Harus diakui, uang memang memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang tentu harus mengatur keungan yang dimilikinya agar mencukupi kebutuhan hidup. Selain mencegah sikap boros, menghitung pemasukan dan pengeluaran dengan tepat dapat memisahkan tabungan yang bisa kamu gunakan untuk kehidupan di kemudian hari. Namun nyatanya, tidak semua orang pandai mengelola keuangannya sehingga selalu merasa kesulitan dalam membelanjakan barang yang dibutuhkannya. Jangan khawatir Bela, kamu bisa belajar mengontrol keuangan dari pekerjaan militer yang disiplin.

Memiliki kontrol penuh terhadap uang yang dimiliki

 
Belajar mengatur keuangan menjadi bagian dari latihan dasar yang harus dilakukan oleh para militer. Mereka harus dapat mempertanggungjawabkan uang yang dimiliki perorangan maupun regu dengan cermat. Selain menghindari kerugian akibat lalai, peraturan ini juga membiasakan kamu untuk selalu mencatat jumlah pendapatan dan pengeluaran setiap transaksi. Dengan kebiasaan ini kamu bisa tahu kebutuhan apa yang harus diutamakan dan mengganti belanjaan yang tidak terlalu penting dengan menjadikannya sebagai tabungan dan investasi.

Melengkapi kebutuhan tidak dalam keadaan mepet

 
Membayar tagihan tepat waktu saja tidak cukup, Bela. Kamu harus bisa melengkapi kebutuhan dan membayar seluruh cicilan jauh hari sebelum batas waktu terakhir. Memisahkan uang terlebih dahulu dapat membuat kamu memiliki perhitungan yang cermat dan tidak tergoda untuk membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Lagipula, meski berniat membayar tepat waktu, bisa saja terjadi hal mendesak yang membuat kamu justru terlambat membayarnya.

Menyiapkan dana untuk kebutuhan mendesak

 
Selain memisahkan dana untuk kebutuhan sehari-hari, seorang militer juga wajib memisahkan dana untuk kebutuhan mendesak yang bisa terjadi tanpa terduga. Saat pendapatanmu masuk, segera pisahkan tabungan bersamaan dengan memisahkan dana kebutuhan dan cicilan yang harus dibiarkan. Buat target jumlah tabungan dan jangan biarkan tabungan kamu hanya diisi dengan uang yang tersisa dari pendapatan kamu ya Bela.

Bijak dalam membelanjakan uang

 
Cermat dalam berbelanja menjadi kunci utama untuk mengelola keuangan. Kamu harus dapat membedakan barang yang benar-benar butuh untuk dibeli dan berguna untuk jangka panjang. Segera perbaiki keran air yang bocor dan mesin cuci yang rusak dan jangan berpikir untuk memperbaikinya di kemudian hari. Pikiran ini justru dapat membuat pengeluaranmu membengkak saat membayar tagihan air dan laundry.

Hindari Hutang dan belajar dari kesalahan

 
Sebisa mungkin, batasi penggunaan kartu kredit dan memiliki hutang untuk membatasi tagihan pendapatan selanjutnya ya Bela. Jangan sampai gaji yang kamu dapatkan setelah lelah bekerja hanya dipakai untuk membayar hutang dengan bunga yang semakin tinggi. Meski terkadang menguntungkan, namun bijaklah menggunakan kartu kredit dan tidak menggunakannya untuk membeli barang-barang kecil yang bisa menggunakan uang cash.

 

BACA JUGA: 5 Cara Mendapat Uang Halal dari Dunia Maya