Pernahkah kamu merasa suntuk dan malas bekerja akibat meja kerja yang berantakan? Meja kerja merupakan zona nyaman saat bekerja di kantor ataupun work from home.

Di tempat inilah kita menghabiskan waktu untuk bekerja dan belajar. Untuk menambah semangat bekerja, tidak jarang banyak orang yang menambahkan beberapa pajangan seperti poster, vas bunga, sticky notes atau pigura foto. 

Namun, jika terlalu banyak menambahkan barang yang tidak perlu, hal tersebut akan membuat meja kerja terlihat berantakan dan membuat kamu terlihat tidak profesional di tempat kerja. 

Jadi, apa saja kebiasaan yang dapat membuat meja kerja kamu berantakan dan bagaimana cara mengatasinya? 

1. Sticky notes yang ditempel secara acak

6 Kebiasaan yang Bikin Meja Kerja Berantakan dan Cara Mengatasinyawww.freepik.com/rawpixel-com

Sticky notes atau catatan tempel berwarna-warni, adalah kertas catatan dengan ukuran khusus yang biasa digunakan sebagai pengingat. Selain sebagai pengingat, kamu bisa menuliskan quotes inspiratif untuk meningkatkan rasa semangat saat bekerja. 

Namun, jika terlalu banyak menempelkan sticky notes, area meja kerja kamu akan terlihat berantakan. Hal ini juga dapat membuat kamu melupakan catatan penting karena tertutup banyak informasi. 

Sebaiknya, tempel sticky notes di area tertentu baik secara horizontal atau vertikal. Dengan menempelkannya secara tersusun, kamu akan lebih mudah membaca setiap informasi yang tertera, serta membuat meja kerja terlihat rapi.

2. Kalender yang terlalu banyak catatan

6 Kebiasaan yang Bikin Meja Kerja Berantakan dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Kalender merupakan salah satu pajangan multifungsi yang dapat ditaruh di meja kerja. Fungsinya, sebagai pengingat tanggal-tanggal penting seperti jadwal meeting, deadline pekerjaan sampai pengingat hari ulang tahun. 

Namun, untuk kalender di meja kerja, sebaiknya hanya digunakan untuk menandai tanggal dan waktu yang berkaitan dengan pekerjaan. Hindari menandai hal-hal di luar pekerjaan, yang dapat mengganggu konsentrasi saat bekerja.

3. Kotak makan siang yang menumpuk

6 Kebiasaan yang Bikin Meja Kerja Berantakan dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Jam makan siang adalah salah satu waktu yang ditunggu-tunggu. Kita dapat melepas lelah sejenak, sambil mengisi kembali tenaga dengan menu makanan yang bergizi. Selesai makan, hindari menumpuk kotak makan dan piring di meja kerja, selain membuat meja terlihat berantakan, aromanya juga akan mengganggu. 

Kamu bisa menumpuknya di dapur atau memindahkannya ke meja lain saat akan kembali bekerja. Jika memiliki waktu luang, cucilah bekas tempat makan yang sebelumnya telah kamu gunakan, untuk menghindari datangnya kerumunan lalat dan semut.

4. Memajang mainan di meja kerja

6 Kebiasaan yang Bikin Meja Kerja Berantakan dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Beberapa orang suka memajang action figure dari film atau game favoritnya. Selain membuat meja kerja terlihat lebih estetik, keberadaan action figure juga membuat pemiliknya merasa lebih semangat. 

Memajang mainan yang terlalu berlebihan, kurang mencerminkan sisi profesional dalam bekerja. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan dianggap belum dewasa untuk menjalani proyek penting. Jika ingin memajang action figure, pilihlah satu yang menjadi favorit dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar tidak mengganggu. 

5. Memajang poster yang berlebihan

6 Kebiasaan yang Bikin Meja Kerja Berantakan dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Selain pajangan action figure, beberapa orang juga memajang poster di area sekitar meja kerja. Meskipun di kantor kita tidak dapat memajang poster, kamu bisa memajang poster di area sekitar meja kerja di rumah.

Hindari memajang poster yang mengandung quotes bernada negatif, karena hal ini akan mempengaruhi kamu sedikit demi sedikit. 

Sebaiknya, pilihlah quotes yang bisa menambah motivasi juga menginspirasi saat bekerja. Jika kita membacanya berulang-ulang, secara tidak sadar, kita akan termotivasi dan menjadi lebih semangat untuk bekerja.

6. Penumpukan dokumen di meja kerja

6 Kebiasaan yang Bikin Meja Kerja Berantakan dan Cara Mengatasinyawww.freepik.com/jcomp

Biasanya, kita menumpuk dokumen penting di atas meja dengan tujuan agar tidak lupa untuk mengerjakannya.

Namun, penumpukan dokumen yang tidak teratur akan membuat siapapun sulit untuk menemukan dokumen penting yang sedang dicari. Hal ini tentunya akan menurunkan tingkat produktivitas dan meningkatkan stres. 

Sebaiknya, simpan dokumen dalam satu folder untuk memudahkan pencarian saat dibutuhkan.

Cara efektif merapikan meja kerja

6 Kebiasaan yang Bikin Meja Kerja Berantakan dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Meja kerja yang rapi akan meningkatkan produktivitas kamu saat bekerja. Kamu juga tidak akan mudah terdistraksi dengan gangguan yang tidak penting, sehingga dapat bekerja lebih maksimal. Untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa tips untuk merapikan meja kerja agar semakin produktif. 

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengosongkan meja terlebih dahulu. Singkirkan semua barang dan bersihkan meja untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Jika memungkinkan, ubah posisi barang-barang untuk menciptakan suasana baru yang lebih segar. 
  • Kedua, pisahkan barang yang masih terpakai dengan yang sudah layak buang. Benda-benda yang sudah tidak terpakai harus dibuang agar tidak menumpuk di meja. 
  • Setelah itu, atur dan simpan berkas-berkas dalam satu folder agar mudah dicari saat dibutuhkan.
  • Terakhir, letakkan tempat sampah di dekat area meja kerja, untuk menjaga kebersihan meja dari sampah dokumen ataupun bungkus makanan.

Itulah beberapa faktor yang membuat meja kerja berantakan dan cara mengatasinya. Meskipun memiliki meja kerja yang kecil, jika dikelola dengan baik, tentunya akan menonjolkan nilai fungsionalnya. Ditambah dengan beberapa hiasan menarik, pastinya akan membuat kamu lebih semangat lagi untuk bekerja.

Baca Juga: Begini Mengatur Meja Kerja Supaya Semakin Nyaman Bekerja

Baca Juga: Ternyata, Barang di Atas Meja Kerja Mencerminkan Kepribadian Seseorang

Baca Juga: 10 Pot Tanaman Menggemaskan Ini Siap Percantik Meja Kerjamu