Baru-baru ini, aespa mengejutkan penggemar dengan tampil di Forum Politik Tingkat Tinggi (HLPF) PBB. Forum tersebut diagendakan pada 5 Juli 2022 jam 9 pagi waktu setempat di Aula Majelis Umum di New York, Amerika. 

Kehadiran aespa di forum tersebut untuk menyampaikan pidato bertajuk 'Next Generation to The Next Level', serta menunjukkan pengaruh global mereka di luar negeri. Di forum tersebut, lagu "Next Level" turut diputar di forum tersebut

Bagaimana momen-momen aespa menyampaikan pidato? Apa isi pidato aespa yang menyentuh tersebut di Forum Politik Tingkat Tinggi (HLPF) PBB? Cari tahu selengkapnya di bawah ini. 

Mengambil tema pembangunan berkelanjutan

Tampil di Forum Politik PBB, aespa Sampaikan Pesan Bermakna IniTwitter.com/SMTOWNGLOBAL

Forum yang dihadiri oleh keempat anggota aespa adalah United Nations High Level Political Forum on Sustainable Development atau disingkat menjadi HLPF. Tema yang diangkat oleh HLPF tahun 2022 ini tentang pembangunan berkelanjutan pasca pandemi COVID-19. 

aespa secara unik mengaitkan tema dengan konsep metaverse. Giselle menjadi anggota pertama yang berpidato dalam forum tersebut. 

"Kami merasa terhormat berada di sini hari ini. Grup kami, aespa secara unik bergerak antara realitas dan realitas virtual. Kami ada di sini di dunia nyata, dan empat anggota avatar kami berada di dunia maya. Bersama-sama, kami disebut sebagi grup K-Pop perempuan metaverse," ungkap Giselle saat membuka pidato di forum politik PBB. 

Pembangunan metaverse selaras dengan pembangunan di dunia nyata

Tampil di Forum Politik PBB, aespa Sampaikan Pesan Bermakna IniTwitter.com/SMTOWNGLOBAL

Lebih lanjut, Giselle menekankan bahwa orang-orang lebih memperhatikan pembangunan dunia metaverse yang lebih baik. Ia merasa hal itu melampaui banyak batasan seperti realitas dan realitas virtual, waktu dan ruang, genre dan generasi. 

"Saat metaverse berakselerasi, kita harus mengajukan pertanyaan: 'Apakah kita bekerja sama kerasnya untuk menciptakan dunia nyata sebaik mungkin?'" tandas Giselle. 

Giselle mengharapkan pembangunan metaverse dapat selaras dengan pembangunan di dunia nyata.

"Metaverse mencerminkan kenyataan. Jika realitas kita sendiri tidak berkelanjutan, maka akan sulit untuk mempertahankan kemungkinan dunia maya. Tanpa ekosistem yang berkelanjutan atau kesempatan yang sama untuk kehidupan yang berkualitas, maka tidak akan ada dunia nyata untuk dicerminkan," tambah Giselle. 

Berharap generasi berikutnya bisa melindungi bumi sebagai tempat tinggal

Saat ini, pertumbuhan penduduk yang tinggi dan kondisi bumi yang kian mengkhawatirkan menjadi fokus utama aespa berbicara di Forum Politik Tingkat Tinggi PBB.

"Topik pembangunan berkelanjutan sangat mendesak. Kami percaya bahwa generasi berikutnya harus mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan demi melindungi dunia sebagai tempat tinggal," pungkas Giselle. 

Giselle menekankan bahwa aespa akan terus terhubung dengan generasi berikutnya melalui musik dan mereka akan bekerja untuk mewakili tujuan berkelanjutan dalam dunia nyata dan tentu saja, di dunia metaverse juga. 

Karina menutup pidato dengan ucapan terima kasih

Tampil di Forum Politik PBB, aespa Sampaikan Pesan Bermakna IniTwitter.com/SMTOWNGLOBAL

Terakhir, Karina sebagai pemimpin aespa turut menambahkan pidato dan menutupnya dengan ucapan terima kasih dan rasa hormat kepada pihak-pihak yang telah mendukung aespa. 

"Sekali lagi, terima kasih telah menerima kami. Kami merasa terhormat berada di sini untuk membahas topik yang sangat penting bagi generasi berikutnya. Sekarang, kami akan menampilkan lagu kami yang berjudul "Next Level". Kami harap Anda dapat menikmatinya. Terima kasih," tutup Karina.

Pidato yang disampaikan oleh aespa di Forum Politik Tingkat Tinggi PBB sangat menyentuh hati publik. Sontak, #aespaAtUnitedNations memenuhi lini masa Twitter dengan menyentuh 90,5 ribu cuitan.  

Kehadiran mereka di forum PBB sebagai sosok idola yang dikagumi diharapkan membangkitkan semangat generasi berikutnya dalam menjaga keberlangsungan hidup manusia di masa depan. 

https://www.youtube.com/embed/5NVQVYzBsM8

Baca Juga: Baru Gelar Showcase, aespa Akan Tampil di 'GMA Summer Concert 2022'

Baca Juga: Selain BTS, 5 Artis Hollywood Ini Pernah Tampil di Sidang Umum PBB

Baca Juga: Hadiri UNGA 2021, Ini Pesan-Pesan yang Disampaikan BTS