Menyusul kesuksesan Squid Game tahun ini, Hellbound juga menghadirkan sensasi mengerikan yang membuat tegang sepanjang film diputar.

Mencapai popularitas yang signifikan di seluruh dunia, Hellbound mengisahkan sekelompok monster yang memburu orang-orang yang dianggap berdosa dan mengirimnya ke neraka. Fenomena ini membawa dunia dalam kekacauan yang tiada akhir. 

Jika kamu penggemar film-film bertema apocalyptic dan misteri-thriller, kamu perlu menonton rekomendasi film dan drama Korea berikut ini!

1. Save Me

https://www.youtube.com/embed/-vWD6KE1NyY

Berjumlah 16 episode, Save Me menceritakan sebuah keluarga miskin yang pindah ke pinggiran kota untuk memulai hidup baru. Di lingkungan yang baru, mereka disambut baik oleh kelompok agama yang membantu mereka menetap dan selalu menunjukkan kebaikan serta kemurahan hati. 

Namun, kebenaran sedikit demi sedikit mulai terungkap, Sang Mi (Seo Ye Ji) menemukan fakta bahwa mereka telah terperangkap dalam sekte jahat. Keadaan semakin memburuk karena orang tuanya sering mengalami delusi, serta saudara laki-lakinya yang selalu terbully di sekolah.

Merasa terdesak, Sang Mi meminta bantuan kepada teman sekelasnya Han Sang Hwan (Taecyeon) untuk menyelamatkan dirinya dari neraka dunia ini.

2. Along With the Gods: The Two Worlds

https://www.youtube.com/embed/sD7dmu-IWNw

Film ini sempat meraih film Korea terlaris ketiga saat dirilis di tahun 2017. Berdurasi 2 jam 30 menit, Along With The Gods: The Two Worlds bercerita mengenai Kim Ja Hong (Cha Tae Hyun), seorang pemadam kebakaran yang meninggal saat menjalankan tugas. 

Dalam perjalannya menuju alam baka, Kim Ja Hong dikawal oleh tiga malaikat maut yaitu, Haewonmak (Ju Ji Hoon), Lee Deok Choon (Kim Hyang Gi) dan pemimpin mereka Gang Rim (Ha Jung Woo).

Di situasi ini, setiap individu harus menjalani serangkaian tes untuk menyelamatkan jiwa mereka dari neraka dan menebus jiwa mereka selama 49 hari. Para penjaga bertugas mengawal dan membelanya dalam tiap tes, apabila Kim Ja Hong lulus ujian, maka ia akan bereinkarnasi dan pengawalnya akan diberi penghargaan. 

3. Along With the Gods: The Last 49 Days

https://www.youtube.com/embed/IfzZYija-wM

Along With The Gods: The Last 49 Days kembali hadir untuk melanjutkan keseruan filmnya yang pertama. Masih berhubungan dengan kisah sebelumnya, Along With The Gods: The Last 49 Days menceritakan tentang perjalanan menuju alam baka Kim Ja Hong (Cha Tae Hyun).

Selain Kim Ja Hong, ada jiwa ke-49 yang harus dibimbing oleh malaikat maut yaitu, Kim Soo Hong (Kim Dong Wook). Sama seperti di film pertama, jika para arwah berhasil menyelesaikan rangkaian tes, mereka dapat bereinkarnasi seperti jiwa yang lainnya. 

Namun, tugas malaikat maut lebih berat daripada sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh kematian Kim Soo Hong yang disebabkan kelalaian Won Dong Yeon (Do Kyung Soo), sehingga membuatnya menjadi arwah penasaran. 

Menjadi arwah pemarah, Kim Soo Hong mengacau di alam baka, sehingga membuat ketiga malaikat maut penjaganya berisiko kehilangan kesempatan naik ke level reinkarnasi yang lebih baik.

4. Peninsula

https://www.youtube.com/embed/2kE1Ydf4jIo

Peninsula berlatar empat tahun setelah peristiwa Train to Busan, film bergenre thriller ini menunjukkan kekacauan pasca zombie apocalyptic atau kekacauan yang harus dirasakan oleh orang-orang yang berhasil bertahan. Salah satu yang selamat adalah Jung Seok (Kang Dong Won), seorang mantan angkatan bersenjata yang harus kembali ke sarang zombie untuk menyelesaikan misi.  

Tidak sendirian, Jung Seok bersama beberapa orang lainnya kembali ke Seoul melalui pelabuhan Incheon. Selama menjalankan misi, Jung Seok juga menyelamatkan orang-orang yang masih bertahan hidup namun terjebak di Semenanjung Korea. Hal ini membuatnya harus bertempur dengan zombie dan juga musuh yang tidak pernah mereka bayangkan.

5. Kingdom

https://www.youtube.com/embed/4l-yByZpaaM

Sepanjang sejarah, telah diisyaratkan bahwa kiamat akan terjadi di akhir zaman. Pada era Dinasti Joseon, Putra Mahkota Lee Chang (Joo Ji Hoon) menemukan bahwa kutukan telah menimpa negaranya.

Adanya wabah yang menyebar ke seluruh negeri, membuat Putra Mahkota Lee Chan memutuskan untuk menyelidiki akar sumbernya, serta menyelamatkan rakyatnya dari kehancuran.  

Putra Mahkota Lee Chang dan pengawalnya Moo Young (Kim Sang Ho), pergi ke klinik Jiyulheon dan menemukan bahwa klinik tersebut telah hancur. Mereka mengetahui bahwa satu-satunya orang yang selamat dari kehancuran klinik adalah Seo Bi (Bae Doo Na).

Apa yang dikatakan Seo Bi cukup mengejutkan, bahwa orang mati yang mereka lihat di klinik belum mati dan mereka akan bangkit untuk membunuh. 

6. Kingdom Ashin of the North

https://www.youtube.com/embed/0MTbuQEt_IQ

Tayang pada tahun 2021, Kingdom Ashin of the North menceritakan asal muasal tumbuhan saengsacho yang dapat membangkitkan orang mati menjadi zombie. Inilah prequel dari serial Kingdom.

Berlatar saat invasi Jepang yang telah menghancurkan wilayah selatan Joseon, masalah baru berkembang di kawasan utara. Selain invasi Jepang, pemerintah Joseon juga mencurigai aktivitas Pajeowi di utara.

Untuk itu, Min Chi Rok (Park Byung Eun) dipercaya untuk memeriksa dan menjadi mata-mata. Membutuhkan bantuan, Min Chi Rok meminta bantuan Tahab (Kim Roi Ha) yang merupakan ayah Ashin (Jun Ji Hyun).

Di tengah kesibukan ayahnya menjadi mata-mata, kesehatan ibunya memburuk. Terdesak dengan situasi, Ashin pergi mengambil tumbuhan saengsacho untuk ibunya. Namun, saat dirinya kembali, ia sudah kehilangan semua orang yang disayanginya. Keadaan ini membuatnya memutuskan untuk membalas dendam. 

7. Bulgasal: Immortal Souls

https://www.youtube.com/embed/nPpkZGRJalw

Dengan genre romansa bercampur fantasi, Bulgasal: Immortal Souls menceritakan bulgasal yang merupakan makhluk yang telah hidup ratusan tahun. Dan Hwal (Lee Jin Wook), merupakan seorang bulgasal yang merangkap sebagai perwira militer, dirinya  memiliki tugas untuk menghilangkan sisa keberadaan dinasti sebelumnya. 

Awalnya, Dan Hwal adalah manusia biasa yang dikutuk menjadi bulgasal saat sedang menjalankan misi. Di sisi lain, Min Sang Un (Kwon Na Ra) yang dulunya adalah bulgasal, telah bereinkarnasi menjadi manusia dan tetap mengingat kehidupan masa lalunya. Ia hidup dalam persembunyian dengan mengubah nama dan identitasnya. 

8. Alive

https://www.youtube.com/embed/jQ8CCg1tOqc

Oh Joon Woo (Yoo Ah In), baru menyadari bahwa dirinya terjebak sendirian di dalam kamar, ketika wabah aneh mulai menginfeksi orang-orang yang mengubahnya menjadi zombie. Terjebak di dalam ruangan tanpa persediaan air, makanan dan sinyal, Oh Joon Woo kehilangan semua harapan dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya agar tidak lagi sengsara. 

Namun, ia mengurungkan niatnya ketika melihat Kim Yoo Bin (Park Shin Hye) di seberang jalan dari jendela kamarnya. Keduanya hanya mengandalkan berita di televisi dan jendela untuk mengawasi kehidupan di luar. Pada akhirnya, Oh Joon Wo dan Kim Yoo Bin bekerja sama dan saling mengawasi untuk bertahan di tengah wabah.

9. The Wailing

https://www.youtube.com/embed/43uAputjI4k

Kedamaian sebuah desa terpencil tiba-tiba terganggu saat seorang pria Jepang datang. Entah bagaimana, beberapa penduduk desa mulai menunjukkan gejala aneh yang mendorong mereka untuk membunuh keluarga mereka sendiri.

Sebagai seorang polisi, Jong Goo (Kwak Do Won) mulai menyelidiki kejadian misterius ini dan bertekad untuk mengakhiri bencana yang menimpa desanya. Seorang dukun bernama Il Gwang (Hwang Jung Min) dan seorang wanita misterius (Chun Woo Hee), bergabung dengan Jong Goo dalam usahanya untuk menyelamatkan desa dari nasib buruk ini.

Itulah deretan film dengan tema apocalyptic yang sukses membawa penonton hanyut dalam ketegangan. Kengerian dan ketakutan melihat perjuangan para tokoh saat bertahan hidup akan membuat penonton merinding. Kalau kamu sudah menonton yang mana saja, nih?

Baca Juga: 7 Drama Korea yang Dibumbui Kisah Aliran Sesat, Terbaru 'Hellbound' 

Baca Juga: 6 Drama Unggulan tvN yang Tayang Perdana Pada Paruh Pertama 2022

Baca Juga: 7 Film & Serial Bertema Luar Angkasa untuk Temani Akhir Pekanmu