Semua orang pasti tak asing dengan kata kolagen terlebih para perempuan. Kolagen memang kerap sering terdengar di dunia kecantikan karena kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun kulit serta memiliki banyak peran dalam menciptakan tampilan kulit yang indah. 

Namun, ternyata tak hanya untuk kulit, kolagen pun memiliki manfaat lainnya yang jarang diketahui. Hmm, kira-kira apa saja ya manfaat kolagen lainnya? Buat kamu yang penasaran, yuk baca terus artikel ini sampai habis!

1. Membangun kesehatan kulit

Manfaat kolagen yang paling banyak dikenal banyak orang ialah kemampuannya dalam menjaga kulit tetap sehat. Sehingga penting sekali untuk selalu membiasakan diri dengan gaya hidup sehat sekaligus mengonsumsi kolagen yang tentunya dapat berpengaruh pada peningkatan kolagen sehingga kulit pun tampak semakin kenyal, halus, dan terbebas dari berbagai tanda penuaan dini.

2. Mempertahankan kekuatan kuku

Tak hanya untuk menjaga kesehatan kulit, manfaat kolagen lainnya ialah menjaga kuku tetap kuat dan indah. Jika kolagen pada tubuhmu meningkat dengan sangat baik, kamu pun tak perlu khawatir bagian kuku akan menjadi rapuh. 

Nggak Hanya untuk Kulit, Ini 7 Manfaat Kolagenhowtospendit.ft.com/Luis Monteiro

3. Menjaga kesehatan jantung

Tahu nggak sih kalau penumpukan plak pada pembuluh darah dapat menyebabkan serangan jantung dan dapat berlanjut dengan penyakit stroke? Tentu saja hal tersebut kerap kali terjadi karena berbagai faktor, salah satunya ialah gaya hidup yang tak sehat. Untuk itu jagalah kesehatan untuk terus menjaga produksi kolagen yang baik, karena manfaat kolagen yang lain ialah dapat menjaga jantung agar tetap sehat yaitu dengan mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah.

4. Mendukung otak yang sehat

Sama halnya seperti bagian jantung, salah satu manfaat kolagen ialah dengan menjaga kesehatan otak dengan mencegah penumpukkan plak yang menumpuk pada bagian otak sehingga membuat otak semakin kuat dalam hal ingatan serta dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Nggak Hanya untuk Kulit, Ini 7 Manfaat Kolagensymmetrymagazine.com

5. Mempertahankan kesehatan alat pencernaan

Alat pencernaan merupakan salah satu yang memiliki peran penting untuk kehidupan, maka alat pencernaan pun perlu dijaga kesehatannya. Untuk membantu dalam menjaga kesehatan alat pencernaan, maka manfaat kolagen pun berjalan sebagaimana mestinya.

6. Membuat bagian punggung tetap sehat

Manfaat kolagen yang jarang diketahui ialah kemampuannya yang dapat menjaga bagian punggung tetap sehat. Jadi, dengan meningkatnya kolagen dengan baik dapat mencegah rasa nyeri pada punggung sehingga tak perlu khawatir dengan berbagai masalah pada area punggung, karena secara alami kolagen bekerja sendiri sebagai perlindungan.

7. Mengatasi nyeri pada sendi lutut

Manfaat kolagen yang terakhir ini juga pasti jarang diketahui banyak orang. Selain menghindari rasa nyeri punggung, kolagen pun bekerja untuk mengatasi rasa nyeri pada sendi lutut sehingga menjadi lebih kuat.

Nah, ternyata manfaat kolagen tak hanya untuk kulit saja ya Bela? Faktanya, kolagen sendiri pun memiliki fungsi lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, untuk tetap menjaga kolagen dapat meningkat dengan baik, biasakanlah melakukan gaya hidup sehat serta rutin mengonsumsi kolagen ya Bela!

Baca Juga: Semakin Tampil Cantik dengan Mengonsumsi 7 Makanan Tinggi Kolagen