Satu jam tak terasa mendengarkan perbincangan antara Prabowo Subianto dan Deddy Corbuzier, yang langsung menjadi trending nomor satu YouTube dan sudah memiliki lebih dari 7 juta penonton kurang dari 48 jam penayangannya. Banyak sekali pembelajaran penting yang bisa kita terapkan dan telaah dari Menteri Pertahanan ini.

Lalu, apa saja hal baru yang menarik dari Prabowo, disampaikan di podcast tersebut? Ternyata jauh lebih santai ketimbang wawancara di media televisi, mari kita simak, yuk!

1. Impian Deddy Corbuzier tercapai

Di hari konten wawancara dengan Prabowo diunggah, Deddy menaikkan tulisan yang menarik perhatian pengikutnya di Instagram. "Pingin ngobrol sama pak Prabowo bisa gak ya..," tulisnya.

Selang beberapa waktu, ia kembali mengunggah video kehadiran iring-iringan Prabowo memasuki kediamannya. "Untuk pertama kalinya... Mungkin dalam sejarah setelah masa pemilihan... dia mau berbicara... ke pada publik.. Dan kalian akan terkejut!" tulis Deddy dalam bahasa Inggris.

Well, he's right!

2. "...tim kalah, apakah kita gebuk-gebukan? Itu menurut saya adalah IQ yang rendah"

Sebuah Kejutan! Prabowo Subianto Buka Suara di Podcast Deddy CorbuzierJawapos.com

Prabowo Subianto adalah Menteri pertahanan Indonesia. Lelaki kelahiran 17 Oktober 1951 tersebut sudah dua kali mencalonkan diri menjadi Presiden RI, namun jabatan itu masih terus bergulir di pundak Joko Widodo. Deddy pun bertanya mengapa ia mau menerima jabatan Menteri Pertahanan.

"Kita rival dalam suatu kompetisi. Apakah rival dalam suatu kompetisi itu harus jadi lawan?," ujar Prabowo. Ia pun menambahkan, "Satu, beliau ingin jadi presiden, gue ingin jadi presiden. Dia mau jadi presiden untuk apa? Kan, untuk mengabdi, untuk berbakti. Untuk apa? untuk Indonesia, kan? Saya juga begitu. Kalau sama-sama mau mengabdi untuk Indonesia, kok, harus melawan (setelah selesai). Kan, lebih baik dua-duanya kerja sama untuk Merah Putih," tegasnya dengan tutur kata yang tidak terburu-buru.

Sebuah Kejutan! Prabowo Subianto Buka Suara di Podcast Deddy CorbuzierYoutube.com

Dengan lembaran kertas pertanyaan dan jawaban yang ingin ia sampaikan, butuh waktu tak lama sampai kertas itu ia geser dan memilih berbincang dengan lebih santai dengan Deddy. Ia menyadari, ini bukan televisi.

Ia memang meyakini, bahwa di lingkungan Jokowi pun banyak yang tak setuju ia terpilih jadi Menteri Pertahanan. "Nanti dia kudeta lagi!" katanya sambil tertawa. "Muka gue muka kudeta kali, ya!" yang disambut gelak tawa bersama Deddy.

3. Seorang nasionalis yang mengabdi untuk Merah Putih

Sebuah Kejutan! Prabowo Subianto Buka Suara di Podcast Deddy Corbuziersaluran8.com

"Dua kali kan, dia menang lawan saya," cerita Prabowo kepada Deddy. Ia melanjutkan ceritanya ketika berbincang dengan Jokowi. "Saya bilang ke beliau, 'Pak, saya yakin di dalam hati bapak, Merah Putih, Pancasila. Karena itu saya mendukung bapak,'" tambahnya menjelaskan bahwa ketika kalah dalam pemilihan, lebih baik kemudian bersatu untuk berperang bersama.

“Senjata negara kita adalah perlawanan rakyat. Pertahanan seluruh rakyat Indonesia dari zaman dahulu lah yang membuat negara-negara lain segan,” ungkapnya kepada Deddy.

4. Belajar dari pelatihan Taruna

Sebuah Kejutan! Prabowo Subianto Buka Suara di Podcast Deddy Corbuzierinstagram.com/prabowo

Pernah mengenyam Akademi Militer di tahun 70-an, Prabowo mengenang masa-masa pelatihan di daerah-daerah Jawa Tengah yang membuatnya belajar mengenai rasa persatuan dan nasionalisme rakyat Indonesia. Hal itu tergambar dari para penduduk yang menyiapkan minuman teh untuk anggota pelatihan, tanpa paksaan. 

Ia menyadari bahwa saat itu, untuk menyiapkan air panas, penduduk perlu mencari kayu dan mengambil air beberapa kilometer ke dalam hutan, sebelum menyiapkan minuman untuk tentara. 

"Gue mau cerita, nih!" katanya, "Itulah rakyat kita. Artinya, kalau rakyat yang begitu susah hidupnya. Mereka, kayaknya mencintai tanah airnya sehingga tentaranya dia mau dukung dengan jerih payah dia, masak kita yang sudah dikasih pangkat, sudah dikasih kehormatan, malah mau ribut," tambahnya.

"Saya bangga jadi Menteri Pertahanan, bener nggak?" tanya Prabowo yang sepertinya mau tak mau dijawab "iya" oleh Deddy.

5. Alasan akhirnya buka suara setelah jadi Menteri Pertahanan

"Pertahanan itu, mas Deddy, adalah hal yang menyangkut keselamatan negara, keselamatan bangsa. Jadi unsur pertahanan itu sebetulnya rahasia. Sangat rahasia. Jadi, suatu negara pasti ada yang tidak suka dengan negara itu (eksternal). Ini adalah sifat manusia bahwa manusia itu selalu akan merebut sumber daya, merebut kekayaan untuk survive, untuk hidup," jelasnya.

Namun ia menyadari, rakyat perlu tahu informasi soal negara, namun hal ini juga berbenturan dengan perlunya rahasia negara terjaga. Itulah yang menjadi dilema baginya. "Dalam kondisi ini, masalah pertahanan ini menjadi masalah yang heboh beberapa hari terakhir ini," tanggapnya mengenai isu anggaran pertahanan senilai Rp1700 triliun yang rencananya akan dikucurkan oleh Prabowo, namun masih digodok dan belum disetujui.

Lebih lanjut mengenai hadirnya Prabowo di podcast Deddy, mereka berdua pun sangat setuju bahwa betapa besar pengaruh media sosial di kehidupan sekarang ini. “Nyatanya, Deddy lebih populer di sini daripada di TV, makanya gue ke sini,”  kata Pak Prabowo sambil tertawa.

6. Mencalonkan diri sebagai Presiden 2024?

Deddy menanyakan kembali soal jika Pak prabowo menjadi presiden, kira-kira apa yang ingin beliau ubah. Sudah tiga kali ditanyakan namun Beliau menjawab dengan menggiring ke opini dan pesan yang lebih netral.

Pertama, bahwa kehendak dan peran Pak Jokowi sebagai Presiden sudah jelas. Memang birokrasi negara yang masih harus dibenahi. Kedua, soal pertumbuhan negara yang cukup lambat. Masyarakat dan petinggi harus bekerja sama, harus patuh dan punya satu tujuan yang sama sehingga bisa mencapai goal. Ketiga, Tidak apa-apa melihat negara-negara lain sudah maju. “Bukan mengambil ideologinya, tetapi mengambil yang baik-baiknya, yang dapat diterapkan di negara kita,” tukasnya.

7. Bobby, si kucing domestik hits milik Prabowo

Sebuah Kejutan! Prabowo Subianto Buka Suara di Podcast Deddy CorbuzierIdntimes.com

Sudah cukup sepertinya membahas hal-hal yang serius, pada menit terakhir Deddy menanyakan soal mengapa kucing peliharaan Prabowo yang bernama Bobby mempunyai akun Instagram sendiri.

“Aku ini penyayang binatang,” jawab Pak Prabowo sambil mengatakan kucingnya lucu namun juga kurang ajar. Beliau lanjut bercerita tentang Bobby yang datang sendiri ketika rumah direnovasi lalu tak mau pergi, lalu sekarang merasa menjadi bos di rumah tersebut. Deddy sampai bertanya "Dia tahu nggak sih, kalau dia itu kucing pak Prabowo?".

Apakah kamu juga punya akun Instagram binatang peliharaanmu seperti Prabowo? Coba simak saja kelanjutan serunya wawancara Deddy Corbuzier dengan Prabowo Subianto di bawah ini, ya.

https://www.youtube.com/embed/lGsp7GCDiDU

Baca Juga: Respon KPI Usai Kontroversi Luna Maya & Deddy Corbuzier di INTM

Baca Juga: Video Delapan Bulan Lalu Ini Jadi Bukti Deddy Corbuzier Pelajari Islam

Baca Juga: 10 Momen Keakraban Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto