Siapa sih yang tak kesal dengan masalah kulit yang satu ini? Yup, jerawat sangatlah mengganggu penampilan dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Jerawat kerap kali dialami oleh hampir seluruh perempuan terutama pada masa pubertas. Dari mulai bentuk jerawat yang kecil hingga bentuk jerawat lainnya, sebenarnya jerawat pun memiliki banyak jenis lho! 

Mengenali berbagai jenis jerawat dapat memudahkanmu dalam menemukan cara mengatasinya. Untuk itu, kenali lebih lagi yuk dengan beberapa jenis jerawat yang diulas pada artikel yang satu ini!

1. Whiteheads

Termasuk ke dalam jenis jerawat, whiteheads dikenal dengan nama komedo. Berbentuk titik-titik kecil berwarna putih dengan tekstur seperti lemak yang terdapat pada beberapa bagian wajah seperti dagu dan hidung. Whiteheads merupakan komedo tertutup yang dapat menyebabkan kulit disekitarnya kemerahan. 

2. Blackheads

Selain whiteheads, blackheads pun kerap disebut jenis jerawat. Blackheads merupakan hasil dari whiteheads yang terkena udara sehingga blackheads pun disebut sebagai komedo terbuka. Tak membuat kulit menjadi iritasi, namun blackheads dapat mengganggu tampilan wajah.

Biar Nggak Salah, Ini 6 Jenis Jerawat yang Perlu Kamu TahuFashionista.com

3. Papula

Berbeda dengan komedo, papula merupakan jenis jerawat yang menonjol dengan warna kemerahan, tetapi tidak memiliki nanah sehingga sering juga disebut sebagai jerawat tertutup. Dapat menimbulkan rasa gatal dan lebih mudah hilang jika dilakukan cara penanganan yang tepat.

4. Pustula

Buat kamu yang pernah mengalami beruntusan, bisa dipastikan kamu sedang mengalami jenis jerawat yang satu ini. Pustula memiliki bentuk kecil-kecil yang banyak dan tercipta dari whiteheads yang bercampur dengan bakteri sehingga jerawat tampak berwarna putih.

Biar Nggak Salah, Ini 6 Jenis Jerawat yang Perlu Kamu Tahubesthealthmag.ca

5. Nodules acne

Jerawat nodul merupakan jenis jerawat yang hampir mirip dengan jerawat cystic, namun perbedaannya ialah jerawat nodul berbentuk lebih kecil dan juga menyebabkan area sekitar kulit menjadi meradang serta kemerahan. Disebabkan oleh kelenjar minyak yang memproduksi minyak berlebihan yang bercampur dengan kotoran.

6. Cystic acne

Jenis jerawat yang satu ini dikenal dengan nama lain yaitu jerawat batu. Merupakan jenis jerawat yang paling berat dan dapat merusak jaringan kulit paling dalam. Memiliki ukuran yang besar dengan warna kemerahan yang meradang serta terdapat nanah sehingga menimbulkan rasa perih yang tak tertahankan.

Nah, itu dia beberapa jenis jerawat yang wajib untuk kamu ketahui. Disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda, tiap jenis jerawat pun juga membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Ada yang dapat diatasi dengan bahan alami dan ada juga yang harus menggunakan produk dokter. Jadi, untuk tahu cara penanganannya, cari tahu terlebih dahulu jenis jerawatmu ya Bela!

Baca Juga: Biar Wajah Bebas Jerawat, Coba 7 Jus Sehat Ini Yuk!