Kolagen adalah salah satu protein yang keberadaanya kurang lebih 30% dari seluruh protein yang terdapat pada tubuh seseorang. Kolagen memiliki peran yang cukup penting untuk tubuh karena dapat bekerja dalam meningkatkan peredaran darah, berperan dalam pembentukan tulang, menyembuhkan luka, dan meringankan rematik. 

Namun, dari semua manfaatnya, tentu kolagen paling dikenal dengan manfaat utamanya yang sangat bagus untuk kecantikan. Hal tersebut membuat banyak perusahaan kecantikan menciptakan suplemen kolagen untuk mendorong produksi kolagen. 

Menariknya, ternyata kamu pun bisa meningkatkan produksi kolagen dari mengonsumsi berbagai makanan tinggi kolagen yang akan Popbela jelaskan di artikel yang satu ini. Yuk simak ulasannya!

1. Ikan salmon

Semakin Tampil Cantik dengan Mengonsumsi 7 Makanan Tinggi Kolagenbbcgoodfood.com

Sering dimanfaatkan sebagai bahan utama suplemen kecantikan, membuktikan bahwa ikan salmon termasuk ke dalam salah satu makanan tinggi kolagen. Kandungan omega-3 yang terdapat pada jenis ikan yang satu inilah yang dapat meningkatkan produksi kolagen untuk kulitmu.

2. Berbagai jenis buah berry

Semakin Tampil Cantik dengan Mengonsumsi 7 Makanan Tinggi Kolagenduartecatering.wordpress.com

Tak hanya ikan salmon saja, beberapa perusahaan menciptakan minuman kecantikan dengan memanfaatkan berbagai jenis buah berry seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry. Berbagai jenis buah berry memiliki kandungan Anthocyanidins yang bekerja meningkatkan produksi kolagen dengan maksimal.

3. Alpukat

Semakin Tampil Cantik dengan Mengonsumsi 7 Makanan Tinggi Kolagenbbcgoodfood.com

Siapa pun pasti tahu bahwa alpukat patut disebut sebagai makanan tinggi kolagen karena manfaatnya yang sangat baik untuk kecantikan. Kandungan vitamin E serta jenis vitamin lainnya dapat meningkatkan produksi kolagen pada tubuhmu.

4. Kacang kedelai

Semakin Tampil Cantik dengan Mengonsumsi 7 Makanan Tinggi Kolagenmedicalnewstoday.com

Beberapa kandungan yang terdapat pada kacang kedelai, salah satunya ialah kandungan proteinnya yang tinggi memang dipercaya sangat ampuh dalam membantu produksi kolagen pada kulitmu. Cobalah untuk sering mengonsumsi tahu, tempe, susu kedelai, dan makanan lainnya yang terbuat dari kacang kedelai.

5. Jeruk

Semakin Tampil Cantik dengan Mengonsumsi 7 Makanan Tinggi Kolagencookinglight.com

Percaya nggak sih, kalau mengonsumsi jeruk secara rutin dapat mencegah berbagai tanda penuaan serta dapat membuat kulit tampak lebih cerah? Itulah yang dapat menjadikan jeruk termasuk salah satu makanan tinggi kolagen yang sangat baik untuk kecantikan.

6. Putih telur

Semakin Tampil Cantik dengan Mengonsumsi 7 Makanan Tinggi Kolagencookinglight.com

Diperkaya dengan kandungan proline, telur pun kerap disebut sebagai salah satu makanan tinggi kolagen yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Namun, tetap ingat bahwa telur pun juga dapat meningkatkan peradangan pada kulit bagi sejumlah orang. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi telur ya, Bela!

7. Sayuran hijau

Semakin Tampil Cantik dengan Mengonsumsi 7 Makanan Tinggi Kolagenvideohive.net

Jika kamu masih ingat bahwa sayuran hijau kaya akan kandungan klorofil, nah kandungan itulah yang membantu pembentukan kolagen pada tubuh seseorang. Makanan tinggi kolagen yang satu ini tentu saja wajib untuk sering kamu konsumsi sebagai makanan sehari-hari ya. Beberapa diantaranya adalah bayam, brokoli, sawi, dan sayuran hijau lainnya.

Jadi, buat kamu yang ingin menjaga kecantikan dari dalam, kamu bisa mulai mengonsumsi beberapa makanan tinggi kolagen yang sudah Popbela rekomendasikan di artikel ini. Sudah siap tampil cantik?

Baca Juga: Nggak Hanya untuk Kulit, Ini 7 Manfaat Kolagen