Bagi kamu yang sudah gerah dengan urusan kehadiran semut di rumah, cara mengusir semut penting untuk diketahui. Semut yang berkerumun di dalam rumah dapat menjadi gangguan yang cukup besar tidak hanya terhadap makanan di rumah, namun ke kebersihan rumah juga. Berbagai langkah pun dilakukan untuk mengusir semut, salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami.

Selain aman digunakan, bahan alami pengusir semut juga dapat dengan mudah ditemukan di sekitar rumah. Berikut beberapa cara mengusir semut dengan bahan alami yang perlu kamu ketahui.

Mengapa bisa ada semut?

7 Cara Mengusir Semut Anti Ribet, Ketahui PenyebabnyaAsiaone.com

Semut merupakan hewan yang sering dijumpai di mana saja. Hewan satu ini biasanya suka mengerubungi berbagai macam makanan yang berbau menyengat atau yang ada di tempat terbuka. Lalu mengapa semut bisa datang? Berikut penjelasannya.

  • Adanya makanan manis yang bisa mengundang semut untuk datang. Hal ini dikarenakan semut menyukai segala makanan yang manis, misalnya saja gula.
  • Ada bangkai hewan kecil. Terkadang semut juga mengerubungi bangkai hewan kecil yang mati di rumah. Misalnya saja cicak dan serangga.
  • Makanan yang tidak ditutup. Makanan yang berbau menyengat dan tidak ditutup yang ada di rumah bisa mengundang datangnya semut. Mereka akan memakan makanan tersebut.
  • Tempat yang tidak bersih. Ini menjadi salah satu tempat berkembangbiaknya telur semut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan sekitar.

Cara mengusir semut yang ampuh dengan bahan alami

7 Cara Mengusir Semut Anti Ribet, Ketahui PenyebabnyaPixabay/ekamelev

Pada dasarnya, hewan semut bisa diusir dengan berbagai cara yang mudah. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai barang-barang yang ada di sekitar tempat tinggal. Berikut ini adalah cara mengusir semut menggunakan bahan alami yang dapat kamu praktikkan dengan mudah di rumah.

Menggunakan kapur

7 Cara Mengusir Semut Anti Ribet, Ketahui Penyebabnyapublicinsta.com

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengusir semut di dalam rumah adalah dengan menggunakan kapur khusus pengusir semut. Kapur ini mengandung zat karbohidrat yang akan membantu dalam mengusir semut secara efektif. Cara yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Ambil kapur dan tumbuk hingga lembut
  • Campurkan bubuk kapur dengan campuran minyak tanah atau air
  • Siapkan wadah kemudian tuangkan campuran minyak tanah dan air dalam wadah tersebut
  • Semprotkan pada seluruh permukaan kasur khususnya di bagian celah-celah kasur. Pastikan membuatnya jauh dari jangkauan anak

Menggunakan buah lemon

7 Cara Mengusir Semut Anti Ribet, Ketahui PenyebabnyaUnsplash.com/Julia Peretiatko

Lemon merupakan buah yang sangat digemari oleh semua orang. Ini karena lemon adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, lemon juga memiliki manfaat untuk membasmi semut. Berikut cara penggunannya.

  • Peraslah beberapa buah lemon hingga sarinya terambil semua
  • Campur perasaan buah lemon tersebut ke dalam larutan cairan pel
  • Gunakan untuk mengepel lantai khususnya pada bagian yang sering digunakan tempat berkumpulnya semut

Selain menggunakan larutan sari lemon, kamu juga bisa memanfaatkan kulit lemon untuk mengusir semut di rumah. Caranya hanya dengan menempatkan kulit lemon tersebut pada beberapa titik yang sekiranya dijadikan sarang semut.

Jeruk

7 Cara Mengusir Semut Anti Ribet, Ketahui PenyebabnyaHealthmagazine.com

Sama dengan lemon, jeruk juga menjadi salah satu buah yang tidak disukai semut. Maka tidak heran jeruk bisa digunakan sebagai sarana untuk mengusir dan membasmi semut yang berkeliaran di rumah. Caranya adalah dengan menempatkan kulit jeruk pada beberapa bagian rumah.

Kamu juga bisa mencampurkan perasaan jeruk ke dalam segelas air. Setelah itu, semprotkan pada berbagai tempat yang sekiranya dijadikan tempat bersarang semut. Sebelum menggunakan, jangan lupa untuk mengocoknya agar tercampur rata.

Merica

7 Cara Mengusir Semut Anti Ribet, Ketahui PenyebabnyaPixabay

Merica dikenal sebagai bumbu masakan. Namun, ternyata merica juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut di dalam rumah. Caranya dengan menaburkan bubuk merica ke berbagai tempat yang digunakan sebagai sarang semut.

Cabai rawit dan lada hitam

7 Cara Mengusir Semut Anti Ribet, Ketahui Penyebabnyafreepik.com/KamranAydinov

Selain merica, kamu juga bisa menggunakan cabai rawit atau lada hitam. Untuk mengaplikasikannya, kamu hanya perlu mencampurkan bahan tersebut dengan air secukupnya. Setelah itu, semprotkan pada beberapa bagian yang menjadi sarang semut.

Garam

7 Cara Mengusir Semut Anti Ribet, Ketahui Penyebabnyaeverydayhealth.com

Selain memberikan rasa pada masakan, garam juga berkhasiat untuk mengusir semut yang berkeliaran di rumah. Ini menjadi salah satu hal yang mudah untuk dilakukan. Berikut caranya.

  • Rebuslah air dan tambahkan garam
  • Siapkan wadah dan masukkan hasil rebusan tersebut
  • Semprotkan pada sekitar rumah (khususnya di bagian sarang semut untuk membasmi hewan tersebut)

Cuka putih

7 Cara Mengusir Semut Anti Ribet, Ketahui PenyebabnyaInstagram.com/Healthylifebalance101

Cuka putih juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengusir semut. Semut tidak akan tahan dengan bau cuka yang sangat menyengat. Berikut cara penggunaannya:

  • Siapkan larutan air dan cuka putih dengan takaran yang sama
  • Tambahkan beberapa tetes minyak essensial ke dalamnya
  • Kocoklah hingga tercampur secara rata
  • Simpan larutan dan taburkan pada titik masuknya semut
  • Ulangilah sehari sekali secara berlahan semut akan menghilang

Tips agar rumah terhindar dari semut

7 Cara Mengusir Semut Anti Ribet, Ketahui PenyebabnyaPixabay/ROverhate

Tidak bisa dihindari lagi memang semut merupakan hewan yang sering kali ada pada setiap rumah. Ada tidaknya semut ini ternyata tergantung dari bagaimana para penghuni rumah menjaga kebersihan.

Ada beberapa tips untuk menjaga rumah agar terhindar dari semut, di antaranya sebagai berikut.

  • Menyapu lantai rumah setiap hari. Jangan lupa untuk menyapu pada bagian celah celah pada di rumah yang biasanya digunakan sebagai sarang semut
  • Rajin mengepel rumah menggunakan wewangian
  • Semprot rumah menggunakan wewangian karena semut tidak suka bau wangi
  • Simpan makanan secara tertutup rapat

Itulah cara membasmi semut dengan bahan alami yang ampuh dan mudah dipraktikkan. Langkah ini menjadi cara yang efektif tanpa harus ribet membeli berbagai macam obat anti semut yang ada di pasaran.

Baca Juga: 9 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumah

Baca Juga: Ini 7 Cara Ampuh Usir Kecoak Terbang di Rumah

Baca Juga: 12 Cara Mengusir Cecak yang Ampuh dengan Bahan-Bahan di Rumah