Melengkapi koleksi tontonan drama Korea, Disney+ Hotstar menghadirkan serial Grid yang telah tayang secara eksklusif sejak 16 Februari 2022. Dikemas dengan genre thriller yang berbalut misteri dan ketegangan, kabarnya serial ini akan hadir dalam 10 episode.

Grid berkisah tentang instansi pemerintah yang sedang berburu sosok misterius yang dikenal dengan nama “The Ghost”. Dikisahkan, sejak pertama kali hadir di tahun 1997, The Ghost muncul dengan misi menyelamatkan manusia dari fenomena angin surya, namun setelahnya, The Ghost menghilang tanpa jejak. Bertahun-tahun menghilang, The Ghost kembali hadir setelah 24 tahun. Namun, kali ini The Ghost datang untuk membantu seorang pembunuh berantai kabur. Apa alasannya?

Temukan 5 Fakta Menarik Serial 'Grid' dari Mata Sang Penulis Skenarioinstagram.com/disneypluskr

Disutradarai oleh Khan Lee, Grid juga mengusung konsep fiksi ilmiah. Namun, serial ini sengaja tidak terlalu menonjolkan efek visualnya. Khan mengaku bahwa dirinya dan tim produksi tidak ingin terlalu fokus pada pembentukan alam semesta fiksi. 

Skenarionya sendiri ditulis oleh peraih penghargaan Best Screenplay untuk drama Stranger (2017) pada acara Baeksang Arts Awards 2018, Lee Soo Yeon. Sang penulis pun berkesempatan melakukan wawancara eksklusif untuk menceritakan lebih lanjut mengenai serial drama Grid.

Penuh kekaguman, inilah 5 fakta menarik serial Grid, mulai dari awal pengerjaan hingga pendapat Lee Soo Yeon mengenai para pemain, dari keterangan resmi yang Popbela dapat pada, Selasa (11/04/2022).Yuk, simak keseruannya!

1. Judul awal serial ini adalah O

Temukan 5 Fakta Menarik Serial 'Grid' dari Mata Sang Penulis Skenariotwitter.com/DisneyPlusID

Nama Grid bukanlah judul pertama yang akan penulis Lee gunakan, namun O. Abjad O yang sebelumnya akan digunakan memiliki filosofi bahwa O berbentuk lingkaran, melambangkan waktu dan ruang adalah sesuatu hal yang tidak linear, terus berjalan tanpa adanya awal dan akhir. Namun, setelah dipertimbangkan kembali, dirinya membatalkan rencana tersebut. 

“Awalnya saya telah memberikan judul O, seperti sebuah lingkaran. Tapi kemudian saya menyadari bahwa sebuah judul sebaiknya memiliki kata pengucapan tunggal agar tidak membingungkan banyak orang. Akhirnya saya memutuskan judul Grid, karena kata tersebut memang topik utama serial ini,” jelas Lee Soo Yeon.

2. Penulis ingin mengangkat isu lingkungan

Temukan 5 Fakta Menarik Serial 'Grid' dari Mata Sang Penulis Skenarioinstagram.com/disneypluskr

Sejak episode pertamanya, serial ini telah mengangkat mengenai fenomena angin surya dan perjalanan waktu. Lewat serial ini, penulis tidak begitu ingin mengangkat isu yang dramatis dan kompleks. Namun, ingin mengisahkan The Ghost yang rela melakukan perjalanan waktu hanya untuk melindungi seorang pembunuh.

Lee Soo Yeon menuturkan, “Di serial ini, isu mengenai lingkungan memang diperlihatkan dalam cerita tentang fenomena angin surya. Tapi program The Grid dalam serial ini juga bisa diibaratkan sebagai cerita tentang pemanasan global dan kenaikan permukaan laut.”

3. Alasan terpilihnya Seo Kang Joon sebagai pemeran utama

Temukan 5 Fakta Menarik Serial 'Grid' dari Mata Sang Penulis SkenarioSiaran Media Drama Korea Grid - Disney+ Hotstar

Sebelum berangkat untuk menjalani wajib militer, Kang Joon memberi para penggemarnya satu proyek terakhir agar mereka dapat menikmati penampilan aktingnya. Lewat Grid, penggemar dapat menghapuskan sedikit rindu saat Kang Joon pergi mengemban tugasnya. 

Di sisi lain, penulis Lee mendapat kesan Je Ne Sais Quoi saat dirinya memilih aktor untuk memerankan Kim Sae Ha. Je Ne Sais Quoi bermakna sulit diungkapkan dengan kata-kata karena sangat kagum, bangga dan terharu. 

“Di sepanjang cerita akan diperlihatkan bahwa karakter Kim Sae Ha sangat terobsesi untuk mengejar The Ghost. Ketika aku melihat hasil edit adegan syutingnya, Seo Kang Joon benar-benar membawakan peran tersebut dengan luar biasa,” ucap Lee Soo Yeon.

4. Akting menakjubkan dari Kim Sung Kyun

Temukan 5 Fakta Menarik Serial 'Grid' dari Mata Sang Penulis SkenarioSiaran Media Drama Korea Grid - Disney+ Hotstar

Berperan sebagai Kim Ma Nok sang pembunuh berantai, Kim Sung Kyun berhasil membuat penulis Lee terpukau. Pasalnya, aktor  Kim Sung Kyun biasa membawakan peran sebagai laki-laki baik hati dan ceria. Berkat aktingnya, penulis Lee yakin jika aktor berusia 41 tahun tersebut dapat memerankan Kim Ma Nok dengan baik. 

“Ketika aku mendengar kabar Kim Sung Kyun yang memerankan karakter Kim Ma Nok, aku sangat terkejut karena kurasa dia akan sangat sempurna membawakannya. Kamu pasti akan mengerti apabila kamu melihat aksinya dalam serial tersebut. Begitu proses syuting dimulai, aku langsung bisa melihat Kim Sung Kyun sebagai Kim Ma Nok,” ujar penulis Lee.

5. Lee Si Young sebagai The Ghost

Temukan 5 Fakta Menarik Serial 'Grid' dari Mata Sang Penulis SkenarioSiaran Media Drama Korea Grid - Disney+ Hotstar

Penulis Lee mengungkapkan jika sedari awal dirinya sudah menginginkan aktris Lee Si Young sebagai The Ghost. Ketika tawaran aktingnya diterima, dirinya benar-benar senang dan ingin mengajaknya ke proyek lain yang memerlukan banyak adegan powerful

“Sejak awal aku sangat menginginkan Lee Si Young, hanya saja aku ragu ia akan menerima tawaranku karena karakter The Ghost tidak memiliki banyak skenario. Makanya aku senang sekali ketika ia menerima tawaranku. Dan ketika aku sudah melihat aksinya sebagai The Ghost, aku tidak akan bisa membayangkan orang lain bisa membawakan karakter tersebut seperti yang dilakukan Lee Si Young. Kalau ini TMI, tapi dia membolehkanku memegang ototnya!” ujar Lee Soo Yeon.

Itulah fakta menarik serial Grid yang diungkapkan oleh penulis Lee Soo Yeon pada wawancaranya. Sudah hadir sebanyak delapan episode, serial Grid tayang setiap Kamis hanya di Disney+ Hotstar.

https://www.youtube.com/embed/m00jfbNtNkE

Baca Juga: 8 Penulis Naskah Terbaik Drama Korea, Karyanya Tak Mengecewakan!

Baca Juga: Merambah Eropa, Deretan Drama Korea Ini Tayang di Canneseries 2022

Baca Juga: Ada 'Our Blues', Ini 9 Drama Korea Bulan April 2022 yang Patut Dinanti