Digarap mengesankan oleh sutradara Ryoo Seung Wan, Escape from Mogadishu telah menjadi bahan pembicaraan, jauh sebelum film resmi ditayangkan.

Awalnya, film ini mendapat sorotan dari publik karena munculnya suara azan dalam trailer video yang dirilis. Lalu, film ini juga menyuguhkan pengambilan gambar dan alur cerita yang sangat berkualitas dan terasa nyata. Tak mengherankan apabila Escape from Mogadishu masuk ke dalam film dengan biaya produksi tertinggi. 

Berkat kualitasnya tersebut, Escape from Mogadishu sukses memboyong beberapa penghargaan sekaligus, di ajang Buil Awards 2021. Bahkan, beberapa kritikus film juga menyarankan untuk menonton Escape from Mogadishu

Lantas, apa alasan yang membuat Escape from Mogadishu layak menjadi tontonan menarik bagi penikmat film Korea Selatan? Intip alasan terbaiknya di bawah ini, Bela.

1. Alur cerita berdasarkan kisah nyata

Menang di BIFF 2021, 5 Alasan 'Escape From Mogadishu' Wajib DitontonHancinema.net

Berlatar belakang tentang perang saudara yang terjadi di Somalia, alur cerita dari Escape from Mogadishu ternyata berdasarkan dari kisah nyata ketika para pejabat di Kedutaan Besar Korea Selatan dan Korea Utara bekerja sama untuk melarikan diri dari negara tersebut. 

Dalam film ini, kamu dapat melihat upaya dari Korea Selatan dan Korea Utara yang kerap berseteru, justru akhirnya bersatu dan saling tolong-menolong demi menyelamatkan orang-orang dalam Kedutaan dari situasi yang mencekam. 

2. Diperankan oleh Jo In Sung

Menang di BIFF 2021, 5 Alasan 'Escape From Mogadishu' Wajib DitontonHancinema.net

Saat menonton film Escape from Mogadishu, kamu tidak hanya akan merasakan ketegangan yang terjadi. Namun, kamu juga dapat melihat kepiawaian Jo In Sung dalam memerankan karakter Kang Dae In, yang merupakan anggota dewa di Kedutaan Besar Korea Utara di Mogadishu.

Ia beradu akting dengan aktor senior, Kim Yoon Seok dan Huh Joon Ho. Bersama karakter Kim Yoon Seok, Jo In Sung memimpin misi penyelamatan orang-orang Kedutaan Korea Selatan dan Korea Utara dari situasi konflik di Somalia.

3. Memboyong enam piala di Buil Film Awards 2021

Menang di BIFF 2021, 5 Alasan 'Escape From Mogadishu' Wajib DitontonHancinema.net

Berkualitas dari segi pengambilan gambar, alur cerita, hingga para pemain membuat Escape from Mogadishu sukses membawa pulang enam piala dari acara Buil Film Awards 2021 yang digelar pada 7 Oktober 2021. Film yang dibintangi oleh Jo In Sung ini memenangkan beberapa kategori:

  • Film Terbaik (Ryoo Seung Wan) 
  • Skenario Terbaik (Ryoo Seung Wan, Lee Gi Chul )
  • Aktor Pendukung Terbaik (Heo Joon Ho)
  • Bintang Pria Populer (Jo In Sung)
  • Cinematografi Terbaik (Choi Young Hwan)
  • Musik Terbaik (Bang Joon Suk)

4. Masuk ke dalam daftar film box office Korea

Menang di BIFF 2021, 5 Alasan 'Escape From Mogadishu' Wajib DitontonHancinema.net

Meski menelan biaya produksi sangat tinggi, namun sebanding dengan hasil yang dicapai oleh Escape from Mogadishu saat ini. Saat film ini resmi tayang, Escape from Mogadishu masuk ke dalam daftar film box office Korea Selatan. 

Berdasarkan data Korean Box Office Information System (KOBIS), Escape from Mogadishu berhasil meraih pendapatan hingga 28,7 juta dollar Amerika atau setara Rp408,9 miliar rupiah.

Bahkan, Escape from Mogadishu menjadi film terlaris pada 2021 yang mencapai 300 juta penonton terakumulatif dan berhasil mengumpulkan 160 ribu penonton selama akhir pekan pada Agustus 2021 berdasarkan data Korean Film Council

5. Mewakilkan Korea Selatan di Piala Oscar 2022

Menang di BIFF 2021, 5 Alasan 'Escape From Mogadishu' Wajib DitontonHancinema.net

Tak hanya memboyong piala dan masuk box office, tetapi Escape from Mogadishu juga dikabarkan akan mewakilkan Korea Selatan di ajang penghargaan Academy Awards atau yang lebih dikenal Piala Oscar tahun 2022. 

Dewan Film Korea (KOFIC) telah memilih film ini dari enam film lainnya untuk kategori film Fitur Internasional Terbaik di Piala Oscar ke-94. Dalam penghargaan Oscar, setiap negara memang diminta untuk mengirimkan satu film terbaiknya sebagai perwakilan resmi negara tersebut. 

"Diangkat dari kisah nyata,Escape from Mogadishu sangat mengesankan penonton dengan aksi dan ketegangan yang berkualitas, dipadu dengan kisah dramatis dari ketegangan dan kerja sama antar-Korea. Rasanya, tak salah memilih film ini bersaing dengan film dari negara lain di Piala Oscar tahun depan."

Sebelumnya, film Parasite yang dipilih mewakilkan Korea Selatan dalam ajang Piala Oscar berhasil meraih beberapa piala penghargaan. Kini, giliran Escape From Mogadishu yang membuktikan kualitasnya di gelaran Oscar ke-94. 

Nah, itulah alasan Escape From Mogadishu wajib ditonton oleh para penikmat film. Tak hanya bertabur penghargaan dan pemeran terbaik, tetapi film ini juga memperlihatkan sisi kemanusiaan dalam perang saudara yang terjadi di Somalia. Apakah kamu sudah menontonnya, Bela?

Baca Juga: Ini 20 KDrama & 20 Film Korea yang Paling Banyak Disebut di Twitter

Baca Juga: Rilis Tahun 2021, Ini 10 Film Korea Terbaru yang Bakal Bikin Berdebar

Baca Juga: Miliki Rating Tinggi, Ini 12 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa