Mengikuti jejak rekan satu grupnya, RM 'BTS' dikonfirmasi akan merilis album solo yang bertajuk Indigo dalam waktu dekat. Kabar bahagia itu diumumkan oleh Big Hit Music di akun Twitter resmi pada 10 November lalu.

Dalam pemberitahuannya, Big Hit Music menyampaikan bahwa album solo RM 'BTS' akan menampilkan kolaborasi epik dengan berbagai artis. Perilisan Indigo dipersiapkan secara matang oleh sang leader BTS, RM.

Tidak tanggung-tanggung, RM 'BTS' juga menyiapkan kejutan spesial untuk penggemar setianya (ARMY) saat Indigo resmi dirilis. Nah, apa kejutan yang bakal dipersembahkan oleh RM 'BTS'? Adakah makna tersembunyi dari penamaan album solo, Indigo? Cari tahu fakta menariknya di sini.

1. Album solo dirilis pada 2 Desember mendatang

6 Fakta di Balik Album 'Indigo', RM 'BTS' Siapkan Kejutan Buat ARMYKoreaboo.com

Melalui akun Twitter resminya, Big Hit Music mengumumkan bahwa RM 'BTS' dalam tahap persiapan untuk merilis album solo resmi pertamanya.

"RM 'BTS' telah memberikan penggemar mengenai pandangannya terhadap dunia secara jujur dan terbuka melalui dua Mixtape. Melalui Indigo, RM akan menyampaikan pikiran dan perasaannya yang lebih luas dengan menampilkan musik dari berbagai artis," tulis Big Hit Music. 

Perwakilan agensi berharap penggemar bersemangat menantikan perilisan perdana album solo RM 'BTS'. Album tersebut dijadwalkan rilis pada 2 Desember mendatang jam 14.00 KST atau 12.00 WIB.

2. RM 'BTS' menyapa penggemar di Weverse

6 Fakta di Balik Album 'Indigo', RM 'BTS' Siapkan Kejutan Buat ARMYKoreaboo.com

Menikmati masa-masa persiapan album, RM 'BTS' banyak menyapa penggemar setianya  dan berbagi hal menarik selama proses pembuatan.

"Halo, akhirnya album pertama saya akan dirilis. Terima kasih kepada semua orang. Saya bekerja keras selama 4 tahun terakhir. Ini sangat berbeda dari proyek saya sebelumnya dan sangat menyenangkan teman-teman baik saya berkumpul. Mohon doakan yang terbaik untuk saya sampai 2 Desember," ucap RM 'BTS' di Weverse.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa album solo, Indigo telah dikerjakannya selama tiga tahun terakhir, tepatnya di tahun 2019 lalu.

3. Merilis cuplikan gambar dari album solonya

6 Fakta di Balik Album 'Indigo', RM 'BTS' Siapkan Kejutan Buat ARMYKoreaboo.com

Detik-detik menjelang perilisan, RM 'BTS' cukup aktif membagikan spoiler mengenai album solonya itu. Pada 14 November lalu, ia merilis potongan gambar dari album solo ke media sosial.

Big Hit Music juga telah mengumumkan bahwa masa pre-order album solo RM 'BTS' telah dibuka sejak 15 November 2022 dan pembelian dapat dilakukan di akun Weverse. Selain Weverse, ada beberapa situs Korea Selatan yang membuka penjualan album fisik, Indigo antara lain Yes24, Aladin, SYNNARA, INTERPARK, hingga HOTTRACKS dengan benefit pembelian album yang beragam.

4. Album dikirim sekitar pertengahan Desember

6 Fakta di Balik Album 'Indigo', RM 'BTS' Siapkan Kejutan Buat ARMYKoreaboo.com

Sama seperti album Korea lain, pengiriman album fisik RM 'BTS' juga dilakukan secara bertahap dan penggemar akan menerima album tersebut setelah tanggal 16 Desember 2022.

Jadwal pengiriman tersebut juga disesuiakan berdasarkan negara seperti Korea di tanggal 2 Desember 2022, Jepang pada 10 Desember 2022, dan Amerika dan Eropa kemungkinan bakal sekitar 16 Desember 2022.

Album fisik, Indigo juga terdapat 2 versi berbeda, yaitu versi buku dan versi postcard yang keduanya memiliki beberapa perbedaan gambar.

5. Ada makna tersirat dari album solo RM 'BTS'

6 Fakta di Balik Album 'Indigo', RM 'BTS' Siapkan Kejutan Buat ARMYKoreaboo.com

Penamaan judul album solo RM 'BTS', Indigo ternyata mengundang rasa penasaran ARMY karena ada makna tersirat di dalamnya. ARMY pun menganalisis dan merasa kagum akan kebijaksanaan sang leader.

Jika ditelusuri lebih dalam, pemakaian kata Indigo dalam judul album solo RM 'BTS' adalah nama perpaduan dari warna ungu dan biru. Seperti yang diketahui, warna ungu mewakili BTS dan ARMY.

Di sisi lain, RM 'BTS' sempat mengungkapkan bahwa warna yang mendefinisikan dirinya merupakan warna biru saat wawancara dengan salah seorang profesor.

Tak hanya itu, Indigo juga menggambarkan banyak hal besar dalam sisi spiritual. Warna itu melambangkan ketulusan dan pengabdian. Banyak ARMY yang merasa tersentuh dengan kejeniusan RM 'BTS'.

6. RM 'BTS' akan mengadakan mini konser

6 Fakta di Balik Album 'Indigo', RM 'BTS' Siapkan Kejutan Buat ARMYKpopmap.com

Sebagai bentuk terima kasih dan rasa cinta ke penggemar, Big Hit Music mengumumkan jika album solo, Indigo akan dibuat mini konser. RM 'BTS' akan merekam konten video untuk 200 penggemar terpilih.

Penggemar dapat mendaftar untuk acara tersebut melalui akun Weverse. Jika tidak ada hambatan, mini konser RM 'BTS' dalam rangka perilisan Indigo akan diselenggarakan pada 5 Desember 2022 jam 20.00 KST atau 18.00 secara luring.

Nah, itulah fakta menarik di balik perilisan album solo RM 'BTS' bertajuk Indigo. Sudah siap untuk memeriahkannya, Bela?

Baca Juga: Bak Bangsawan, 10 Potret Hotel Mewah Jungkook 'BTS' saat di Qatar

Baca Juga: Lirik Lagu "Rush Hour", Kolaborasi Perdana Crush ft. J-Hope BTS 

Baca Juga: Pharrell Williams Kolaborasi dengan BTS di Album 'Phriends'