Bersyukur hidup di era modern, kita sebagai perempuan kini sudah lebih dihargai dan nggak lagi dipandang sebelah mata. Bila pria dianggap bisa melakukan hal apapun, kini begitu juga denganmu yang memiliki kesempatan sama seperti mereka. Apapun yang kita pilih, bekerja, menjadi pemimpin, atau menjadi ibu rumah tangga, pendidikan nyatanya memberi pengaruh besar untuk kehidupan kita. Bukan hanya sekedar dapat menulis dan membaca, ini alasannya kenapa kamu tetap harus mengejar ilmu.

Memiliki pikiran logis

Ini Alasan Kenapa Pendidikan yang Tinggi Sama Pentingnya untuk Perempuanunsplash.com/Mark Solarski

Siapa bilang perempuan nggak bisa berpikir logis karena banyak menggunakan perasaan? Nyatanya, semakin banyak pengetahuan yang kita miliki akan melatih otak untuk berpikir kritis dan logis. Kamu nggak akan gampang percaya dan menerima mentah-mentah informasi hoax yang beredar. Berpikir logis dan mempertimbangkan perasaan justru bisa membuat kamu semakin bijaksana dalam bersikap loh!

Mandiri dan percaya diri

Ini Alasan Kenapa Pendidikan yang Tinggi Sama Pentingnya untuk Perempuanunsplash.com/Oliver Thomas Klein
 

Dengan ilmu yang kita miliki, kamu nggak takut untuk berbicara banyak hal dengan lawan bicara. Selain membahas tentang fashion dan makeup, kamu juga percaya diri untuk membicarakan teknologi, keuangan, atau politik. Obrolan seru yang kamu lakukan setiap hari akan semakin berkualitas dibandingkan membicarakan orang lain!

Mengenal dunia yang lebih luas

Ini Alasan Kenapa Pendidikan yang Tinggi Sama Pentingnya untuk Perempuanunsplash.com/Artem Sapegin
 

Semakin banyak tahu, kamu justru akan semakin rakus akan ilmu. Bila kamu dulu hanya mengenal paris dengan menara Eiffelnya, kini banyak sisi lain seperti seni, sejarah dan budayanya. Kamu juga akan mencari tahu tempat-tempat lain yang nggak kalah romantis seperti Prague atau Hungaria. Bukan hanya sekedar mimpi, kamu akan semakin terpacu mewujudkan impian untuk mengunjunginya.

Meningkatkan kualitas diri

Ini Alasan Kenapa Pendidikan yang Tinggi Sama Pentingnya untuk Perempuanunsplash.com/William Stitt
 

Melihat orang lain sukses, terkadang membuat kamu iri dan rendah diri. Jangan mau kalah, Bela! Pendidikan yang tinggi memberi kamu kesempatan untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas diri. Kamu bisa mengenal diri lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu olah. Pada akhirnya orang lain akan melihat kamu sebagai sosok yang mengagumkan!

Memiliki gaya hidup sehat

Ini Alasan Kenapa Pendidikan yang Tinggi Sama Pentingnya untuk Perempuanunsplash.com/Milos Tonchevski
 

Masih ingat bagaimana dunia sebelum mengenal antibiotik dan vaksin? Pendidikan yang semakin baik dan teknologi yang semakin maju membuat hidup menjadi lebih baik dan mudah. Memanfaatkan ilmu yang dimiliki dan mempelajarinya bisa memberi manfaat di dunia kesehatan. Kamu nggak akan mudah percaya takhyul dan pengobatan gaib dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Siapa tahu saja beberapa tahun mendatang pengobatan kanker semakin baik.

Nggak gampang direndahkan

Ini Alasan Kenapa Pendidikan yang Tinggi Sama Pentingnya untuk Perempuanunsplash.com/Volkan Olmez
 

Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, akan membuat kamu sadar mengenai hak dan harga diri yang kamu miliki. Dengan mengetahuinya, kamu nggak akan membiarkan orang lain memanfaatkan dan merendahkanmu. Apa yang kamu miliki sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab dan keputusan sendiri tanpa ada paksaan dari orang lain. Hal ini tentu membuat orang lain semakin menghormatimu, Bela!

 

BACA JUGA: Orang Lain Bisa Menilai Kecerdasanmu Lewat 7 Sikap Ini Lho!