15 Drama Korea dengan Rating Tertinggi Sepanjang 2018-2022

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!

Mana yang pernah kamu tonton ulang?

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!

Selain K-pop dan pemandangannya, Korea juga terkenal dengan drama yang berkualitas. Hampir sebagian besar orang menikmati tontonan yang diciptakan oleh negeri Ginseng tersebut. 

Alur cerita dan jajaran para pemain menjadi salah satu alasan drama Korea begitu disukai, hingga menyentuh rating tertinggi di setiap episode. Penonton juga tak segan menonton ulang drama Korea yang sudah tamat. 

Dari sekian banyaknya drama Korea, apa saja drama Korea yang mencapai rating tertinggi dan berkesan di hati penonton sepanjang tahun 2018 - 2022? Merangkum dari berbagai sumber, Popbela tampilkan 15 drama Korea dengan rating tertinggi di bawah ini. 

1. My Mister (2018)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema.net

Drama Korea yang memasangkan IU dengan aktor senior, Lee Sun Kyu tetap menjadi 'buah bibir' di kalangan penonton hingga saat ini. Drama ini berkisah tentang tiga saudara laki-laki paruh baya dan satu orang perempuan muda. 

Keempat karakter utama ini menanggung beban hidup yang cukup rumit. Dua di antara karakter tersebut bertemu di sebuah perusahan arsitektur, yaitu Park Dong Hoon (Lee Sun Kyun) dan Lee Ji An (IU). 

Park Dong Hoon memiliki sifat penyabar dan tulus. Ia bertemu dengan Lee Ji An, sosok perempuan yang dikenal dingin dan enggan tunduk pada seniornya di kantor. Sifat Ji An ini berhubungan dengan kisah masa lalunya yang kelam. 

Berawal dari sebuah kejadian, Lee Ji An sempat menaruh hati ke Park Dong Hoon yang sudah berkeluarga. Akhir kisah drama ini tidak terduga, yang membuat emosi penonton campur aduk. 

Berkat kualitas akting dan alur cerita, My Mister diganjar penghargaan Best Drama & Best Screenplay di Baeksang Arts Awards dan meraih rating sebesar 8.8% di episode terakhir. 

2. Sky Castle (2018)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema.net

Drama yang melambungkan nama Jo Byung Gu dan Kim Dong Hee ini berkisah tentang ketatnya persaingan memasuki universitas terbaik di Korea Selatan. Para ibu-ibu di hunian mewah rela melakukan apa saja agar sang anak masuk di Universitas Nasional Seoul. 

Salah satu penghuni SKY Castle menggelar pesta mewah untuk merayakan keberhasilan anak dari keluarga Park, Young Jae yang masuk jurusan kedokteran di Universitas Nasional Seoul. 

Ternyata di balik perayaan tersebut, ada maksud terselubung untuk mengetahui kiat-kiat bisa masuk kampus bergengsi tersebut. Salah satunya, menyewa tutor pribadi super mahal dengan tingkat keberhasilan nyaris sempurna. 

SKY Castle tak hanya menarik perhatian penikmat drama, tetapi juga beberapa idol K-Pop seperti Key 'SHINee', RM 'BTS', dan Taeyeon turut menonton drama ini dan mengantongi perolehan rating sebesar 23.78%. 

3. Crash Landing on You (2019)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema.net

Mempertemukan Son Ye Jin dan Hyun Bin, drama Korea garapan sutradara Lee Jung Hyo ini berkisah tentang Yoon Se Ri, seorang pebisnis perempuan yang terdampar di daerah Korea Utara tanpa sengaja. 

Ia bertemu dengan Kapten Ri Jeong Hyeok, seorang tentara Korea Utara yang memergoki Se Ri berada di wilayah terlarang dan berusaha menolongnya. Berawal dari pertolongan tersebut, hubungan keduanya semakin erat dan memiliki hubungan khusus sama lain. 

Alur cerita yang super manis ditambah dengan unsur politik dan komedi membuat Crash Landing on You berhasil membawa pulang sejumlah penghargaan di 3rd Annual Global TV Demand Awards, 7th APAN Star Awards, 15th Seoul International Drama Awards, hingga Korea Communications Commission Brodcasting Awards. 

Crash Landing on You berhasil meraih rating sebesar 21.68% dan menjadi saksi bisu perjalanan cinta Son Ye Jin dan Hyun Bin. Saat ini, mereka tengah menantikan kehadiran anak pertama. 

4. Hotel Del Luna (2019)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema.net

Dibintangi oleh sederet artis kenamaan Korea, drama yang ditulis penulis Hong bersaudara ini mengambil premis utama tentang seorang perempuan cantik dan dingin, hanya tertarik pada kemewahan. 

Ia sudah hidup lebih dari 1.000 tahun dan menanggung kutukan abadi sebagai pemilik hotel ajaib yang hanya bisa dimasuki oleh arwah penasaran. Perempuan tersebut bernama Jang Man Wol. 

Saat menonton Hotel del Luna, kamu akan melihat banyak arwah dengan berbagai bentuk menyedihkan. Namun, drama ini sama sekali tidak memberikan kesan seram.  Malahan, kamu akan dibuat terpana dengan sinematografi yang dihasilkan dan Hotel del Luna mencetak rating sebesar 12% di akhir episode. 

5. The World of the Married (2020)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema.net

Menjadi drama yang melejitkan nama Han So Hee di dunia hiburan, The World of The Married adalah tontonan paling menguras emosi selama pandemi COVID-19 berlangsung.

Drama tersebut juga sempat membuat akun Instagram Han So Hee banjir ucapan kasar dari warganet +62, karena memerankan karakter pelakor bernama Yeo Da Kyung. Kisah The World of The Married berfokus pada kehidupan rumah tangga Ji Sun Woo (Kim Hee Sun) dan Lee Tae Oh (Park Hae Joon), yang hancur karena kehadiran orang ketiga. 

Alur cerita yang bikin geregetan ini sukses membuat drama makjang satu ini memperoleh rating sebesar 28.4% berdasarkan data Nielsen Korea dan menjadikan rating tertinggi bagi drama Korea di stasiun televisi swasta. 

6. Itaewon Class (2020)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema

Diadaptasi dari seri webtoon terkenal, drama yang diperankan Park Seo Joon, Kim Da Mi, dan Kwon Nara ini mengisahkan sosok Park Sae Ro Yi, yang ingin balas dendam ke Jang Dae Hee dengan cara yang lebih elegan. 

Bermula dari kematian ayahnya dan ia dipenjarakan, Park Sae Ro Yi menaruh tekad kuat untuk menghancurkan perusahaan Jangga. Keluar dari penjara, ia merintis perusahaan makanan bernama Danbam di Itaewon ditemani oleh Jo Yi Seo (Kim Da Mi) dan karyawan lain yang setia mengikuti langkah Sae Ro Yi. 

Walau tak mudah dan penuh tekanan, akhirnya Sae Ro Yi berhasil menggulingkan Jang Dae Hee yang pernah membeli keadilan dengan sejumlah uang. Tak lupa, Itaewon Class juga diwarnai dengan kisah antara Park Sae Ro Yi dengan Oh Soo Ah dan Jo Yi Seo. 

Pengembangan setiap karakter di Itaewon Class dan akting Park Seo Joon saat mengusap kepala Kim Da Mi mampu meningkatkan rating hingga 16.5%.

7. Hospital Playlist (2020)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema.net

Sulit untuk bisa melupakan kekompakan geng Yulje yang berisikan lima orang anggota, yaitu Chae Song Hwa (Jeon Mi Do), Lee Ik Joon (Jo Jung Suk), Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok), Kim Joon Wan (Jung Kyug Ho), dan Yang Seok Hyung (Kim Dae Myung). 

Drama bertema kedokteran ini membahas pertemanan kelima pemain, suka duka profesi mereka di Yulje Medical Center, kisah asmara, hingga kegiatan musik mereka di sela-sela waktu luang. 

Dibumbui dengan cerita yang menghangatkan hati dan komedi khas Lee Ik Joon membuat Hospital Playlist musim pertama memperoleh rating hingga 14.1%.

8. Vincenzo (2021)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema.net

Menyatukan aktor-aktris Korea berparas rupawan, Song Joong Ki dan Jeon Yeon Been, Vincenzo menjadi salah satu drama Korea tvN yang sukses meraih rating tertinggi selama penayangan sebesar 14.6%. 

Mengusung genre aksi-komedi gelap, Vincenzo menyoroti kisah seorang laki-laki muda keturunan Korea Selatan yang menjadi penasihat mafia di Milan bernama Vincenzo Cassano (Song Joong Ki). Namun, perseteruan antar kelompok mafia membuat Vincenzo memutuskan pulang ke kampung halamannya, Korea Selatan. 

Di Korea, ia memiliki tujuan lain untuk mengambil emas yang disembunyikan oleh pebisnis Tiongkok di sebuah gedung tua bernama Plaza Geumga. Sambil berusaha mengeluarkan emas yang dicari, Vincenzo bertemu dengan warga Geumga dan Hong Yu Chan, ayah dari Hong Chae Young yang tengah melawan Babel Group, perusahaan mafia milik Jang Han Seok (Ok Taec Yeon).

Selama penayangan, drama Korea Vincenzo sangat memuaskan penikmat drama. Alur cerita dikemas sangat apik dan tak lupa, disuguhkan dengan adegan yang mengocok perut. Adegan manis Vincenzo dan Hong Chae Young menjadi penutup sempurna dari drama ini. 

9. Hometown Cha-Cha-Cha (2021)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema.net

Hometown Cha-Cha-Cha menjadi drama Korea healing yang mempertemukan Shin Min Ah dan Kim Seon Ho di desa tepi laut bernama Gongjin. Drama tersebut berfokus pada kisah Hye Jin yang resign dari klinik, tempatnya bekerja setelah bersiteru dengan dokter kepala. 

Kesal dengan perlakuan sang dokter kepala, ia mengunggah beberapa kejadian tersebut berkaitan dengan dokter kepala tersebut ke forum dokter. Unggahan itu membuat dokter kepala murka dan memastikan Hye Jin tidak bisa bekerja lagi di klinik-klinik besar. 

Di tengah kekalutannya, Hye Jin memilih untuk mendatangi pantai yang pernah ia kunjungi bersama kedua orang tuanya. Ia berjalan-jalan di tepi pantai hingga sepatu mahal yang dibelinya hanyut dan ditemukan sebelah Hong Du Shik.

Saat ingin kembali ke kota, Hye Jin memutar mobilnya dan kembali ke desa tersebut. Ia memutuskan memulai hidup baru dengan membuka klinik gigi tersebut. 

Kamu tidak hanya melihat kisah Hye Jin dan Du Shik, tetapi juga aktivitas warga Gongjin dan pemandangan pantai yang menenangkan. Drama ini ditutup dengan perolehan rating sebesar 12.7%. 

10. Taxi Driver (2021)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema.net

Bergenre aksi, drama Korea yang dibintangi oleh Lee Je Hoon ini menceritakan sebuah perusahaan taksi yang menyediakan layanan jasa berupa balas dendam untuk korban kejahatan yang tidak puas dengan hukum. 

Pelanggan Taxi Driver ini adalah orang-orang tertindas yang tidak punya kuasa. Kim Do Ki (Lee Je Hoon) bersama kawanannya menjalankan layanan ini secara rahasia. Mereka menjemput pelaku kejahatan dengan sebuah taksi mewah dan mengurungnya.

Drama Korea, Taxi Driver semakin berkesan karena turut menyuguhkan sisi emosional dari orang-orang tertindas dan eksekusi yang dilakukan oleh Kim Do Ki bersama kawanannya. Sontak, karakter misterius Kim Do Ki menjadi idola saat ia menghadapi para penjahat. 

Totalitas Lee Je Hoon berakting dan pengemasan cerita yang menegangkan di Taxi Driver ditutup dengan perolehan rating sebesar 15.5 persen berdasarkan data SBS. 

11. The Red Sleeve (2021)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema.net

The Red Sleeve menjadi drama comeback Lee Junho '2PM' pasca keluar dari wajib militer pada Maret 2021. Drama bergenre saeguk ini mengisahkan putra mahkota bernama Yi San (Junho '2PM') yang menjadi penerus kerajaan. 

Ia berusaha keras untuk menjadi raja yang sempurna dan naik takhta menjadi Raja Jeongjo setelah sang kakek meninggal dunia. Ternyata, sang kakek adalah sosok yang bertanggung jawab atas kematian ayahnya.   

Saat naik takhta, Yi San melakukan reformasi hukum dan berhati-hati menjadi pemimpin yang bijak. Tetapi, kehadiran Sung Deok Im (Lee Se Young) mulai melemahkan sosok dingin Yi San yang selama ini terkubur. Berlatar tempat di zaman Joseon, The Red Sleeve sukses menguras air mata penonton dan menebus rating sebesar 17.4%. 

12. Extraordinary Attorney Woo (2022)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Twitter/ https://twitter.com/kdramasfangirl

Drama Korea yang tayang di ENA dan Netflix ini terus menjadi perbincangan hangat di media sosial. Kisah Woo Young Woo dan kawan-kawannya di firma hukum menyentuh hati penonton di seluruh dunia. 

Extraordinary Attorney Woo berfokus pada karakter Woo Young Woo (Park Eun Bin) yang terlahir dalam kondisi spesial dan dikaruniai kecerdasaan di atas rata-rata. Keterbatasan tersebut tidak membuat Woo menyerah, justru ia melamar sebagai pengacara di sebuah firma hukum. 

Meski awalnya diragukan, Woo berhasil membuktikan diri bahwa ia layak menjadi seorang pengacara yang membela keadilan. Kesetian Lee Jun Ho (Kang Tae Oh) menemani dan mendengarkan Woo saat mengoceh tentang paus juga membuat jatuh hati penonton. Tak salah, jika rating drama yang masih on-going ini mencapai 13.1 persen di episode ke-8. 

13. It's Beautiful Now (2022)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Hancinema.net

Dibintangi Bae Da Bin, drama keluarga berjumlah 50 episode ini menceritakan karakter Lee Hyun Jae (Yoon Shi Yoon), partner pengacara di firma hukum Haejun. Ia adalah cucu dari Lee Kyung Cheol.

Sang kakek mendesak agar ketiga cucunya segera menikah, namun tidak ada yang tertarik untuk berkencan. Hal tersebut memicu kekhawatiran sang kakek dan kedua orang tua mereka, akhirnya sang kakek memutuskan untuk menggelar sayembara dan hadiahnya berupa apartemen mewah. 

Alur cerita yang menggambarkan realita generasi sekarang yang enggan menikah mampu mengambil hati penonton. Rating It's Beautiful Now terus mengalami peningkatan selama penayangan dan melesat hingga 2 digit, yaitu 26% berdasarkan data Nielsen Korea. 

14. Twenty Five, Twenty One (2022)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!instagram.com/netflixid

Drama Korea garapan sutradara Jung Ji Hyun ini menghadirkan dua karakter utama yang berjuang dengan krisis moneter. Krisis tersebut tak hanya menghancurkan ekonomi Korea Selatan, tetapi juga 'membunuh' impian anak muda bernama Na Hee Do dan Baek Yi Jin. 

Keduanya dipertemukan dalam kondisi ketidakpastian. Meski begitu, semangat juang Na Hee Do untuk meraih mimpi masih ada dan melakukan berbagai cara agar impian tidak ikut tergerus realita. 

Berbeda dengan Baek Yi Jin, ia merasa tidak punya harapan setelah krisis memisahkan keluarganya hingga ia bertemu Hee Do. Jalinan pertemanan mereka berkembang ke arah yang spesial, tapi dihentikan oleh satu dan lain hal. 

Twenty Five, Twenty One tidak hanya mengangkat indahnya persahabatan atau perjuangan menggapai mimpi, namun juga suka duka percintaan kedua pemeran utama. Drama ini berhasil membuat penonton sulit move on setelah kisah Hee Do dan Baek Yi Jin berakhir dan mencatat perolehan rating sebesar 11.5%. 

15. Our Blues (2022)

15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!Instagram/ TvN Drama

Memiliki vibes yang mirip dengan Hometown Cha-Cha-Cha, Our Blues juga dibintangi oleh deretan artis Korea populer, termasuk Shin Min Ah. Setiap episode Our Blues mengangkat kisah yang berbeda-beda. 

Dua episode pertama, penonton disuguhkan dengan kisah antara Han Soo (Cha Seung Won) dan Eun Hee (Lee Jung Eun). Keduanya merupakan sahabat lama, tetapi memiliki kehidupan yang jauh berbeda. 

Lalu, ada kisah Park Jeong Jun (Kim Woo Bin) yang gigih meluluhkan hati Yeong Ok (Han Ji Min) dan menerima dengan tulus adik Yeong Ok, yang memiliki kondisi spesial. Drama slice of life ini berhasil membuat penonton mengharu-biru dan mencetak perolehan rating  sebesar 14.6%.

Itulah deretan drama Korea dengan rating tertinggi selama dua tahun terakhir. Ada drama Korea kesukaanmu, Bela?

Baca Juga: Bosan Romansa, Ini Rekomendasi 10 Drama Korea Tema Kriminal

Baca Juga: 5 Drama Korea Ini Tayang Juli 2022, Salah Satunya 'Big Mouth'!

Baca Juga: Drama Korea 'Anna' Suzy Dihujat Warganet Tiongkok, Ini Penyebabnya

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

4 Perbedaan Orang yang Benar-Benar Bahagia Melalui 'Feed' Instagram

4 Perbedaan Orang yang Benar-Benar Bahagia Melalui 'Feed' Instagram

trending

Trending

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Bright Vachirawit di 'ICHITAN Dream Bright' Main Lato-Lato Juga, Lho!

Bright Vachirawit di 'ICHITAN Dream Bright' Main Lato-Lato Juga, Lho!