Menjelang diskon belanja 11.11, akan ada beragam diskon menarik pada e-commerce kesayangan kamu. Agensi riset pasar YouGov, pada bulan September, telah melakukan survei lebih dari 13.000 orang dari 11 pasar Asia, untuk mempelajari kebiasaan digital dan membantu konsumen untuk lebih berhati-hati saat belanja online

Selain maraknya diskon pada 11.11, kejahatan siber juga semakin meningkat. Banyak pengguna yang secara tidak sadar atau sadar namun mengabaikan, bahwa datanya telah dicuri. 

Amanda Chan selaku Product Marketing Manager Google Indonesia, membagikan beberapa tips supaya akun kamu tetap aman, nih Bela. Biar keamanan data kamu tetap terjamin, yuk simak tipsnya!

1. Membuat sandi yang aman

Jelang Diskon Belanja 11.11, Cegah Kebocoran Data Pada Akun Kamu!freepik.com

Kamu perlu membuat sandi yang aman, dengan mengkombinasikan huruf, angka dan simbol. Besar kecilnya huruf juga berpengaruh terhadap kekuatan sandi kamu, nih! Menurut survei, 4 dari 5 responden, akan mengubah kata sandi mereka jika ada potensi kebobolan. Nah, sebelum menjadi korban, yuk, buat sandi yang aman, Bela!

2. Melakukan pemeriksaan keamanan Google

Jelang Diskon Belanja 11.11, Cegah Kebocoran Data Pada Akun Kamu!freepik.com

Kamu dapat melakukan pemeriksaan keamanan akun Google melalui g.co/securitychechup. Di sini, kamu dapat melihat apakah pernah terjadi pembobolan sandi atau tidak. Jika sandi kamu pernah terbobol, kamu bisa langsung mengganti sandi kamu, agar lebih kuat. Keunggulan lainnya, kamu dapat melihat berapa kali, kamu menggunakan sandi yang sama untuk berbagai akun. 

3. Password manager dan password check-up

Jelang Diskon Belanja 11.11, Cegah Kebocoran Data Pada Akun Kamu!www.searchenginejournal.com

Password manager dan password check up dapat kamu manfaatkan untuk melindungi sandi kamu, nih! Fitur ini dapat kamu gunakan, jika sebelumnya kamu telah menyimpan username dan sandi, pada situs yang terjangkau oleh Google. Password check-up akan memberikan saran kepada pengguna, agar menggunakan kata sandi yang berbeda pada setiap akun, serta memberi notifikasi jika ada yang tidak beres dengan akun kamu.

4. Menyiapkan 2FA di akun Google

Jelang Diskon Belanja 11.11, Cegah Kebocoran Data Pada Akun Kamu!exporthub.co

2FA atau two factor authentication, adalah sistem keamanan yang hadir, dengan memberikan dua jenis autentifikasi kepada penggunanya, agar keamanan lebih terjamin. Dengan menggunakan fitur 2FA, kamu telah melakukan perlindungan lebih terhadap akun kamu. Jadi, akun kamu akan sulit diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dalam penutupnya Amanda Chan menyampaikan, “Selalu ingat bahwa password, salah satu resiko besar dalam ranah daring. Jadi, kita harus selalu attack our password dan be very aware, of course. Kalau ada satu langkah yang bisa dipake ya itu pastinya password manager.”

Terdengar merepotkan, ya? Namun, kamu hanya perlu meluangkan waktu selama 2 menit untuk mengamankan akun kamu, lho. Saat akun kamu sudah aman, jangan bagikan sandi ke orang lain, ya. Hindari pula melakukan transaksi keuangan menggunakan wi-fi umum, hal ini dapat memperbesar peluang adanya kebocoran data.

Baca Juga: Lindungi Data Pribadimu, Ini 10 Tips Aman Berinternet dari Google

Baca Juga: 11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesia

Baca Juga: Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internet