang hemat tanpa harus melepaskan semua hal favoritmu. Alexa von Tobel juga akan mengajakmu menabung mulai saat kamu membaca buku ini. Kamu pun akan dibuat paham tentang betapa pentingnya memiliki tujuan untuk keuangan. Selesai membaca halaman demi halaman, kamu tak akan lagi mendapati uang pribadimu hilang untuk pengeluaran-pengeluaran yang kamu sendiri tak paham kemana ia pergi.

The Money Book for The Young Fabulous and Broke, Suze Orman

 
Buku ini secara spesifik ditujukan kepada para kawula muda. Dari buku ini, kamu akan mengetahui dan memahami segala yang kamu butuhkan untuk memulai perjalanan finansialmu. Mulai dari basis keuangan seperti cara membuat anggaran keuangan yang sederhana, memilah darurat, dan trik untuk bisa membeli mobil dalam waktu yang relatif singkat. Tak perlu khawatir, bahasa yang digunakan dalam buku ini cukup mudah dipahami, sehingga siapapun yang membacanya akan dengan cepat mengetahui apa yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk pengelolaan keuangan pribadi.

The Intelligent Investor, Benjamin Graham

 
Ini buku fenomenal. Bahkan, Warren Buffet, investor terkenal sejagad raya itu ikut mengakui bahwa buku inilah yang memberikannya kerangka kerja dasar dalam berinvestasi. Buku ini menjadi unggul karena upaya Graham dalam menekankan faktor psikologis, perilaku manusia yang sering tampak dalam mengambil suatu keputusan trading atau investasi ketimbang hanya menjelaskan cara menganalisis grafik harga dan kinerja perusahaan yang hanya tampak di permukaan. Kalau ingin mahir berinvestasi, kamu wajib punya buku ini.

I Will Teach You to be Rich, Ramit Sethi

 

Buku ini memiliki semua hal yang kamu butuhkan untuk membuat ide perencanaan keuangan yang tepat. Ada beragam pembahasan yang akan kamu temui di dalamnya. Mulai dari tentang investasi, cara keluar dari lilitan hutan, dan bagaimana meraih kesejahteraan finansial. Meski buku ini sejatinya tidak ditargetkan untuk para pembaca muda, namun bahasa yang digunakan akan sangat dengan mudah dimengerti oleh semua kalangan. Buku ini akan berguna untuk mempengaruhi cara berpikirmu mengenai uang secara keseluruhan.

Rich Dad, Poor Dad, Robert T. Kiyosaki

 
Buku ini sangat menarik dan cukup ringan kamu baca di manapun dan kapanpun. Kalau kamu sedang menyusun jalan menuju kekayaan sejak masih di usia muda, kamu harus membaca buku ini. Dalam bukunya, Kiyosaki mampu membawa faktor pembeda atau kebiasaan ayahnya, yang merupakan seorang pria berpendidikan tinggi namun miskin, dengan ayah lainnya yang putus sekolah tapi menjadi jutawan. Buku ini tak akan mengajarkanmu cara mengatur keuangan, namun buku ini akan lebih memberimu pengetahuan untuk mengubah pola pikirmu tentang keuangan.

Sudah siap mengatur keuangan jadi lebih baik lagi, Bela?

BACA JUGA : Kesalahan Pengelolaan Keuangan yang dilakukan Generasi Millennial