Menghadirkan 100+ Sesi, IdeaFest 2022 Sukses Digelar di JCC

Menghadirkan 100+ Sesi, IdeaFest 2022 Sukses Digelar di JCC

Intip rangkaian keseruannya di sini!

Menghadirkan 100+ Sesi, IdeaFest 2022 Sukses Digelar di JCC

Resmi rampung, IdeaFest 2022 berhasil digelar selama empat hari berturut-turut di Jakarta Convention Center pada 24 - 27 November 2022 lalu. Tahun ini, IdeaFest 2022 mengundang lebih dari 300 pembicara dengan lebih dari 100 sesi yang isinya 'daging' semua. Sebagai salah satu pengunjung, saya tidak merasa menyesal harus menghabiskan waktu weekend di sini. 

Telah memfollow account Instagram resmi mereka sejak lama, tentu rasanya bersyukur dapat hadir dan menikmati berbagai sesi menarik penuh ilmu dari para ahli di bidangnya. Mulai dari influencer, menteri, CEO, youtuber, pegiat komunitas, penulis, hingga komedian Tanah Air digandeng menjadi pembicara. 

Mengusung tema “Reality Re:defined”, festival industri kreatif terbesar di Indonesia ini bukan hanya menghadirkan pembicara dari dalam negeri namun juga dari Negeri Sakura, Takashi Murakami. Bermitra dengan berbagai komunitas, IdeaFest 2022 menyediakan lima program menarik yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yakni Conference, IdeaTalks, Blok:verse, IdeaFest Music, serta Lucu Fest.

IdeaFest 2022 penuh insight dan ramai pengunjung!

Menghadirkan 100+ Sesi, IdeaFest 2022 Sukses Digelar di JCCinstagram.com/ideafestid

Sejak pagi, JCC sudah ramai dikunjungi. Bagaimana tidak? Mulai dari pukul 09.40 WIB pemegang tiket sudah dapat menikmati sesi-sesi inspiratif. Berkonsep layaknya festival musik, IdeaFest 2022 membagi tiap sesi ke dalam beberapa ruang, seperti Room FLUX, Room TIDE, hingga Room Play. 

Sedikit tips untuk mengunjungi acara yang berkonsep festival, penting membaca rundown sebelum datang dan membuat jadwal, sebab dari banyaknya sesi tentu kita tidak dapat mendatangi semuanya, bukan? Dari berbagai Room, hampir seluruhnya selalu full house, bahkan nggak jarang pengunjung rela duduk di bawah sebab kursi yang penuh.

Panitia pun mengizinkan, namun akan menghentikan jumlah pengunjung yang ingin masuk ke dalam Room jika dirasa akan overload, salah satunya saat sesi bersama Nadiem Makarim. Meski tak dapat masuk karena terlambat mengantre, ada banyak sesi lain yang bisa diikuti, kok!

Menghadirkan 100+ Sesi, IdeaFest 2022 Sukses Digelar di JCCinstagram.com/ideafestid

Salah satunya sesi bersama Joko Anwar (Sutradara), Kamila Andini (Sutradara dan Scrrip writer), Rusli Eddy (Content Lead Netflix Indonesia), Wicky. V Olindo (Co-Founder and CEO Screenplay Films) yang dimoderatori oleh Marissa Anita. Berlima mereka membahas mengenai perkembangan industri perfilman di Indonesia yang semakin maju. 

Setelahnya, saya melipir ke Room FLUX, Anton Wirjono (DJ & Founder Future10 & Brightspot Mrkt), Hanin Sidharta (Co-Founder Aksara records), dan Wendi Putranto (Co-Founder & Program Director M Bloc Group) berbincang mengenai festival musik yang sedang menjamur di Tanah Air dan bagaimana perkembangan musik gigs saat ini. 

Jangan heran jika di sini kamu menemukan berbagai topik yang masih jarang dibahas. Menurut Popbela sendiri, IdeaFest 2022 merupakan ladang untuk kamu yang haus ilmu, mencari koneksi, ingin bertukar wawasan, serta tempat yang tepat untuk menemukan new experience. Jika merasa tarif yang dikenakan untuk tiket masuk cukup mahal, hal ini sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan sepulang dari sini. 

Menghadirkan 100+ Sesi, IdeaFest 2022 Sukses Digelar di JCCPopbela.com/Aisyah Banowati

Di hari terakhir, Minggu (27/11/2022), IdeaFest 2022  turut mengundang Takashi Murakami sebagai international speaker. Ia merupakan seniman kontemporer asal Jepang yang menuntaskan pendidikan untuk mendapatkan gelar Ph.D. di Tokyo University of the Arts pada 1993. Karyanya telah dikenal secara internasional, ia juga terus berkolaborasi bersama nama-nama terkenal seperti Virgil Abloh (Perancang busana) dan Kanye West (Musisi). 

Dalam sesi conference bersamanya, Takashi Murakami membeberkan jika Machine56 adalah salah satu seniman Indonesia favoritnya. Ia bahkan membawa majalah karya si seniman asal Bandung tersebut ke atas panggung. Lebih lanjut, ia menambahkan jika seniman dan kreator asal Asia juga memiliki peluang yang besar untuk go international dengan terus belajar, menjadi diri sendiri, dan punya media promosi yang bagus.

Panggungnya para pekerja kreatif Tanah Air

Menghadirkan 100+ Sesi, IdeaFest 2022 Sukses Digelar di JCCinstagram.com/ideafestid

Bukan hanya menghadirkan pembicaraan menarik seputar dunia kreatif, ekonomi, metaverse, hingga perfilman, IdeaFest 2022 juga menampilkan live performance dari content creator dan penyanyi Tanah Air dalam sesi Idea Fest Musik. Jompo friendly, Idea Fest Musik mengharuskan penonton duduk untuk beberapa penampilan.  

Belum genap pukul 18.00 WIB namun para pengunjung sudah memasuki Cendrawasih Room dan menanti penampilan perdana dari Aulion yang akan membawakan "Rewind Indonesia 2022 Live Performance". Bukan hanya live performance, Aulion turut membawa tim yang dapat berbahasa isyarat sehingga teman-teman yang tuli juga dapat menikmati penampilan mereka malam itu. 

Menghadirkan 100+ Sesi, IdeaFest 2022 Sukses Digelar di JCCinstagram.com/ideafestid

Selesai bersenang-senang dengan Aulion, girl group pendatang baru V1RST membawakan single debut mereka “Malu Malu”. Meski hanya membawakan satu lagu, tapi tidak jarang pengunjung yang ikut sing along saat mereka tampil. Setelahnya, bersama-sama seluruh penonton berdiri sebab RAN akan tampil. 

Dimulai dengan “Selamat Pagi” siapa yang tidak bersemangat saat mereka tampil? Penampilan Nino CS ini memang hampir nggak pernah mengecewakan, bahkan di tengah penampilan, mereka menunjukkan koreografi sederhana namun menghibur yang dihadiahi tawa dari penonton. Tentunya, penampilan band yang telah dibentuk sejak 2006 ini terasa nggak lengkap kalau bukan ditutup dengan “Pandangan Pertama”.

Menghadirkan 100+ Sesi, IdeaFest 2022 Sukses Digelar di JCCinstagram.com/ideafestid

Karena ada V1RST, tentu rasanya kurang kalau nggak ada rekan satu agensi mereka, UN1TY. Sebagai boy grup asli Indonesia, UN1TY ikut memeriahkan panggung IdeaFest 2022. Meski hanya hadir tujuh dari delapan anggota, namun UN1TY tetap berhasil bikin para penonton histeris saat mereka memasuki panggung. 

Adapun penampilan dari penyanyi pendatang baru, Christie. Lewat suaranya yang merdu dan pembawaannya yang anggun, penyanyi kelahiran 1997 ini berhasil bernyanyi dengan memukau. Ssstt... Ada yang unik, mulai dari penyanyi latar dan band pengiring saat ia tampil semuanya perempuan, lho!

Menghadirkan 100+ Sesi, IdeaFest 2022 Sukses Digelar di JCCinstagram.com/ideafestid

Last but not least, hari yang panjang dan melelahkan tersebut ditutup dengan penampilan dari Feel Koplo. Meski IdeaFest Music hanya hadir pada Jumat (25/11/2022), namun keseruan IdeaFest 2022 terus berlanjut di hari-hari berikutnya.

Bahkan di gelaran terakhir, pada Minggu (27/11/2022), ada Lucu Fest yang menghadirkan lebih dari 70 penampilan dari para standup comedian Tanah Air. Mulai dari pukul 10.00 WIB hingga 18.00, para pengunjung yang ingin menonton Lucu Fest masih bisa membeli tiket secara on the spot di JCC. 

Itulah keseruan gelaran IdeaFest 2022 selama empat hari berturut-turut. Bukan hanya menghadirkan berbagai sesi pembicaraan menarik, acara juga terkoordinir dengan baik. Mulai dari ketepatan waktu pelaksanaan, pengunjung yang menerapkan protokol kesehatan dengan tertib, hingga jajaran tim IdeaFest 2022 yang sigap membantu. Apa kamu salah satu yang turut hadir dan menambah keramaian JCC kemarin? 

Baca Juga: IdeaFest 2022: Yakin Gen-Z Jadi The Next Future Leader?

Baca Juga: IdeaFest 2022: Kolaborasi 300+ Insan & Komunitas Industri Kreatif 

Baca Juga: Mengenal Shinta Kamdani, Woman Leader dalam Presidensi B20 Indonesia

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

10 Inspirasi Desain Rumah Eropa Klasik yang Bisa Ditiru

10 Inspirasi Desain Rumah Eropa Klasik yang Bisa Ditiru

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Jangan Tinggalkan Salat, Ini Niat dan Tata Cara Salat Jamak Taqdim

Jangan Tinggalkan Salat, Ini Niat dan Tata Cara Salat Jamak Taqdim