Burung merupakan salah satu hewan dalam kelas Aves yang memiliki bulu dan kemampuan untuk terbang. Menurut primbon Jawa, burung adalah salah satu hewan yang dianggap dapat membawa keberuntungan.

Namun, tidak semua jenis burung dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Dalam primbon Jawa, hewan ini dianggap sebagai pembawa roh yang membawa kesuburan, kekuatan serta perlindungan. 

Dengan perawatannya yang cukup mudah, burung banyak dipelihara oleh masyarakat. Kali ini, Popbela akan membagikan informasi mengenai jenis burung yang dianggap membawa keberuntungan menurut Primbon Jawa.

1. Burung hantu

7 Jenis Burung yang Membawa Keberuntungan Menurut Primbon JawaPIXABAY/CAPRI23AUTO

Aktif pada malam hari, menurut primbon Jawa burung hantu dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemilik yang merawatnya. Burung hantu merupakan representasi dari kebijakan dan ramalan yang membawa pesan dari alam baka. Selain primbon Jawa, kepercayaan Yunani menjadikan burung hantu sebagai simbol dari Dewi Athena. Seorang dewi yang memiliki sifat bijaksana, cerdas dan pandai.

2. Burung perkutut

7 Jenis Burung yang Membawa Keberuntungan Menurut Primbon JawaHawaii Bird Guide

Dalam kepercayaan primbon Jawa, burung perkutut adalah simbol dari keberuntungan. Pada masa kejayaan kerajaan di tanah Jawa, burung perkutut merupakan hewan yang dipelihara oleh para raja dan bangsawan. Selain membawa keberuntungan, burung perkutut juga dipercaya akan membuat pemiliknya menjadi terkenal. 

3. Burung pelatuk

7 Jenis Burung yang Membawa Keberuntungan Menurut Primbon Jawaravallirepublic.com

Burung pelatuk senang hidup di hutan belantara yang memiliki banyak pohon dan kayu. Jenis burung yang satu ini, memiliki lidah panjang untuk memakan serangga yang berada di dalam batang pohon. Menurut primbon Jawa, burung pelatuk adalah simbol komunikasi sehingga mengingatkan pemiliknya untuk tetap menjaga komunikasi yang baik dengan kerabat.

4. Burung derkuku

7 Jenis Burung yang Membawa Keberuntungan Menurut Primbon Jawaid.wikipedia.org

Burung derkuku adalah merpati kecil dengan suara merdu, yang membawa ketenangan bagi pemiliknya. Jenis ini, senang hidup berpasangan dan masih satu kerabat dengan burung perkutut serta burung puter. Menurut primbon Jawa, memelihara burung derkuku dapat membawa keberuntungan, membuat pemiliknya terhindar dari bencana, serta menolak santet.

5. Burung merpati

7 Jenis Burung yang Membawa Keberuntungan Menurut Primbon JawaUnsplash/Douglas Bagg

Jauh sebelum manusia mengenal ponsel, burung merpati banyak digunakan sebagai sarana untuk mengirim pesan. Bahkan, burung merpati masih eksis untuk mengirim pesan pada perang dunia pertama. 

Dalam primbon Jawa, burung merpati dilambangkan sebagai kesetiaan. Dipercaya, jika kamu memelihara burung merpati, akan membawa keberkahan dan kedamaian dalam keluarga.

6. Burung gelatik

7 Jenis Burung yang Membawa Keberuntungan Menurut Primbon Jawawww.iucnredlist.org

Jenis burung yang dipercaya membawa keberuntungan menurut primbon Jawa adalah burung gelatik. Burung gelatik, termasuk kategori burung pengicau yang berasal dari daerah selatan. Dalam primbon Jawa, gelatik artinya mengotak atik pikiran. 

Diartikan, jika kamu memikirkan secara mendalam mengenai pekerjaan yang akan kamu lakukan, tentunya kamu akan membawa banyak keuntungan. Jadi, kita harus selalu memikirkan dan mengevaluasi setiap tindakan, agar rezeki dapat terus mengalir.

7. Burung puter brenggolo

7 Jenis Burung yang Membawa Keberuntungan Menurut Primbon Jawahewanpedia.com

Burung puter brenggolo, masuk ke dalam spesies keluarga Columbidae yang memiliki suara merdu. Menurut primbon Jawa, burung puter brenggolo melambangkan keberuntungan dan dapat memperlancar rezeki. Puter diartikan sebagai rezeki yang terus muter atau mengalir sehingga tidak pernah habis. Brenggolo diartikan sebagai penarik rezeki. 

Itulah jenis burung yang membawa keberuntungan menurut primbon Jawa. Selain burung, ada jenis hewan lain yang juga dipercaya mendatangkan rezeki, di antaranya kelelawar, babi, anjing, gajah, ikan koi, burung bangau dan rusa. Kalau kamu, lebih memilih memelihara apa, Bela?

Baca Juga: 7 Arti Mimpi Bertemu dengan Anjing Menurut Primbon Jawa

Baca Juga: 8 Jenis Burung Hantu Asal Indonesia yang Bisa Jadi Peliharaanmu

Baca Juga: 5 Fakta Burung Ababil, Ciptaan Allah Pengingat Sifat Sombong Manusia