Di tengah perkembangan produk perawatan kulit yang semakin diminati oleh kaum perempuan, kehadiran Niacinamide menjadi suatu hal yang sangat disambut baik oleh para pengguna skincare. Jika kamu salah satunya, pasti sudah nggak asing dong dengan kandungan bahan yang satu ini? Jika kamu perhatikan, berbagai brand perawatan kulit banyak yang menggunakan bahan Niacinamide sebagai kandungan utama, dari mulai pencuci wajah, toner, face mist, essence, hingga serum. Hal ini dapat tentu menarik perhatian para pengguna skincare dan mencoba produk dengan bahan Niacinamide

Namun, sebelum kamu menambahkan skincare berbahan Niacinamide ke dalam rangkaian skincare-mu, pastikan kamu mengenal kandungan yang satu ini terlebih dahulu, juga kenali kelebihan dan kekurangannya. Pada artikel ini, Popbela akan mengajakmu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Niacinamide pada kulit yang mungkin belum kamu ketahui.

Apa itu Niacinamide?

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Niacinamide untuk Kulit Wajahtheskincareedit.com

Niacinamide atau yang biasa disebut Niacin merupakan kelompok dari vitamin B3 yang dikenal mudah larut dalam air, memiliki manfaat yang sangat beragam. Dalam dunia kecantikan, Niacinamide sering digunakan sebagai bahan utama untuk mengatasi banyak permasalahan kulit dan dipercaya menjadi kandungan bahan yang membuat skincare dapat bekerja dengan sangat maksimal. Namun, apakah selama ini klaim semua orang adalah benar? Yuk cek 3 kekurangan dan 3 kelebihan dari bahan yang satu ini.

1. Mengatasi hiperpigmentasi

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Niacinamide untuk Kulit Wajahmamamia.com

Untuk kamu yang bermasalah dengan bekas jerawat atau warna kulit yang belang, skincare dengan kandungan Niacinamide dapat mendorong produksi kolagen pada kulit sehingga kulitmu tampak lebih cerah dan beberapa bagian yang gelap pada wajahmu akan kembali merata.

2. Mengontrol produksi minyak

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Niacinamide untuk Kulit Wajahsuperfacialist.co

Kandungan Niacinamide dapat memperbaiki kelenjar lipid sehingga produksi minyak pada wajahmu dapat terkontrol, hal itu juga dapat mencegah tumbuhnya jerawat. Bagi kamu pemilik kulit oily skin, kamu bisa coba mulai dari produk toner atau essence yang memiliki tekstur mudah terserap pada kulit.

3. Mengatasi tanda penuaan pada kulit

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Niacinamide untuk Kulit Wajahrebuildinglives.com

Penuaan pada kulit umumnya terjadi karena kurangnya produksi kolagen pada kulit wajahmu. Nah, hal tersebut dapat diatasi oleh kandungan Niacinamide yang dapat mendorong produksi kolagen dan terbentuknya elastin baru sehingga kerutan halus dan kulit yang kendur dapat kembali menjadi lebih sehat.

4. Nggak semua kulit bisa menggunakan Niacinamide

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Niacinamide untuk Kulit Wajahdrmendis.com

Walaupun kandungan Niacinamide memang aman untuk semua jenis kulit, namu yang perlu kamu ketahui bahwa ada sebgaian kulit yang alergi dengan kandungan yang satu ini. Biasanya kulit yang alergi Niacinamide harus mencari produk kecantikan dengan kandungan alternatif lainnya yang dapat diterima oleh kulitnya.

5. Dapat menimbulkan iritasi

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Niacinamide untuk Kulit Wajahallure.com

Kandungan Niacinamide yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit biasanya tergantung oleh persenan kandungan tersebut pada produk skincare yang digunakan. Jika ingin mencoba, mulailah dengan kandungan Niacinamide yang paling rendah agar kamu mengetahui batas penggunaan bahan tersebut.

6. Tidak dapat digunakan oleh kulit sensitif

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Niacinamide untuk Kulit Wajahallure.com

Buat kamu pemilik kulit sensitif, sepertinya kandungan Niacinamide kurang bersahabat dengan kulitmu. Walaupun belum ada penelitian yang memberikan alasan kuat untuk hal ini namun bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif mengaku bahwa produk skincare dengan kandungan Niacinamide yang mereka coba dapat memberikan reaksi kemerahan pada kulit. Jika kamu mengalami hal yang sama, sebaiknya segera hentikan pemakaian ya.

Itulah kelebihan dan kekurangan Niacinamide yang dapat terjadi pada kulitmu. Ternyata, setiap kulit dapat memberikan reaksi yang berbeda-beda dengan kandungan yang satu ini ya. Untuk itu, sebelum mencoba, penting sekali tahu tentang jenis kulit sendiri dan bahan apa saja yang nggak bisa kita pakai agar lebih berjaga dan terhindar dari kerusakan kulit.

Baca Juga: Berbahaya! Ini 10 Kandungan dalam Produk Kecantikan yang Perlu DIhindari