Dalam hidup, apa sebenarnya makna 'bebas' bagimu? Setiap orang mengartikannya berbeda. Hal ini yang berusaha dikembangkan penulis drama Korea My Liberation Notes, dalam bentuk alur cerita. 

Tanpa romansa berlebih, My Liberation Notes menyihir penikmat drama dengan kisah tiga saudara kandung, yang punya permasalahan hidup masing-masing. Drama tersebut baru tayang di Netflix dan JTBC. 

My Liberation Notes dibintangi oleh Kim Ji Won, Lee El, Lee Min Ki, dan Son Seok Koo. Selain chemistry para pemain yang ciamik, apa yang membuat My Liberation Notes layak ditonton? Bagi kamu yang ragu untuk menonton, cek alasan menariknya di sini. 

1. Mempunyai vibes mirip drama My Mister

Sedang Tayang, 6 Alasan 'My Liberation Notes' Tidak Boleh DilewatkanHancinema.net

Pertama kali melihat poster My Liberation Notes, mungkin mengingatkan kamu akan vibes dari poster drama Korea My Mister, yang dibintangi oleh IU dan Lee Sun Kyun (2018). Ternyata, penulis naskah dari keduanya drama ini merupakan orang yang sama, yakni Park Hae Young.

Kepiawaian Park Hae Young dalam meramu naskah terlihat sejak menit-menit awal drama. Penonton diperkenalkan dengan satu per satu karakter utama melalui dialog dan adegan yang menyentuh hati.

Tanpa perlu waktu lama, sifat masing-masing karakter terlihat beserta kegelisahan yang mereka alami. Kolaborasi Park Hae Young dengan Kim Suk Yoon sebagai sutradara menyuguhkan eksekusi drama yang tepat, tidak terburu-buru, namun juga tidak terlalu lambat. 

2. Menggambarkan kehidupan orang dewasa

Sedang Tayang, 6 Alasan 'My Liberation Notes' Tidak Boleh DilewatkanHancinema.net

Berkisah tentang keluarga Yeom yang menetap di Desa Sanpo, masing-masing karakter di My Liberation Notes memiliki masalah hidup masing-masing. Kadang diungkapkan, kadang mengendap di pikiran. 

Ada Yeom Ki Jung (Lee El), anak sulung yang punya masalah emosi dan berusaha menemukan cintanya. Lalu, Yeom Chang Hee (Lee Min Ki), anak tengah yang bosan tinggal di desa.

Dan, Yeom Mi Jung (Kim Ji Won), anak bungsu yang pendiam dan kesepian. Terakhir, ada orang asing yang menamai dirinya sebagai Goo (Seon Seok Ku) dengan kepribadian misterius dan ketergantungan alkohol. 

Aktris Lee El mengungkapkan jika alur cerita drama ini sangat dekat dengan kehidupan orang dewasa. Adegan demi adegan memperlihatkan emosi mereka yang mendalam, seraya menerawang kehidupan yang ada dalam layar, seolah mirip dengan kehidupan kita saat ini. 

3. Banyak kutipan yang melekat di hati

Sedang Tayang, 6 Alasan 'My Liberation Notes' Tidak Boleh DilewatkanHancinema.net

Sepanjang episode, penonton akan disuguhkan dengan berbagai realitas hidup dari para karakter. Setiap adegan pun menghadirkan kutipan yang melekat di hati. Seperti salah satu kutipan yang diutarakan Yeom Mi Jung (Kim Ji Won):

"Berhubungan dengan orang lain bagai pekerjaan untukku."

Dialog tersebut menyadarkan penonton tentang sosok introvert, yang selama ini dianggap enggan bergaul dan asyik dengan dunianya sendiri. Padahal di sisi lain, sosok introvert lebih cepat menyerap energi saat berhubungan dengan orang lain. 

Tak mengherankan jika berada di keramaian atau berhubungan dengan orang lain sangat  melelahkan sama seperti yang Yeom Mi Jung ratakan. Sosok introvert memulihkan dirinya dengan berdiam di kamar atau melakukan aktivitas yang nyaman, tanpa diganggu oleh orang sekitar. 

4. Menghadirkan sinematografi yang menyegarkan

Sedang Tayang, 6 Alasan 'My Liberation Notes' Tidak Boleh DilewatkanHancinema.net

Berbicara drama Korea, tak lengkap rasanya jika membahas tentang aspek sinematografi dari drama ini. My Liberation Notes berhasil menyuguhkan pemandangan alam yang menyegarkan mata dengan latar tempat, Desa Sanpo. 

Bahkan, musik latar yang mengiringi adegan demi adegan disalurkan secara tepat dan efektif. Tim produksi mengemasnya dengan sangat baik, sehingga penonton dapat merasakan suasana hangat nan menenangkan di tengah konflik hidup para karakternya.

5. Menyoroti proses pendewasaan setiap orang

Sedang Tayang, 6 Alasan 'My Liberation Notes' Tidak Boleh DilewatkanHancinema.net

My Liberation Notes juga menyoroti proses pendewasaan dan menyelipkan pesan halus di setiap adegan. Pemikiran unik ini yang membuat Kim Ji Won tertarik memerankan karakter Yeom Mi Jung. Usia boleh bertambah, tetapi dewasa bukan soal angka.

Melainkan, pendalaman karakter tentang sebuah beban yang dipikul, keputusan hidup yang dipertimbangkan, menghadapi rasa sakit dan kekecewaan. Setidaknya, satu dari semua yang hal itu pernah dirasakan. 

Selama proses pendewasaan, banyak hal pahit yang akan dikenang dengan senyuman. Namun, ini akan menjadi momen berharga saat bisa melewatinya. Oleh karena itu, My Liberation sangat cocok untuk kamu yang tengah berjuang.  

6. Menghadirkan romansa berbeda

Sedang Tayang, 6 Alasan 'My Liberation Notes' Tidak Boleh DilewatkanHancinema.net

Sama seperti kisah My Mister, kisah romansa antara perempuan muda dengan laki-laki yang lebih tua juga terjadi di drama ini. Hubungan unik di My Mister sempat mendapat tentangan dari warganet, tetapi untuk My Liberation Notes, ini menjadi poin yang menarik.

Karakter Yeom Mi Jung (Kim Ji Won) akan mempunyai hubungan unik dengan Mr. Goo. Ia tertarik dengan sosok misterius laki-laki tersebut saat Mr.Goo membantu di sekitar rumah keluarga Yeom.

Romansa tipis-tipis ini didukung dengan latar belakang Desa Sanpo yang menyejukkan.  Sosok tertutup, Kim Mi Jung, bertemu sosok misterius seperti Mr.Goo, tentu menambah rasa penasaran penonton akan akhir dari relasi keduanya. 

Rasanya, deretan alasan di atas sudah cukup menyakinkan kamu untuk menonton My Liberation Notes. Akting brilian dari para pemain juga sangat menjanjikan, tertarik untuk memasukkan drama ini ke daftar tontonan, Bela?

Baca Juga: 7 Fakta 'Our Blues', K-Drama Baru yang Siap Temani Kamu Tiap Minggu

Baca Juga: Temukan 5 Fakta Menarik Serial 'Grid' dari Mata Sang Penulis Skenario

Baca Juga: D.O. EXO Akan Jadi Jaksa di Drama Korea Terbaru