7 Selebriti Dunia yang Ikut Berdonasi Untuk Ukraina

Bantuan Kemanusiaan, 7 Selebriti Dunia Ini Berdonasi Untuk Ukraina

Mulai dari musisi, aktor, model, hingga bangsawan

Bantuan Kemanusiaan, 7 Selebriti Dunia Ini Berdonasi Untuk Ukraina

Invasi perang Rusia ke Ukraina telah banyak menelan korban, baik dari kalangan warga sipil maupun tentara dari kedua belah pihak. Mengetahui keadaan ini, sejumlah selebriti menggunakan media sosial mereka untuk membantu krisis kemanusiaan setelah invasi Rusia ke Ukraina dilancarkan pertama kali, pada (24/02/2022).

Adapun jajaran selebriti yang tidak segan memberikan sumbangan dalam jumlah besar untuk membantu upaya kemanusiaan. Melansir dari CNA Luxury, ada siapa saja, ya?

1. Gigi Hadid

Bantuan Kemanusiaan, 7 Selebriti Dunia Ini Berdonasi Untuk Ukrainainstagram.com/gigihadid

Model berkebangasaan Amerika Serikat, Gigi Hadid, mengumumkan bahwa dirinya menyumbangkan pendapatan dari Fashion Month sebagai upaya bantuan ke Ukraina. Selama beberapa minggu terakhir, Gigi memang baru saja menyelesaikan beberapa pekerjaannya sebagai model di pertunjukkan besar musim gugur 2022 untuk Michael Kors, Versace hingga Vivienne Westwood.

Bantuan Kemanusiaan, 7 Selebriti Dunia Ini Berdonasi Untuk Ukrainainstagram.com/gigihadid

Mengutip dari Vogue.com, Gigi menuliskan pesan melalui laman Instagram pribadinya pada (6/03/2022). “Memiliki jadwal bulan mode yang ditetapkan membuat saya dan rekan-rekan saya sering menghadirkan koleksi mode baru selama masa-masa yang memilukan dan traumatis dalam sejarah,” tulis Hadid. 

“Kami tidak memiliki kendali atas sebagian besar jadwal kerja kami, tetapi kami ingin berjalan 'untuk' sesuatu. Mengikuti jejak teman saya @micarganaraz , saya berjanji untuk menyumbangkan penghasilan saya dari pertunjukan musim gugur 2022 untuk membantu mereka yang menderita perang di Ukraina, serta terus mendukung mereka yang mengalami hal yang sama di Palestina.”

2. Lee Young Ae

Bantuan Kemanusiaan, 7 Selebriti Dunia Ini Berdonasi Untuk Ukrainainstagram.com/leeyoungae0824

Pemeran Seo Jang Geum dalam drama Korea Jewel in the Palace (2003), Lee Young Ae telah menyumbangkan 100 juta won atau lebih dari Rp1 miliar. Melalui laman Twitter Duta Besar Ukraina untuk Korea Selatan, Dmytro Ponomarenko, beliau mengungkapkan rasa terima kasihnya. 

“Kami sangat senang dan tersentuh oleh surat dan kontribusi keuangan yang besar dari aktris terkenal Korea Lee Young Ae untuk mendukung Ukraina dan permintaan untuk mengakhiri perang sesegera mungkin! Donasi akan disalurkan untuk kebutuhan para korban agresi Rusia,” tulis Ponomarenko, Selasa (01/03/2022).

Sumbangan kepada korban invasi Rusia tersebut dikirimkan Lee Young dalam bentuk cek dan surat. Di dalam suratnya, aktris sekaligus model ini mengungkapkan simpatinya kepada korban invasi, khususnya rakyat Ukraina. Dirinya berharap agar kondisi segera membaik dan semua orang dapat terlindungi.

3. Pangeran Harry dan Meghan Markle

Bantuan Kemanusiaan, 7 Selebriti Dunia Ini Berdonasi Untuk Ukrainainstagram.com/dukeandduchessofsussexdaily

Turut merasa simpati, Pangeran Harry dan Meghan Markle memberikan dukungan mereka kepada rakyat Ukraina melalui Yayasan Archerwell. Keduanya pertama kali menyuarakan dukungan mereka pada bulan Februari dalam sebuah pernyataan, “Duke dan Duchess of Sussex dan kita semua di Archewell berdiri bersama rakyat Ukraina melawan pelanggaran hukum internasional dan kemanusiaan ini dan mendorong komunitas global dan pemimpinnya untuk melakukan hal yang sama.”

Bantuan Kemanusiaan, 7 Selebriti Dunia Ini Berdonasi Untuk Ukrainainstagram.com/dukeandduchessofsussexdaily

Mengutip dari harpersbazaar.co.id, Pangeran Harry dan Meghan memberikan sumbangan kepada media Ukraina setelah mengetahui kabar bahwa jurnalis lokal dan asing terus terluka dan terbunuh oleh serangan Rusia saat bertugas di Ukraina. Selain itu, sumbangan juga diberikan untuk beberapa organisasi seperti HIAS (Helping Ukrainian Families Settle), World Central Kitchen, the World Health Organization dan The HALO Trust.

4. Roger Federer

Bantuan Kemanusiaan, 7 Selebriti Dunia Ini Berdonasi Untuk Ukrainainstagram.com/rogerfederer

Roger Federer, atlet tenis asal Swiss ini juga turut memberikan sumbangan sebesar 500.000 USD atau setara Rp7 miliar sebagai bantuan kepada anak-anak sekolah di Ukraina.

Melalui akun Twitternya Roger menuliskan, “Saya dan keluarga saya ngeri melihat gambar-gambar dari Ukraina dan patah hati untuk orang-orang tak berdosa yang telah sangat terpengaruh. Kami berdiri untuk perdamaian.” 

Dirinya pun melanjutkan, “Kami akan memberikan bantuan kepada anak-anak dari Ukraina yang membutuhkan perawatan, sekitar enam juta anak Ukraina saat ini tidak bersekolah dan kami tahu ini adalah waktu yang sangat kritis untuk menyediakan akses pendidikan dan ingin mendukung mereka menghadapi pengalaman yang sangat traumatis ini.”

5. Yang Dong Geun

Bantuan Kemanusiaan, 7 Selebriti Dunia Ini Berdonasi Untuk Ukrainainstagram.com/king_ydg

Penyanyi rap, produser, sekaligus aktor asal Korea Selatan, Yang Dong Geun mendonasikan 10 juta won atau Rp117 juta, serta mempersembahkan gambar yang digambar oleh putrinya yang berusia 6 tahun.  

"Saya terkejut melihat wajah seorang gadis enam tahun yang tewas dalam penembakan Rusia di berita," ungkap ayah tiga anak itu. "Saya tidak bisa berkonsentrasi pada apa pun karena saya sangat patah hati sepanjang hari. Saya ingin mengungkapkan cinta dan kenyamanan saya kepada para korban Ukraina dan keluarga mereka."

6. Ashton Kutcher dan Mila Kunis

https://www.youtube.com/embed/KicW73ZJfCs

Pasangan Ashton Kutcher dan Mila Kunis telah berhasil menggalang dana lebih dari 30 juta dolar atau setara Rp430 juta untuk Ukraina. Mila Kunis sendiri merupakan aktris Amerika kelahiran Ukraina.

Pada sebuah video yang diposting di halaman Instagram Ashton, Mila mengungkapkan, “Peristiwa yang terjadi di Ukraina sangat menghancurkan. Tidak ada tempat di dunia ini untuk serangan tidak adil semacam ini terhadap kemanusiaan.”

Atas bantuan dan penggalangan dana yang mereka lakukan, Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan rasa terima kasihnya melalui Twitter.

7. Blake Lively dan Ryan Reynolds

Bantuan Kemanusiaan, 7 Selebriti Dunia Ini Berdonasi Untuk Ukrainainstagram.com/vancityreynolds

Melansir dari People.com, pasangan selebriti Hollywood, Blake Lively dan Ryan Reynolds berjanji mencocokan sumbangan untuk pengungsi Ukraina hingga 1 juta dolar, setara Rp14 juta.

"Dalam 48 jam, banyak warga Ukraina terpaksa meninggalkan rumah mereka ke negara tetangga. Mereka membutuhkan perlindungan," tulis bintang Deadpool ini di Twitter.

Keduanya juga mengajak para pengikut media sosial mereka untuk membantu warga Ukraina yang terlantar akibat konflik.

Istrinya, Blake juga mengunggah pesan melalui akun Instagramnya, “@VancityReynolds dan saya menggandakan setiap dolar yang disumbangkan ke @usaforunhcr hingga $1.000.000. Tautan di bio untuk berdonasi.”

Dia melanjutkan, “@usaforunhcr ada di lapangan membantu 50.000+ warga Ukraina yang harus meninggalkan rumah mereka dalam waktu kurang dari 48 jam. @usaforunhcr memberikan bantuan penyelamatan jiwa, dan juga bekerja dengan negara-negara tetangga untuk memastikan perlindungan bagi keluarga-keluarga ini.”

Itulah jajaran selebriti hingga bangsawan yang bersimpati dan tidak segan menyumbangkan uangnya untuk korban perang. Mengingat invasi yang masih terus berlanjut dan korban yang semakin banyak berjatuhan, semoga keadaan cepat membaik!

Baca Juga: Makin Tegang, Ini Kronologi Rusia Lakukan Invasi Besar ke Ukraina

Baca Juga: Ini Perkiraan Efek Invasi Rusia ke Ukraina Terhadap Ekonomi Dunia

Baca Juga: Rusia Vs Ukraina, Ini Ramalan Nostradamus Tentang Perang Dunia III

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Selain GWS, Ini Singkatan Bahasa Inggris Kekinian yang Perlu Kamu Tahu

Selain GWS, Ini Singkatan Bahasa Inggris Kekinian yang Perlu Kamu Tahu

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel dengan Mudah dan Cepat