Sejak tahun 1949, bulan Mei diperingati sebagai Bulan Kesadaran Kesehatan Mental di Amerika Serikat. Namun, baru beberapa tahun terakhir masalah kesehatan mental menjaring perhatian yang lebih luas di masyarakat Indonesia sendiri. 

Dalam daftar pilihan film kali ini, kamu akan menemukan film yang membahas berbagai masalah kesehatan mental—dari skizofrenia hingga perjuangan melawan rasa resah untuk berinteraksi secara sosial. Meskipun bukan aturannya, terkadang Hollywood memperlakukan subjek dengan akurasi yang layak, sambil tetap memberikan hiburan berkualitas.

Berikut adalah 7 rekomendasi film hollywood tentang kesehatan mental yang pernah dibuat:

1. Silver Linings Playbook (2012)

https://www.youtube.com/embed/kVS-6k2tQAA

David O. Russell membuat mahakarya berlatar kota Pennsylvania, tentang dua pribadi  kacau balau yang saling menyembuhkan karena cinta. Karya ini didedikasikan untuk putranya, yang menderita gangguan bipolar dan OCD. Perpaduan yang luar biasa dari komedi, drama dan kisah cinta yang mengharukan, Silver Linings Playbook berjalan di atas tali tematis. Di sini, Jennifer Lawrence mendapatkan penghargaan Oscar sebagai Aktris Terbaik.

2. Melancholia (2011)

https://www.youtube.com/embed/wzD0U841LRM

Melancholia adalah sebuah film drama fiksi yang ditulis dan disutradarai oleh Lars von Trier dan dibintangi oleh Kirsten Dunst, Charlotte Gainsbourg, Kiefer Sutherland, serta Alexander Skarsgård. Cerita film ini berkisah tentang dua saudara perempuan, salah satunya sedang bersiap-siap untuk menikah sebelum sebuah planet akan bertabrakan dengan Bumi.

Melancholia ditayangkan perdana pada 18 Mei 2011 di Festival Film Cannes ke-64, di mana film tersebut dipuji secara kritis dan Kirsten Dunst menerima Penghargaan Aktris Terbaik di festival itu. 

3. The Virgin Suicides (1999)

https://www.youtube.com/embed/YRPXQ3XcpKc

Berdasarkan novel dari penulis Jeffrey Eugenides, film ini menceritakan tentang lima saudara perempuan remaja yang dikurung oleh orangtua religius mereka setelah salah satu dari mereka melakukan bunuh diri. The Virgin Suicides adalah sebuah film drama Amerika Serikat tahun 1999, yang ditulis dan disutradarai oleh Sofia Coppola dan diproduksi bersama oleh Francis Ford Coppola. Film ini dibintangi oleh aktris dan aktor dalam masa keemasan mereka, seperti James Woods, Kathleen Turner, Kirsten Dunst, AJ Cook dan Josh Hartnett.

Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Cannes 1999. Juga pada tahun 2015, film tersebut menempati peringkat ke-39 dalam daftar "50 Film Sekolah Menengah Terbaik" Entertainment Weekly.

4. Benny & Joon (1993)

https://www.youtube.com/embed/LlmtpC2sRC8

Benny & Joon adalah film komedi romantis yang dirilis oleh Metro-Goldwyn-Mayer tentang bagaimana dua individu eksentrik, Sam (Johnny Depp) dan Juniper "Joon" (Mary Stuart Masterson), menemukan satu sama lain dan jatuh cinta.

Film ini disutradarai oleh Jeremiah S. Chechik.Benny & Joon berlokasi di Spokane, Washington, sedangkan adegan kereta api pada awal film diambil di dekat Metaline Falls, Washington. 

5. Girl, Interrupted (1999)

https://www.youtube.com/embed/qHeqq6b6Vtw

Sungguh, film ini sukses menginterupsi 'kenyamanan' Hollywood dalam menyajikan film-film bertema girl next door, white picket fence American family kala itu. Girl, Interrupted adalah sebuah film drama psikologi yang disutradarai oleh James Mangold dan dibintangi oleh Winona Ryder, Angelina Jolie, Clea DuVall, Brittany Murphy, Whoopi Goldberg, Elisabeth Moss, Angela Bettis, Vanessa Redgrave, dan Jared Leto.

Berdasarkan memoar Susanna Kaysen dengan nama yang sama, film ini mengikuti seorang perempuan muda yang setelah melalui upaya bunuh diri, menghabiskan 18 bulan di rumah sakit jiwa antara tahun 1967 dan 1968.

Angelina Jolie menerima pujian kritis, memenangkannya Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik, Golden Globe Award untuk Aktris Pendukung Terbaik, serta Screen Actors Guild Award untuk Penampilan Luar Biasa oleh Aktor Wanita dalam Peran Pendukung.

6. Memento (2000)

https://www.youtube.com/embed/HDWylEQSwFo

Sebuah film yang akan sedikit mengernyitkan dahimu, but it's all worth it. Memento adalah sebuah film thriller psikologi neo-noir yang ditulis dan disutradarai oleh Christopher Nolan dan diproduksi oleh Suzanne serta Jennifer Todd. Guy Pearce berperan sebagai seorang pria yang cedera dan mengalami amnesia anterograde (ketidakmampuan untuk membentuk ingatan baru) dan kehilangan ingatan jangka pendek kira-kira setiap lima belas menit.

Memento menerima banyak penghargaan, termasuk nominasi Oscar untuk Skenario Asli Terbaik dan Penyuntingan Film Terbaik. Film ini sekarang secara luas dianggap sebagai salah satu karya terbaik Nolan dan salah satu film terbaik tahun 2000-an.

7. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

https://www.youtube.com/embed/yE-f1alkq9I

Eternal Sunshine of the Spotless Mind adalah sebuah film drama Amerika tahun 2004 yang ditulis oleh Charlie Kaufman dan disutradarai oleh Michel Gondry. Film ini mengikuti pasangan yang telah menghapus satu sama lain dari ingatan mereka.

Para pemain di film ini termasuk Jim Carrey, Kate Winslet, Kirsten Dunst, Mark Ruffalo, Elijah Wood dan Tom Wilkinson. Eternal Sunshine of the Spotless Mind ini menggunakan unsur thriller psikologis, fiksi ilmiah dan narasi non-linier untuk mengeksplorasi sifat memori dan cinta romantis.

Mana film yang mau kamu tonton terlebih dahulu, Bela?

Baca Juga: Sedih Banget, 9 Film Korea Ini Bisa Membuatmu Banjir Air Mata

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Thriller Korea yang Bikin Merinding dan Deg-Degan

Baca Juga: Musim Panas 2021 Dipadati Film Box Office Penuh Fantasi, Apa Saja?