Ruang makan adalah tempat di mana kita berkumpul bersama keluarga untuk makan bersama. Meski tidak setiap waktu, berkumpul sambil menyantap hidangan yang tersaji bisa menjadi waktu-waktu yang menyenangkan.

Menerapkan feng shui dapat membantu kamu mengatur dan mendesain ruang makan agar selaras dengan prinsip aliran energi alami, sehingga dapat memunculkan energi positif. Melansir dari situs The Spruce, inilah beberapa tips mengatur ruang makan dengan menerapkan feng shui.

1. Memilih bentuk meja makan

Simbol Keharmonisan, 5 Cara Menerapkan Feng Shui di Ruang MakanBerbagai Sumber

Meja makan merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindahkan energi dalam suatu ruang. Bentuk meja makan akan mempengaruhi jenis energi yang dihasilkan. Contohnya, meja makan berbentuk persegi akan menunjukkan stabilitas dan landasan. Berbeda jika kamu memiliki meja makan berbentuk bundar, sebab meja makan ini akan membuat aliran qi mengalir dengan lembut dan dipercaya dapat mengurangi drama di meja makan.

2. Sesuaikan bentuk kursi makan

Simbol Keharmonisan, 5 Cara Menerapkan Feng Shui di Ruang Makanstylemotivation.com

Untuk menciptakan perasaan nyaman saat bersantai, kamu perlu memiliki kursi makan yang nyaman. Carilah kursi dengan sandaran yang mendukung sembari memperhatikan ruang untuk masuk dan keluar.

Pertimbangkanlah jumah kursi, pastikan ada kursi makan yang cukup untuk keluarga dan tamu. Di sisi lain, perhatikan juga ruang yang cukup di sekitar kursi, sehingga mereka dapat ditarik dari meja dengan nyaman, dan tamu tidak merasa harus masuk atau keluar jika ada yang berpindah.

3. Cat dinding dengan warna yang tepat

Simbol Keharmonisan, 5 Cara Menerapkan Feng Shui di Ruang Makanunsplash.com/@spacejoy

Feng shui menyediakan teori warna untuk paduan kamu yang ingin mengecat ruang makan. Pastikan warna yang kamu gunakan adalah warna yang disukai, sehingga membangkitkan niat untuk berlama-lama di ruang makan.

Beberapa warna yang bisa kamu pilih yakni, merah yang akan merangsang nafsu makan dan menambah energi api yang hangat dan ekspresif. Warna cokelat dan kuning terhubung dengan energi bumi yang stabil, terutama warna kuning yang akan membawa perasaan gembira. Putih dan abu-abu akan memberikan latar belakang netral yang serbaguna.

4. Tambahkan karpet di ruang makan

Simbol Keharmonisan, 5 Cara Menerapkan Feng Shui di Ruang Makanhouzz.com/Shor Home

Tidak wajib, namun menambahkan karpet bagus untuk menenangkan energi di dalam ruang. Menurut sudut pandang desain, penting memiliki ukuran karpet yang sesuai dengan luas ruangan. Pastikan juga kursi masih berada di atas karpet saat ditarik dari meja. Untuk menghadirkan makna feng shui lainnya, kamu dapat memilih warna karpet dengan salah satu warna yang sebelumnya telah disebutkan.

5. Tambahkan dekorasi di dinding

Simbol Keharmonisan, 5 Cara Menerapkan Feng Shui di Ruang Makanaspacetocallhome.com

Agar ruangan tidak terlihat kosong, menambahkan sentuhan dekoratif akan membuat ruang makan terlihat lebih hidup. Menambahkan nilai seni adalah cara terbaik dalam memberi warna ekstra untuk meningkatkan qi di dalam ruang makan.

Simbol Keharmonisan, 5 Cara Menerapkan Feng Shui di Ruang Makanwww.decoist.com

Menambahkan cermin akan meningkatkan kelimpahan dengan menggandakan semua makanan yang kamu sajikan. Kamu juga dapat menambahkan bunga segar atau semangkuk buah di atas meja makan.

Vas bunga kuning dapat menjadi simbol kesejahteraan dan kegembiraan, bunga merah untuk energi dinamis, tanaman hijau melambangkan welas asih dan fleksibilitas, serta semangkuk jeruk dipercaya dapat mendatangkan energi yang menguntungkan. 

Ruang makan merupakan salah satu tempat yang tepat untuk membangkitkan perasaan bersyukur karena mampu memberi tubuh makanan bergizi. Untuk itu, kamu perlu mendesain dan mengaturnya dengan baik. 

Baca Juga: 10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki Berlimpah

Baca Juga: 7 Tips Meletakkan Akuarium di dalam Rumah Menurut Feng Shui

Baca Juga: 7 Posisi Tangga Menurut Feng Shui, Agar Energi Positif Dapat Mengalir