Setiap tahunnya, drama Korea selalu menyuguhkan tema yang beragam, salah satunya menyoroti dunia kepolisian yang penuh intrik dan teka-teki. Kerap berhubungan dengan kisah pembunuhan, pencurian, orang hilang, hingga korupsi, membuat drama Korea bertema kepolisian sangat menarik untuk ditonton. 

Pasalnya, drama Korea bertema kepolisian ini seperti mengajak penonton turut serta dalam memecahkan kasus yang tak terungkap selama puluhan tahun. Tak hanya diajak berpikir, tetapi drama Korea juga menyelipkan kisah nyata dalam pengembangan alur ceritanya. 

Ditunjang plot twist dan para pemeran yang menarik, beberapa drama Korea terbaik bertema kepolisian ini sukses memperoleh rating tertinggi. Nah, berikut rekomendasi drama Korea terbaik bertema kepolisian yang telah Popbela siapkan untukmu. 

1. You're All Surronded (2014)

https://www.youtube.com/embed/7tlWU0vgxTY

Diperankan oleh Lee Seung Gi, Cha Seung Woon dan Go Ara, You're All Surrounded menjadi salah satu drama Korea terbaik bertema kepolisian di tahun 2014. Berkisah tentang empat detektif baru, yakni Eun Dae Koo (Lee Seung-Gi), Eu Soo-Sun (Go Ara), Park Tae-Il (Ahn Jae-Hyeon), dan Ji Kook (Park Jung-Min). 

Keempat detektif pemula ini ditugaskan di kantor kepolisian Gangnam dalam tim tiga di bawah komando kepala investigasi, Seo Pan Seok (Cha Seung Won) yang dikenal sebagai sosok yang agak ceroboh. 

Tanpa terduga, ada kisah masa lalu yang membuat Eun Dae Koo (Lee Seung-Gi) ingin membalas dendam terhadap apa yang telah dilakukan kepala investigasinya itu saat itu. Meski bertema kepolisian, namun You're All Surrounded hadir dengan aksi kocak, menghibur, dan terselip kisah romantis antara Eun Dae Koo dengan Eu Soo Sun, lho. 

2. Signal (2016)

https://www.youtube.com/embed/JnX9ctyNrAI

Apa jadinya berkomunikasi dengan orang di masa lalu demi menangkap penjahat yang masih berkeliaran? Namun, inilah premis yang sebenarnya dihadirkan dalam drama Korea, Signal yang dibintangi oleh Lee Je Hoon, Kim Hye Soo, dan Cho Jin Woong. 

Terinspirasi dari kisah nyata tentang kasus pembunuhan berantai di kota Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan dari tahun 1986 hingga tahun 1991. Signal mengisahkan seorang polisi berpangkat letnan bernama Hae Young (Lee Je Hoon). Ia memiliki kepribadian sulit memercayai orang lain karena kisah masa lalunya yang kelam. 

Suatu hari, Hae Young bertemu dengan detektif veteran, Soo Hyun di sebuah kafe. Berawal dari kesalahpahaman, Hae Young malah terhubung dengan seseorang di masa lalu lewat medium walkie talkie.

Bersama Soo Hyun dan seseorang di masa lalu, Hae Young menyelesaikan kasus pembunuhan tak terungkap itu. Dibumbui dengan genre fantasi membuat Signal semakin seru dan menarik untuk ditonton. 

3. Voice (2017)

https://www.youtube.com/embed/hFQazVSTQF4

Kehilangan seseorang yang dicintai karena dibunuh memang pukulan telak bagi siapa pun. Hal itu pula yang dirasakan oleh Moo Jin Hyuk (Jang Hyuk) di mana dirinya merasa gagal melindungi sang istri, padahal ia seorang detektif dalam drama Korea berjudul Voice

Sejak kejadian mengenaskan itu, Jin Hyuk berusaha mencari tahu siapa pembunuh istrinya. Sementara, Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) baru lulus dari akademi kepolisian dengan cum laude. Ia bertugas di Pusat Panggilan Darurat 112 dan di saat bersamaan, ia harus kehilangan sang ayah dengan cara yang brutal. 

Sama-sama kehilangan orang tersayang, Jin Hyuk dan Kwon Joo bertemu dan menjadi rekan setim untuk membongkar berbagai kasus kejahatan, termasuk mencari tahu sosok yang bertanggung jawab atas kematian orang yang mereka sayangi.  

Dengan akting dan skrip naskah yang keren, Voice menjadi drama Korea bertema kepolisian yang telah digarap lebih dari dua musim. Rencananya, Voice akan kembali hadir dengan musim kelima. 

4. Tunnel (2017)

https://www.youtube.com/embed/p82a5KZswCQ

Serupa dengan kisah Signal yang terinspirasi dari kasus pembunuhan Hwaseong, drama Korea berjudul Tunnel juga mengangkat kisah yang sama. Namun, Tunnel tak menggunakan medium walkie talkie sebagai alat untuk menyikap kebenaran kasus buntu tersebut. 

Premis terbesar Tunnel lebih berfokus pada time jumper atau seni menjelajah waktu. Diperankan oleh Choi Jin Hyuk, ia memerankan karakter detektif bernama Park Gwang Ho yang hidup di tahun 1986. Saat itu, ia tengah menangkap tersangka pembunuhan di sebuah terowongan.

Secara tak terduga, Gwang Ho malah memasuki zona waktu yang berbeda. Namun, kasus pembunuhan berantai tetap berlanjut hingga tiga puluh kemudian. Bersama Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min) dan Shin Jae Yi (Leee Yoo Young), Gwang Ho berupaya menangkap pembunuh yang masih berkeliaran. 

5. Mad Dog (2017)

https://www.youtube.com/embed/vM3-ooRbDA4

Menghadirkan genre kriminal dan investigasi, Yoo Ji Tae berperan sebagai mantan polisi bernama Choi Kang Woo. Ia merupakan tipikal orang pekerja keras dan tak akan melepaskan apa pun yang ada di genggamannya. 

Sebuah kecelakaan pesawat yang melibatkan istri dan anaknya menjadi asal muasal terbentuknya tim investigator asuransi yang diberi nama Mad Dog dan dikepalai oleh Kang Woo.

Tim tersebut terdiri dari Kim Min Joon, seorang peretas andal sekaligus saudara laki-laki dari korban kecelakaan lain di pesawat tersebut, serta Jang Ha Ri (Ryu Hwa Young), mantan pesenam yang tergabung di tim tersebut dan memiliki spesialisasi mengubah karakter. 

Bersama tim Mad Dog, Kang Woo mengusut tuntas kasus penipuan asuransi yang berujung pembunuhan. Alur cerita Mad Dog semakin seru karena dibumbui dengan aksi laga dari Yoon Ji Tae dan kasus yang berdatangan ke mereka selalu bikin penasaran. 

6. Two Cops (2018)

https://www.youtube.com/embed/CSHIge1wqm8

Berunsur komedi-fantasi, drama Korea yang dibintangi oleh Jo Jung Suk, Kim Seon Ho, dan Lee Hyeri menceritakan kisah seorang polisi bernama Cha Dong Tak (Jo Jung Suk) yang bertukar jiwa dengan seorang penipu, Gong Soo Chang (Kim Seon Ho). 

Awal mula pertukaran jiwa mereka cukup unik karena Soo Chang baru saja keluar dari penjara dan dituduh sebagai pembunuh. Dong Tak yang dikenal sebagai polisi emosional dan serampangan sangat ingin menangkapnya. Tapi, keduanya malah tercebur ke Sungai Han dan koma hingga empat puluh sembilan hari. 

Dalam drama Korea Two Cops, kamu bisa melihat akting keren dari Jo Jung Suk yang dapat menampilkan karakter berbeda di waktu bersamaan. Tak lupa, paras tampan Kim Seon Ho turut menghiasi drama ini. Jadi semakin ciamik untuk menontonnya, nih!

7. Life on Mars (2018)

https://www.youtube.com/embed/nBfKn188dmE

Umumnya, drama Korea bertema kepolisian hadir dengan alur cerita yang berat dan mencekam. Namun, berbeda dengan kisah dari drama yang dibintangi oleh Jung Kyung Jo, Go Ah Sung, Park Sung Woong, dan Kim Jae Kyung ini. 

Meski salah satu kasusnya diangkat dari kisah pembunuhan cat kuku, Life on Mars sukses menyuguhkan jalan cerita yang sederhana, kocak dan menyenangkan untuk ditonton. Dibumbui seni menjelajah waktu dan kasus pembunuhan berantai, Han Tae Joo (Jung Kyung Ho) merupakan seorang detektif mengalami kecelakaan saat ia tengah berusaha menangkap seorang tersangka pembunuhan.

Saat terbangun, ia sudah terlempar ke zona waktu yang berbeda, yakni 1988. Tae Joo pun dibawa ke kantor kepolisian di masa itu dan bertemu dengan rekan timnya yang lain. Ia pun berusaha keluar dari dimensi tersebut, dengan catatan Tae Joo harus memecahkan kasus kejahatan hingga tuntas.

8. My Fellow Citizens (2019)

https://www.youtube.com/embed/cuOFOh_rP70

Masih berunsur komedi, drama Korea bertema kepolisian yang dibintangi oleh Choi Siwon ini mengangkat kisah tentang seorang penipu bernama Yang Jung Gook. Ia selalu berhasil lolos dari jeratan polisi. 

Tapi suatu hari, pacar Yang Jung Gook membawa kabar uang hasil penipuan dan Jung Gook memilih melepas kekesalannya dengan pergi ke bar. Di tempat itu, ia bertemu dengan Kim Min Young yang mengaku sebagai karyawan di perusahaan. 

Seperti biasa, Jung Gook memperlihatkan kelihaiannya dalam menipu. Saat berkenalan dengan Min Young, Jung Gook mengaku sebagai pebisnis. Mereka pun terlibat hubungan asmara dan menikah. Saat hari pernikahan, Jung Gook baru mengetahui profesi sesungguhnya sang istri

9. Rugal (2020)

https://www.youtube.com/embed/ovD1Lmnibu4

Diadaptasi dari webtoon tahun 2016 dengan judul sama karya Rel.mae, Rugal sukses membius penonton dengan kisah dan sinematografi yang keren. Diarahkan oleh Kang Chul Woo, drama Korea ini berkisah tentang Kang Ki Beom (Choi Jin Hyuk), detektif andal yang kalah telak dari organisasi kejahatan bernama Argos. 

Dalam perlawanannya menumpas kejahatan, Ki Beom harus kehilangan istri dan kedua matanya. Ia sempat berpikir akan mati sia-sia, namun Choi Geum Cheol (Kim Min Sang), pendiri tim khusus bernama Rugal di bawah kendali NIS (National Intelligence Service) berhasil menyelamatkan Ki Beom. 

Lewat bantuan Rugal, Ki Beom berhasil mendapatkan penglihatannya kembali, disertai kemampuan khusus. Tak ingin kematian sang istri sia-sia, Ki Beom yang masih menaruh dendam terhadap Argos mulai menyusun rencana untuk membasminya.  

10. Mouse (2021)

https://www.youtube.com/embed/iuFYtb9J2AY

Berkisah tentang pembunuhan berantai yang dilakukan oleh seorang psikopat dan dijuluki sebagai Head Hunter (Ahn Jae Wook). Sebelum ditangkap, Head Hunter menikah dengan seorang perempuan dan tengah hamil seorang bayi laki-laki dengan indikasi gen psikopat. 

Tak ada yang mengetahui, perempuan tersebut menggugurkan atau melahirkan anak tersebut. Hingga beberapa tahun kemudian, muncul seorang petugas kepolisian bernama Jung Ba Reum, ia digambarkan sebagai seorang pemuda polos, jujur, dan senang menolong. 

Namun, di balik kepribadian manisnya itu, Jung Ba Reum memiliki kepribadian ganda yang tak seorang pun tahu, termasuk rekan satu timnya di kepolisian. Dalam drama Korea Mouse, Lee Seung Gi memainkan dua karakter yang sangat apik dan sukses mengecoh penonton hingga akhir episode. 

11. Police University (2021)

https://www.youtube.com/embed/_oKYIzaXAFY

Butuh asupan kisah romantis nan manis, tapi berbalut komedi? Maka, Police University bisa menjadi jawabannya. Drama Korea ini berkisah tentang kehidupan akademi kepolisian di National Police University yang kacau balau. 

Kekacauan ini terjadi lantaran Yoo Dong Man (Cha Tae Hyun) adalah kepala investigasi bidang pembunuhan dan kejahatan siber bekerja sama dengan mantan peretas bernama Kang Sun Ho (Jin Young) yang bertobat dengan masuk kepolisian.  

Tak sekadar beradu akting dengan Cha Tae Hyun, namun Jin Young juga beradu chemistry dengan Jung Krystal yang berperan sebagai Oh Kang Hee, seorang mahasiswi pandai di akademi tersebut. 

Di samping perjuangan mereka menjadi polisi, benih cinta yang tumbuh antara Sun Ho dengan Kang Hee membuat Police University menjadi drama Korea bertema kepolisian yang segar dan seru untuk dijadikan bahan tontonan, lho. 

Ternyata, tak semua deretan drama Korea bertema kepolisian itu mencekam dan sadis, ya. Ada pula yang disisipkan kisah asmara atau komedi sehingga menghibur ketika ditonton bersama pasangan atau keluarga. Ada yang menjadi favoritmu, Bela?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Komedi Ringan Hanya 30 Menit per Episode

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Episode Pendek dengan Rating Tinggi

Baca Juga: 11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur Mencekam