Alih-alih ingin mencoba produk skincare atau makeup baru, kulit malah memberikan reaksi menolak dengan memberikan tanda breakout? Ugh, pasti hal tersebut sangat menyebalkan bukan? Breakout, tak sedikit orang yang mengalami permasalahan yang satu ini. 

Biasanya terjadi oleh berbagai faktor, bisa karena salah mengonsumsi makanan, kurang menjaga kebersihan kulit, namun faktor yang paling utama ialah dikarenakan kulit wajah yang tak cocok dengan kandungan bahan tertentu yang terdapat pada produk kecantikan yang baru saja dicoba. 

Jika kamu sedang mengalaminya, jangan langsung panik dan segera lakukan beberapa cara mengatasi kulit breakout yang akan dijelaskan dengan singkat pada artikel yang satu ini!

1. Cari tahu terlebih dahulu penyebabnya

Sebelum kamu melakukan berbagai cara mengatasi kulit breakout, tentu saja hal pertama yang harus kamu lakukan ialah mencari tahu penyebab terjadinya breakout pada kulitmu. Coba untuk memperhatikan makanan yang kamu konsumsi hari-hari ini, produk kecantikan yang baru saja kamu coba, atau mungkin berbagai kebiasaan buruk yang kamu lakukan tanpa kamu sadari.

2. Gunakan rangkaian produk skincare yang bersifat menenangkan

Penting untuk diketahui bahwa ketika kulit sedang breakout, tentu saja tekstur kulit pun menjadi meradang. Maka, cara mengatasi kulit breakout yang dapat kamu lakukan ialah dengan menggunakan rangkaian produk skincare yang bersifat menenangkan seperti produk skincare dengan kandungan lidah buaya, mentimun, chamomile, dan kandungan bahan lainnya.

Nggak Susah, Ini Dia Cara Mengatasi Kulit Breakout

3. Coba berbagai bahan alami yang dapat mengatasi breakout

Selain menggunakan rangkaian skincare, cara mengatasi kulit breakout lainnya yang dapat kamu lakukan ialah dengan mencoba berbagai bahan alami langsung pada kulitmu. Seperti menggunakan mentimun langsung pada kulit wajahmu atau mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang mengalami breakout. Untuk tahu bahan alami apa saja yang dapat kamu gunakan, sebaiknya cari tahu dulu di internet ya, Bela!

4. Jaga pola makan

Meski cara mengatasi kulit breakout yang satu ini kelihatannya sepele, namun dalam beberapa kasus, cara ini menjadi cukup efisien untuk dilakukan. Walaupun mungkin kamu belum tahu pasti penyebab kulitmu mengalami breakout, mungkin ada baiknya untuk menjaga pola makanmu dengan mengonsumi berbagai makanan dan minuman yang sehat. Tentu saja tanpa kamu sadari, kandungan vitamin yang berasal dari berbagai makanan dan minuman yang kamu konsumsi dapat membantu mengurangi breakout pada kulitmu.

Nggak Susah, Ini Dia Cara Mengatasi Kulit Breakout

5. Hindari penggunaan makeup yang berlebihan

Di samping melakukan banyak cara mengatasi kulit breakout, sebaiknya kamu juga harus mengurangi penggunaan makeup demi menjaga kesehatan kulitmu. Alih-alih ingin menyamarkan kekurangan pada wajah, yang ada malah membuat breakout-mu tanpa parah saja.

6. Perbanyak mengonsumsi air putih

Selain menjaga pola makan, tentunya cara mengatasi kulit breakout yang nggak kalah ampuh ialah dengan memperbanyak air putih untuk masuk menambahkan cairan pada seluruh tubuhmu. Air putih sangat baik untuk mengunci kelembapan, serta mengatasi berbagai masalah kulit termasuk breakout.

Nggak Susah, Ini Dia Cara Mengatasi Kulit Breakout

7. Jika tak kunjung sembuh, konsultasikan pada dokter kulit

Nah, setelah kamu melakukan beberapa cara mengatasi kulit breakout di atas namun breakout pada kulitmu tak kunjung membaik, maka kamu bisa segera konsultasikan pada dokter kulit pilihan yang dapat menanganimu langsung.

Jadi, itu dia ketujuh cara mengatasi kulit breakout yang dapat kamu lakukan jika kulitmu sedang bermasalah. Namun, yang perlu kamu ketahui saat kulitmu sedang breakout adalah jangan sampai panik dan stres tetapi sabarlah karena biasanya breakout takkan berlangsung lama dan dapat berkurang dengan sendirinya.

Baca Juga: Inilah Bedanya Purging dan Breakout