Kehadiran jerawat di kulit wajah terkadang sangatlah menyebalkan. Tak hanya membuat rasa tak nyaman pada kulit, tetapi jerawat pun dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Disebabkan oleh berbagai faktor dari luar maupun dari dalam, jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang terjadi hampir pada semua orang. Nggak sedikit pula yang langsung ingin mengatasinya hingga kulit menjadi bersih. 

Tentu cara menghilangkan jerawat pun cukup banyak, dari mulai berbagai cara medis hingga cara alami. Apapun cara yang dipilih, kamu tetap wajib untuk memperhatikan tingkat keamanannya. Maka, cara terbaik dan paling aman ialah dengan menggunakan bahan alami. Beberapa bahan alami dapat dijadikan masker juga lho, maka biar kamu nggak bingung dengan bahan yang hendak kamu pilih, sebaiknya simak yuk masker alami untuk menghilangkan jerawat di bawah ini!

1. Tomat

7 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawatsnaped.fns.usda.gov

Buah yang satu ini memang sangat dikenal sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat yang paling ampuh karena kandungan vitamin A dan C-nya yang cukup tinggi. Selain mudah ditemui, cara penggunaannya pun cukup mudah. Potong tomat menjadi dua bagian, kemudian gosokkan buah pada keseluruhan wajah secara lembut, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

2. Pepaya

7 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawathomeguides.sfgate.com

Walau jarang terdengar, ternyata buah pepaya juga dapat digunakan sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat lho! Diperkaya dengan kandungan enzim papain yang dapat mengangkat sel kulit mati serta membasmi bakteri penyebab jerawat. Caranya, cukup hancurkan buah pepaya dan aplikasikan pada keseluruhan wajah, setelah menunggu selama 15 menit, bilas wajah hingga bersih.

3. Madu

7 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawathoneyaustralia.net.au

Memiliki kandungan antiseptik yang dapat mengatasi peradangan pada jerawat, maka madu juga dapat digunakan sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat. Gunakan bahan alami yang satu ini pada seluruh wajah selama 2 kali dalam seminggu.

4. Putih telur

7 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawatbbcgoodfood.com

Tak hanya dapat menghilangkan komedo, putih telur pun dapat digunakan sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat yang tak kalah ampuhnya. Dilengkapi dengan kandungan enzim lysonzim, putih telur pun dapat membasmi jerawat jika dicampur sedikit dengan air lemon hingga kemudian diaplikasikan pada wajah sebanyak 1 kali dalam seminggu.

5. Lidah buaya

7 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawatparenting.firstcry.com

Kamu juga bisa menggunakan masker alami untuk menghilangkan jerawat dengan bahan alami lidah buaya yang terkenal untuk merawat kulit. Bersifat menenangkan, lidah buaya pun dapat membuat kulit terasa sejuk dan terjaga kelembapannya. Ambil bagian gel pada lidah buaya, kemudian aplikasikan pada bagian wajahmu yang rentan berjerawat. 

6. Bawang putih

7 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawatorganicfacts.net

Walau memiliki aroma yang cukup menyengat, namun bawang putih yang memiliki kandungan antiseptik juga dapat menjadi masker alami untuk menghilangkan jerawat. Cukup ambil 2 bawah putih, hancurkan dengan menggunakan blender, hingga kemudian dibaurkan pada seluruh wajah, diamkan selama 20 menit, dan bilas hingga bersih.

7. Alpukat

7 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawateverydayhealth.com

Buat kamu yang memiliki kulit berjerawat namun kering, kamu juga dapat menjadikan buah alpukat sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat. Alpukat dapat bekerja untuk menjaga kesehatan kulit dan mengembalikan tekstur kulit menjadi lebih mulus dan cerah. Cukup hancurkan alpukat hingga berbentuk kental, kemudian baurkan pada wajah, tunggu 15, dan bilas hingga bersih.

Jadi itu dia setujuh masker alami untuk menghilangkan jerawat yang baru saja Popbela bagikan. Tentunya untuk hasil yang maksimal, kamu pun wajib menggunakan masker tersebut secara rutin dan tetap menjaga kesehatan kulit dari dalam ya!

Baca Juga: 7 Masker Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat